Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tips Merawat Kebersihan dan Kesehatan Wajah Selama Berpuasa

Tips Merawat Kebersihan dan Kesehatan Wajah Selama Berpuasa

Saat puasa, masalah kulit yang sering terjadi adalah kulit kering dan kusam akibat kurangnya asupan cairan dan nutrisi. Cegah dengan tips perawatan wajah ini!

Ketika menjalankan puasa, Anda hanya diperbolehkan untuk makan dan minum saat sahur dan berbuka. Keterbatasan inilah yang membuat wanita banyak mengeluhkan kulit wajah jadi kering dan kusam. Tenang, perawatan wajah yang tepat bisa mengatasinya!

Dampak Puasa terhadap Kulit Wajah

Hanya boleh makan dan minum saat sahur dan berbuka puasa membuat jumlah nutrisi dan cairan yang masuk ke dalam tubuh jadi terbatas. Keadaan ini sering kali menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi dan dehidrasi.

Kurangnya nutrisi dan dehidrasi bisa berdampak buruk pada kulit, khususnya kulit wajah. Setelah beberapa waktu menjalani puasa, banyak wanita yang mengeluhkan kekeringan pada wajah.

Selain itu, kulit wajah juga sering menjadi bersisik, tampak kusam, gatal-gatal, bahkan terasa nyeri.

Semua kondisi tersebut menandakan kondisi kulit yang mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan.

1 dari 2 halaman

Tips Perawatan Kulit Saat Puasa

Supaya kulit wajah tetap terlihat bersih dan sehat selama bulan suci Ramadan, ada beberapa tips perawatan wajah yang bisa dengan mudah Anda lakukan secara rutin di rumah. 

1. Menjaga Asupan Cairan

Walau berpuasa, tapi pastikan Anda minum cukup air setiap harinya. Dokter spesialis kulit menyarankan setiap orang untuk minum paling tidak dua liter sehari, atau setara dengan delapan gelas air.

Selama bulan puasa, Anda bisa minum dua gelas air saat sahur, dua gelas air saat berbuka puasa, dan empat gelas air pada malam hari.

Prioritaskan air putih. Hindari minuman bersoda atau yang mengandung kafein karena bisa membuat Anda lebih dehidrasi.

2. Pola Makan Sehat

Diet gizi seimbang yang tinggi akan serat dan antioksidan akan membantu kulit tetap sehat sekaligus menjaga metabolisme tubuh berjalan baik.

Perbanyak makan buah yang mengandung banyak air dan serat, seperti semangka, nanas, pepaya, dan sebagainya.

Selain bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, buah-buahan tersebut juga akan bertahan lebih lama di saluran pencernaan, sehingga bisa mengurangi rasa lapar dan haus saat berpuasa.

Selain itu, kandungan antioksidannya juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Hal lainnya yang tak kalah penting adalah mengonsumsi makanan sehat yang bervariasi saat sahur dan berbuka, karena nutrisi yang dibutuhkan bagi kulit beragam.

3. Menjaga Kebersihan Wajah

Cara membersihkan wajah bisa dengan menggunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk kulit wajah. Pilih produk yang sesuai dengan tipe kulit Anda agar tidak menyebabkan iritasi atau alergi.

Jangan cuci muka terlalu sering karena risiko kulit mengalami dehidrasi dan iritasi akan meningkat. Anjurannya adalah membersihkan wajah pada pagi hari dan sebelum tidur.

Bila perlu, bersihkan wajah setelah kembali dari aktivitas di luar rumah atau sesimpel wajah terasa atau tampak kotor. Mencuci muka dapat menjaga kelembapan dan pH kulit. Ini juga bisa diaplikasikan sewaktu berwudu.

Pilih sabun muka yang mampu membersihkan kulit secara maksimal sekaligus mengangkat kuman di wajah, yaitu POND’S Pure White Facial Foam.

POND’S Pure White Facial Foam mengandung activated carbon charcoal yang dapat membersihkan kotoran, kuman, debu dan polusi yang melekat di kulit wajah dan membantu menjadikan kulit bersih dan tampak bercahaya.

4. Rutin Pakai Pelembap dan Tabir Surya

Puasa bisa membuat kulit dehidrasi. Untuk menjaga hidrasi kulit dari luar, jangan lupa pakai pelembap segera setelah mandi, saat pori-pori masih terbuka sehingga penyerapan pelembap akan lebih maksimal.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya agar kulit terlindungi dari efek negatif sinar matahari.

Meski merupakan bulan penuh kebaikan, tetapi faktanya puasa sering kali menimbulkan efek buruk bagi kulit wajah akibat kurangnya nutrisi dan cairan.

Tapi jangan khawatir, karena itu bisa dengan mudah dicegah dengan melakukan tips perawatan wajah yang dijelaskan di atas. Selamat tinggal wajah kering dan kusam saat puasa!

(RN/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar