Diet dan Nutrisi

Jadi Takjil Es Buah untuk Buka Puasa, Ini Manfaat Buah Blewah!

Tamara Anastasia, 24 Mar 2024

Ditinjau Oleh dr. Devia Irine Putri

Sering dijadikan es buah untuk menu buka puasa, apa manfaat buah blewah untuk kesehatan? Simak informasinya pada uraian berikut ini

Jadi Takjil Es Buah untuk Buka Puasa, Ini Manfaat Buah Blewah!

Berbuka puasa dengan yang manis dan segar memang jadi favorit bagi kebanyakan orang. Apalagi, jika menu buka puasa di sore hari nanti adalah es buah blewah, rasanya sangat tidak sabar, ya!

Buah blewah memang sering dijadikan menu berbuka puasa. Selain rasanya yang menyegarkan dan manis, buah blewah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Apa saja manfaat buah yang juga bahan dasar minuman untuk buka puasa ini?

Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan

Buah blewah atau yang juga bisa disebut dengan cantaloupe ini memang mirip dengan labu. Buah yang satu ini dipercaya baik untuk mereka yang ingin diet rendah kalori karena memiliki kandungan gizi yang banyak, seperti antioksidan, potasium, vitamin A, vitamin B dan sebagainya.

Melansir Medical News Today, kandungan antioksidan dalam buah blewah bisa mengurangi kerusakan akibat stres oksidatif. Selama metabolisme, tubuh memproduksi molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Jika radikal bebas terkumpul dan menumpuk di dalam tubuh, ini bisa merusak sel-sel sehat lainnya. Kerusakan sel akibat radikal bebas dikenal sebagai stres oksidatif. Nah, zat antioksidan ini membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan mencegah stres oksidatif.

Selain sebagai penurun stres oksidatif, adapun beberapa manfaat lainnya yang bisa tubuh dapatkan ketika makan buah blewah, seperti:

1. Baik untuk kesehatan mata

Lutein dan zeaxanthin adalah dua antioksidan serupa dan pigmen tumbuhan yang memberi warna kuning ke merah pada buah serta sayuran. Kombinasi kedua zat tersebut dapat membantu menyaring sinar cahaya biru yang berbahaya.

Para ahli percaya, bahwa keduanya memainkan peran untuk melindungi dalam kesehatan mata dan membantu mencegah kerusakan akibat degenerasi makula terkait usia.

Menurut dr. Devia Irine Putri, kandungan vitamin A dalam buah blewah juga penting untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A nya juga berguna untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel dalam tubuh.

2. Baik untuk penderita asma

Penelitian pada hewan menunjukan, mengonsumsi antioksidan beta karoten dalam jumlah banyak dapat mencegah asma kambuh di kemudian hari. Secangkir (177 gram) buah blewah mengandung 3.580 mikrogram (mcg) beta karoten.

Para ahli merekomendasikan asupan beta karoten harian 18.000 mcg setiap hari untuk pria berusia 14 tahun ke atas dan 14.000 untuk wanita dalam kelompok usia yang sama. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah blewah juga jadi vitamin esensial dan antioksidan yang bisa mencegah asma kumat.

3. Mencegah sembelit

Manfaat buah untuk menu minuman buka puasa ini tidak hanya yang berhubungan dengan kandungan antioksidannya saja. Buah blewah diketahui bermanfaat untuk membantu mengatasi sembelit karena kandungan serat di dalamnya.

“Buah blewah mengandung serat tinggi. Dan jika dikonsumsi dengan porsi yang pas, maka buah blewah bisa mencegah Kamu dari sembelit dan membantu menurunkan berat badan. Selain itu, serat yang tinggi ini juga bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan diabetes,” kata dr. Devia.

4. Menghidrasi tubuh

Dengan kandungan air dan elektrolitnya yang tinggi, blewah merupakan buah pilihan yang baik untuk meningkatkan hidrasi selama bulan puasa. Secangkir atau sebanyak 177 gram blewah mengandung 160 gram air.

Sedangkan beberapa kandungan elektrolit dalam blewah meliputi natrium, kalium, kalsium, dan magnesium yang bermanfaat baik untuk keseimbangan cairan tubuh.

5. Mencegah kanker

Seperti yang telah disinggung di atas, buah blewah memang sangat kaya akan antioksidan. Antioksidan ini juga bisa berperan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Menurut dr. Devia, banyak penelitian yang juga menunjukan bahwa buah blewah memang bermanfaat untuk mencegah kanker pada seluruh anggota tubuh.

6. Menjaga kesehatan kulit

Buah blewah mampu menjaga kesehatan kulit, karna mengandung vitamin C. Selain vitamin C yang penting untuk produksi kolagen, protein dalam kandungan buah blewah mampu menjaga kekencangan dan kelembapan kulit Kamu. Kandungan airnya juga mampu membuat kulit tetap terhidrasi.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Buah blewah mengandung vitamin C yang penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu produksi dan aktivitas sel-sel kekebalan tubuh, yang dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Konsumsi buah blewah secara teratur mampu menjaga sistem kekebalan tubuh dan tetap kuat dan sehat.

8. Mengatur berat badan 

Konsumsi buah blewah dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, karena kandungan didalamnya rendah kalori dan tinggi serat.

Selain itu, buah blewah mengandung air yang tinggi dapat membantu menjaga tubuh terhidrasi dan membuang racun. Dengan demikian buah blewah dapat menjadi bagian dari diet sehat untuk membantu mengatur berat badan.

Cara Mengonsumsi Buah Blewah yang Tepat

Dokter Devia mengatakan, tidak ada cara khusus untuk menyajikan buah blewah. Hanya saja, jika memang ingin dijadikan untuk sop buah atau es buah, Kamu harus memerhatikan kadar gula yang ditambahkan.

Pasalnya, buah blewah sendiri sebenarnya sudah punya rasa manis, sehingga Kamu tidak perlu menambahkan gula lagi. “Jika Kamu menambahkan gula atau sirup secara berlebihan, maka ini bisa menyebabkan lonjakan gula darah dan mencetuskan resiko diabetes,” ujar dr, Devia.

“Kalau mau di olah di jadikan jus, smoothies, dikasih yogurt itu juga sehat (nggak perlu ditambahkan gula, ya, hanya campuran buah lain, yogurt atau susu misalnya),” tutup dr. Devia.

Resep Menu Buka Puasa dari Blewah yang Bisa Dicoba

Nah, jika Kamu tertarik untuk berbuka dengan buah blewah, berikut beberapa ide resep buah blewah yang bisa dicoba di rumah:

1. Es Blewah kolang kaling

Dikutip dari Liputan6, Kamu cukup menyiapkan:

  • ¼ buah blewah besar yang sudah diserut
  • ½ sdm selasih yang sudah direndam di air panas
  • Manisan kolang kaling
  • 200 cc sirup (rasa sesuai selera)
  • 600 cc air putih
  • Es batu secukupnya

Cara membuatnya, Kamu cukup mencampur semua bahan jadi satu, lalu aduk dan sajikan di gelas.

2. Es timun blewah

Bahan yang diperlukan:

  • 2 buah timun
  • 1 buah blewah utuh
  • 2 buah jeruk nipis
  • 1 sdm selasih yang sudah direndam
  • Sirup melon secukupnya
  • Air matang
  • Es batu secukupnya
  • Daun mint

Cara membuatnya bisa diawal dengan memarut timun dan blewah. Setelah itu, campurkan semua bahan dan aduk hingga rata, lalu sajikan jelang waktu berbuka.

Sekarang Kamu sudah tahu, kan, manfaat dari buah yang sering muncul di bulan puasa ini? Apabila mau tahu lebih lanjut tentang manfaat blewah atau buah lainnya, Kamu bisa konsultasi dengan menggunakan fitur Tanya Dokter atau Temu Dokter dan jangan lupa untuk Download Aplikasi klikDokter.

Buah BlewahMenu Buka Puasa

Konsultasi Dokter Terkait