Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tampil Cantik saat Lebaran, Ini Cara Detoks Kulit Wajah dalam 24 Jam!

Tampil Cantik saat Lebaran, Ini Cara Detoks Kulit Wajah dalam 24 Jam!

Bisa dapat kulit cantik dan sehat di hari Lebaran dalam waktu kurang dari dua hari, siapa yang tak mau? Ikuti cara detoks kulit wajah di bawah ini.

Meski Lebaran tahun ini tidak dirayakan bersama keluarga besar, tampil cantik untuk rayakan hari raya di rumah pasti tetap diinginkan oleh banyak wanita. Apalagi kalau banyak undangan video call, jadi kurang percaya diri bila kulit wajah kusam!

Mulai dari menggunakan segala macam produk skin care sampai melakukan perawatan kulit lainnya, mungkin akan Anda lakukan demi mendapatkan kulit cantik.

Tapi, tahukah Anda, detoks kulit dalam 24 jam saja juga bisa dilakukan guna dapatkan wajah cantik maksimal?

 

1 dari 3 halaman

Mengapa Harus Detoks Kulit Wajah?

Dokter Devia Irine Putri menjelaskan, detoksifikasi atau biasa disebut detoks adalah proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Prosesnya ini juga bisa dilakukan pada kulit wajah, guna mendapatkan kulit yang sehat dan bersih.

“Detoks kulit ini berarti melindungi kulit dari racun yang berasal dari lingkungan, seperti polusi udara, bakteri, atau debu di sekitar Anda. Proses detoks sendiri nantinya akan membuang segala partikel yang disebutkan tadi, dan membuat kulit jadi lebih sehat, bersih, dan cantik,” ujar dr. Devia.

Artikel Lainnya: Lebaran Kelar, Kenapa Badan Makin Melar?

 

2 dari 3 halaman

Tips Detoks Kulit Wajah dalam Waktu 24 Jam

Rupanya tidak perlu lama untuk melakukan detoks kulit! Meski khasiatnya akan lebih terasa bila dilakukan dalam waktu lebih lama, detoks kulit dalam waktu 24 jam juga sudah bisa memberikan manfaat yang banyak untuk kulit wajah Anda, lho.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan detoks kulit dalam waktu 24 jam, yaitu:

1. Bersihkan Kulit

Rutin membersihkan wajah adalah kunci penting dalam menjaga kebersihan kulit.

Pasalnya, bila tidak dibersihkan secara teratur, kulit wajah akan rentan mengalami penyumbatan pori-pori akibat kotoran dan produksi minyak berlebih, sehingga bisa berujung pada munculnya jerawat.

Anda bisa memulai membersihkan wajah dengan menggunakan micellar water atau cleansing milk.

Lalu, lanjutkan dengan mencuci wajah dengan sabun yang sesuai jenis kulit. Setelah itu, gunakan toner, serum, dan diakhiri dengan pelembap muka.

2. Eksfoliasi Wajah

Wajah yang dipenuhi sel kulit mati akan tampak kusam dan kasar. Di sinilah peran eksfoliasi kulit dibutuhkan.

Eksfoliasi kulit adalah proses penghancuran sel kulit mati dari permukaan kulit dengan cara mengelupas kulit secara halus sehingga nantinya permukaan kulit wajah akan kembali halus dan cerah.

Dokter Adeline Jaclyn mengatakan, eksfoliasi kulit bisa dilakukan dengan menggunakan garam mandi atau lulur ringan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa lakukan metode kecantikan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Dengan melakukan eksfoliasi kulit, ini akan membantu mengeliminasi lapisan kotor, sel-sel kulit mati, dan semua gangguan yang ada di permukaan kulit penyebab kulit tampak gelap.

Artikel Lainnya: Pilihan Makanan Lebaran Sehat untuk Ibu Hamil

3. Perbanyak Minum Air Putih dan Olahraga

Selain bisa meningkatkan kesehatan fisik, minum air putih yang banyak juga bisa membantu menghidrasi kulit.

Dijelaskan oleh dr. Devia, ketika Anda minum air putih yang cukup setiap hari, maka racun dari dalam tubuh akan terbuang melalui urine dan keringat.

Selain itu, olahraga yang cukup setiap hari juga bisa bantu meningkatkan kesehatan kulit wajah maupun kulit bagian tubuh lainnya.

Beberapa penelitian menemukan, racun dalam tubuh bisa dikeluarkan melalui keringat ketika Anda berolahraga.

“Dalam masa pandemi seperti sekarang, Anda memang tidak disarankan untuk olahraga di luar rumah. Tapi, Anda tetap bisa lakukan olahraga di garasi rumah atau di dalam rumah. Anda bisa lakukan push-up, sit-up, plank, squat, dan sebagainya,” ujar dr. Devia.

4. Hindari Penggunaan Makeup Berlebih

Meski Anda sedang berada di dalam rumah, penggunaan makeup bisa saja diperlukan bila sedang ada meeting dengan klien melalui aplikasi video call.

Nah, coba, deh, sesekali hindari penggunaan makeup, terutama menjelang hari-H Lebaran.

Biarkan kulit Anda bernapas lega, tanpa ada sumbatan dari bedak, foundation, dan sebagainya. Dengan melakukan hal ini, kulit akan menyerap lebih banyak oksigen yang nantinya membuat kulit jadi lebih segar.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendetoks kulit wajah dalam waktu 24 jam menjelang hari raya Lebaran. Lebih bagus lagi bila Anda lakukan cara-cara di atas mulai dari sekarang agar mendapat hasil yang lebih maksimal ketika Lebaran tiba.

Mau konsultasi mudah seputar masalah kulit dan kecantikan? Pakai fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar