Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Lezat Jadi Menu Lebaran, Ini Manfaat Ikan Kakap untuk Ibu Hamil

Lezat Jadi Menu Lebaran, Ini Manfaat Ikan Kakap untuk Ibu Hamil

Bumil bosan dengan daging sapi atau ayam untuk menu Lebaran? Yuk, coba bikin gulai kakap! Ini manfaat ikan kakap untuk ibu hamil yang bisa dirasakan.

Meski opor dan rendang selalu jadi “bintang” menu Lebaran, tapi bukan berarti gulai ikan kakap tak sedap dimakan bersama ketupat, lho! Bahkan, ada pula manfaat ikan kakap untuk ibu hamil yang sayang dilewatkan. Lantas, apa saja manfaatnya?

Kandungan dan Manfaat Ikan Kakap bagi Ibu Hamil

Menurut dr. Arina Heidyana, kandungan ikan kakap memang bagus untuk ibu hamil. Beberapa manfaat yang dimaksud antara lain:

  • Kaya akan Asam Lemak Omega-3

Ikan ini termasuk sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan janin (mulai dari otak, otot, kulit, dan rambut). Dengan begitu, janin akan tumbuh dengan optimal dan bumil akan terhindar dari risiko melahirkan bayi prematur.

  • Kaya akan Kalsium

“Selain itu, ada juga kandungan mineral dan vitamin yang terdapat pada ikan kakap. Kalsium pastinya sangat bagus untuk pertumbuhan tulang janin dan baik untuk mengurangi risiko preeklampsia pada bumil,” jelas dr. Arina.

  • Kaya akan Vitamin dan Sebagai Alternatif Sumber Protein

Ada juga vitamin A, B, D, folat, niacin, sampai riboflavin yang bagus dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan vitamin harian saat hamil. Ikan kakap pun bisa jadi alternatif sumber protein selain ayam, telur, daging merah, dan susu bila bumil bosan.

  • Meningkatkan Daya Ingat Bumil

Manfaat ikan kakap selanjutnya untuk ibu hamil adalah meningkatkan daya ingat. Sudah jadi rahasia umum bahwa wanita yang sedang mengandung cenderung pikun dan lambat berpikirnya (kondisi pregnancy brain). Nah, karena ikan kakap kaya akan omega-3, itu bisa menutrisi otak bumil!

  • Memelihara Kesehatan Mental Bumil

Siapa sangka, dengan makan ikan kakap, kita juga bisa memelihara kesehatan mental? Ya, semakin tercukupi asupan asam lemak omega-3 (khususnya DHA), itu akan menurunkan risiko depresi saat hamil maupun pasca melahirkan (kondisi post-partum depression).

Artikel Lainnya: Manfaat Zat Albumin dalam Ikan Gabus untuk Kesehatan

1 dari 4 halaman

Ibu Hamil Harus Tetap Hati-hati saat Makan Ikan Kakap

Meski ikan kakap itu baik untuk kesehatan bumil dan janinnya, tetapi Anda tetap harus mengontrol batas konsumsi ikan kakap saat hamil.

Bahaya makan kepala ikan kakap beserta bagian lainnya dalam jumlah berlebih adalah adanya kontaminasi merkuri.

Untung saja, ikan kakap termasuk ikan yang punya kadar merkuri rendah, termasuk ikan lele dan salmon.

Ikan yang punya kadar merkuri tinggi adalah ikan yang posisinya tinggi di dalam rantai makanan, seperti ikan hiu, ikan tuna, ikan tenggiri, dan ikan nila.

Hal ini disebabkan oleh merkuri yang ada dalam tubuh mangsanya mengendap di dalam tubuhnya sendiri.

Artikel Lainnya: 5 Akibat Ibu Hamil Kalap Menyantap Hidangan Lebaran

2 dari 4 halaman

Apakah Gulai Ikan Kakap Sehat untuk Ibu Hamil?

Ikan kakap itu sendiri memang mengandung banyak kebaikan untuk bumil. Namun, kebaikannya kerap kali dirusak oleh cara pengolahan yang kurang tepat.

Salah satu cara pengolahan ikan kakap yang paling tidak sehat adalah digoreng dalam minyak panas.

Selain itu, bila dimasak bersama santan, itu memang bisa menyumbang asupan lemak jahat. Cara paling sehat untuk mengolah ikan ini adalah dengan dipanggang atau dikukus.

Apabila kuah gulai ikan kakap dimakan terlalu banyak oleh bumil, apalagi kalau tidak diimbangi oleh makanan atau minuman bernutrisi lainnya, ini malah memberikan efek buruk buat kesehatannya.

Artikel Lainnya: Panduan Makan Seafood untuk Ibu Hamil

 

3 dari 4 halaman

Tips Makan Gulai Kakap untuk Ibu Hamil

Kabar baiknya, dr. Dyah Novita Anggraini punya tips buat ibu hamil yang ingin menyantap gulai kakap supaya tetap sehat dan terasa manfaatnya, yaitu:

  • Jaga porsi gulai kakap yang Anda konsumsi. Kalau disertai nasi putih, porsi nasi putih juga sebaiknya dikurangi. Lengkapilah dengan sayuran dan jangan lupa makan buah.
  • Untuk meminimalkan penambahan lemak jahat yang bisa meningkatkan kolesterol, hindari memanaskan gulai kakap berulang kali. Lebih baik masaklah dalam porsi pas supaya sekali habis.
  • Kalau ingin lebih sehat, ganti santan dengan opsi lain, seperti krim khusus masak, susu kacang-kacangan (susu almond), atau krimer nabati yang mengandung serat pangan alami. Semua bahan ini minim lemak jahat dan dapat dibeli di supermarket.
  • Jangan lupa masak hingga benar-benar matang supaya tidak ada kontaminasi bakteri.

Nah, karena kini sudah tahu manfaat ikan kakap untuk ibu hamil, apakah Anda makin bersemangat untuk menjadikan gulai kakap sebagai menu Lebaran?

Jangan lupa terapkan cara mengolah dan cara makan versi sehat di atas, ya! Bila ada pertanyaan soal kehamilan dan pola makan sehat, pakai fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter. Selamat menyambut Lebaran!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar