Kulit

8 Cara Mudah Facial Detox Sendiri di Rumah, Bikin Kulit Glowing!

Siti Putri Nurmayani, 22 Jun 2023

Ditinjau Oleh dr. Devia Irine Putri

Detoks kulit merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kulit yang cerah, glowing, dan cantik. Ketahui, ini 8 cara facial detox sendiri di rumah.s

8 Cara Mudah Facial Detox Sendiri di Rumah, Bikin Kulit Glowing!

Tampil cantik dengan wajah yang tampak sehat dan glowing merupakan impian banyak wanita. Apalagi jika harus hadir di sebuah acara dan bertemu dengan banyak orang, penampilan wajah menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan kulit cantik, mulai dari menggunakan segala macam produk skin care sampai melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan detoks kulit dalam 24 jam untuk mendapatkan wajah yang cantik. Menurut dr. Devia Irine Putri, proses detoksifikasi dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, terutama kulit wajah. Hasilnya, wajah akan memiliki kulit yang bersih, sehat, dan cantik.

Tertarik untuk mencobanya? Yuk, ketahui cara facial detox sendiri di rumah lewat ulasan berikut ini.

1. Bersihkan Wajah

Urutan facial detox yang pertama adalah membersihkan wajah. Rutin membersihkan wajah menjadi kunci penting untuk menjaga kebersihan kulit.

Jika tidak dibersihkan secara teratur, pori-pori kulit akan rentan mengalami penyumbatan akibat kotoran dan produksi minyak berlebih. Hal ini bisa memicu timbulnya jerawat.

Kamu bisa melakukan deep cleansing dengan menggunakan micellar water atau cleansing milk. Kemudian, lanjutkan mencuci wajah dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit.

2. Eksfoliasi Wajah

Kulit yang kusam dan kasar bisa terjadi karena penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Untuk menghilangkannya, dibutuhkan eksfoliasi kulit.

Eksfoliasi kulit merupakan proses penghancuran sel kulit mati dengan cara mengelupaskan permukaan kulit secara halus. Nantinya, permukaan kulit wajah akan kembali halus dan cerah.

Mungkin banyak yang penasaran, facial detox sebaiknya dilakukan berapa kali? Ternyata, kamu bisa melakukan eksfoliasi kulit sebagai proses detoksifikasi sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

3. Gunakan Uap Alami

Supaya produk perawatan kulit bisa menembus ke dalam lapisan kulit terdalam, kamu bisa memberikan uap alami pada kulit.

Caranya sangat mudah, yakni dengan didihkan air dalam panci. Jika sudah mendidih, tuangkan air ke dalam mangkuk dan arahkan wajah ke atas mangkuk. Pastikan untuk meletakkan handuk di atas kepala, supaya uap masuk ke dalam pori-pori wajah.

Hal ini paling baik digunakan setelah double cleansing dan pengelupasan kulit.

4. Pakai Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Setelah pori-pori wajah terbuka dan bersih, ini merupakan waktu yang tepat untuk menggunakan produk perawatan kulit yang memang ditargetkan untuk mendapatkan kulit yang glowing dan cerah.

Coba gunakan produk seperti vitamin C yang kaya akan antioksidan. Pasalnya, antioksidan dapat melawan radikal bebas yang bisa menjadi penyebab garis halus, kerutan, kulit kusam, dan tanda-tanda penuaan dini lainnya.

Untuk itu, melakukan detoksifikasi kulit dari radikal bebas dapat mencegah terjadinya penuaan kulit.

5. Perbanyak Minum Air Putih

minum air putih

Selain bisa meningkatkan kesehatan fisik, minum air putih juga bisa membantu menghidrasi kulit, lho. Dikutip dari Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology, minum air sebanyak lebih dari 2 liter setiap hari dapat meningkatkan hidrasi kulit

“Ketika minum air putih yang cukup setiap harinya, maka racun dari dalam tubuh akan terbuang melalui urine dan keringat,” ujar Dokter Devia.

Untuk itu, pastikan bahwa kamu mencukupi kebutuhan cairan tubuh, ya!

Artikel Lainnya: 10 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan

6. Olahraga

Selain itu, olahraga yang cukup juga bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit wajah dan tubuh. Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh Aging Cell membuktikan bahwa olahraga bisa mengurangi efek penuaan pada kulit.

Menurut dr. Devia, racun dalam tubuh bisa dikeluarkan melalui keringat saat berolahraga. Terdapat banyak gerakan yang bisa dilakukan untuk membuatmu berkeringat, yakni push upsit upplanksquat, dan gerakan lainnya.

7. Hindari Penggunaan Makeup

Selagi melakukan detoksifikasi, ada baiknya untuk menghindari penggunaan make up. Biarkan kulit bernapas lega tanpa ada sumbatan dari bedak, foundation, dan riasan lainnya.

Dengan begitu, kulit akan menyerap lebih banyak oksigen yang membuatnya menjadi lebih segar dan sehat.

8. Atur Pola Makan

Untuk mendukung kesehatan kulit, pastikan kamu mempertahankan pola makan yang sehat. Coba hindari makanan yang digoreng, gula, dan produk susu yang bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan kusam.

Ada baiknya untuk memilih buah dan sayuran yang kaya akan nutrisi, seperti pir, brokoli, sayuran hijau, semangka, alpukat, dan pisang.

Itulah sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mendetoks kulit wajah. Yuk, #JagaSehatmu dan kulit dengan melakukan langkah-langkah di atas secara rutin di rumah.

Supaya kulitmu makin sehat, kamu juga bisa melakukan berbagai perawatan kulit. Biar mudah, kamu bisa pesan berbagai perawatan kulit yang kamu perlukan di Layanan Medis KlikDokter, lho!

Bila punya masalah kulit atau ingin tahu tips menjaga kesehatan kulit, segera konsultasi dengan dokter melalui layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, ya!

(NM)

Perawatan Wajah

Konsultasi Dokter Terkait