Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • 4 Idol K-POP Dihujat karena Clubbing saat Corona, Apa Kata Psikolog?

4 Idol K-POP Dihujat karena Clubbing saat Corona, Apa Kata Psikolog?

Sehabis clubbing di bilangan Itaewon, para idola K-POP terkenal ini langsung kena semprot netizen! Katanya, mereka tak beri contoh baik di saat pandemi COVID-19.

Kabar mengejutkan datang dari dunia K-POP. Bukan soal rilis single, album, atau video klip terbaru, melainkan tentang empat idola K-POP yang terciduk clubbing di bilangan Itaewon, Seoul, meski tengah menghadapi pandemi virus corona.

Mereka adalah Jungkook BTS, Mingyu Seventeen, Cha Eun Woo Astro, dan Jaehyun NCT. Para penggemar dunia hiburan Negeri Ginseng tentu tak asing lagi dengan mereka. Sayang, yang dihebohkan kali ini bukan prestasi, melainkan kontroversi.

Lantas, apa kontroversi yang dilakukan mereka hingga mengundang kemarahan netizen di masa pandemi COVID-19 ini?

 

1 dari 5 halaman

Idola Korea Ini Terbukti Negatif Virus Corona

Perlu diketahui dulu, Korea Selatan sempat mengalami kenaikan kasus positif COVID-19 lagi setelah ada pasien yang mengunjungi banyak kelab malam di daerah Itaewon, Seoul. Itaewon sendiri memang dipenuhi oleh restoran mewah, bar, dan diskotek.

Menurut Dispatch, keempat idola K-POP itu hang out di restoran dan dua bar pada akhir April lalu. Pasien yang positif ternyata juga mengunjungi tempat yang didatangi oleh mereka.

Alhasil, Kantor Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Korea meminta, siapa pun yang mengunjungi fasilitas hiburan (kelab, bar, dan lainnya) di Itaewon antara 24 April hingga 6 Mei dilarang meninggalkan rumah.

Agensi dari masing-masing idola K-POP yang bersangkutan telah merilis pernyataan resmi. Mereka membenarkan adanya berita tersebut dan melaporkan bahwa artis mereka telah menjalani tes. Hasilnya pun negatif COVID-19.

Artikel Lainnya: Perhatikan, Ini 5 Gejala Virus Corona yang Tidak Biasa

2 dari 5 halaman

Bagaimana Aturan Social dan Physical Distancing di Korea Selatan?

Setelah Korea Selatan mendapat lonjakan kasus virus corona di Kota Daegu, negara tersebut secara ketat melaksanakan social dan physical distancing (tanpa lockdown).

Dengan bantuan pelacakan orang yang super cepat dan canggih, fasilitas kesehatan yang memadai, dan tes yang masif, wabah virus corona di sana bisa ditekan.

Nah, karena tren kasus positif kian menurun, banyak warga yang sudah sembuh, dan angka kematian hanya sedikit, pemerintah Korea Selatan akhirnya memutuskan untuk melonggarkan social dan physical distancing sejak 6 Mei lalu.

 

3 dari 5 halaman

Tak Langgar Aturan, Mengapa Idola K-POP Dianggap Salah?

Melihat kasus positif COVID-19 di Korea Selatan yang kian membaik dan adanya pelonggaran resmi dari pemerintah, sebenarnya apa yang dilakukan Jungkook BTS beserta ketiga idola K-POP lainnya bukanlah “dosa” besar.

Namun, masyarakat tetap saja menghujat mereka. Lalu, apa kata psikolog tentang hal tersebut?

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, ini memang ada pengaruhnya dengan status yang dimiliki mereka sebagai public figure.

Akan ada kekecewaan besar saat apa yang dilakukan oleh si tokoh tidak sesuai dengan harapan fans dan masyarakat. Andai kata yang melakukannya bukan idol, mungkin masalahnya tak akan jadi sebesar ini.

Para public figure dianggap harus selalu memberi contoh dan citra yang baik. Fans mereka pun tak sebatas di negara sendiri, melainkan di berbagai belahan dunia.

Terkadang, para penggemarnya tidak menempatkan konteks yang tepat terhadap idola mereka. Apa yang terjadi di negaranya sendiri tentu berbeda dengan apa yang sudah dialami di Korea Selatan.

Artikel Lainnya: Waspada! WHO Peringatkan Adanya Peredaran Obat Virus Corona Palsu!

4 dari 5 halaman

Apa Tindakan Idola K-POP Ini Bisa Dimaklumi?

Soal bisa dimaklumi atau tidak, tentunya ini sangat bergantung pada kondisi yang ada di Korea Selatan.

Memang, tanggal mereka beraktivitas lebih maju sedikit ketimbang tanggal pelonggaran yang dianjurkan oleh pemerintah.

Namun, bila kondisi negara mereka dalam menghadapi COVID-19 sudah lebih baik dibanding Indonesia, tentu tak ada gunanya warganet +62 memberi hujatan.

Lagipula, Ikhsan mengatakan, “Tindakan yang mereka lakukan bisa dimaklumi. Setelah sekian lama karantina dan akhirnya boleh beraktivitas kembali namun tetap mematuhi protokol kesehatan di negaranya, itu merupakan hal yang wajar.”

Kekhawatiran dan rasa tidak suka pasti dirasakan oleh sejumlah orang yang mengikuti aktivitas keempat idola K-POP tersebut.

Pihak agensi mereka pun sudah mengeluarkan pernyataan permohonan maaf secara resmi karena telah membuat masyarakat (terutama fans) tidak nyaman. Jadi, seharusnya ini bukan lagi menjadi masalah besar. 

Itu dia info terkait kontroversi yang dilakukan oleh Jungkook BTS dan tiga idola K-POP lainnya. Semoga saja kondisi di Indonesia terkait wabah virus corona bisa cepat pulih seperti Korea Selatan, sehingga tren penurunan kasus positif COVID-19 bisa terwujud.

Yuk, jangan takut periksa gejala! KlikDokter bersama Kemenkes RI dan BNPB telah merilis cek risiko virus corona online dan rapid test di beberapa rumah sakit terpilih.

Gunakan fitur LiveChat 24 jam untuk konsultasi kesehatan lebih praktis dengan dokter. Daripada bikin tenaga medis kerepotan dan meramaikan #IndonesiaTerserah, lebih baik #DiRumahAja, ya, sambil streaming drama Korea!

(FR/AYU)

3 Komentar