HomeIbu Dan anakKesehatan BayiResep dan Manfaat Banana Bread Sebagai Camilan untuk Bayi
Kesehatan Bayi

Resep dan Manfaat Banana Bread Sebagai Camilan untuk Bayi

Krisna Octavianus Dwiputra, 17 Mei 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Banana bread sedang jadi camilan sedang hits di TikTok. Mari ketahui resep, cara membuat, dan manfaatnya bagi bayi lewat informasi berikut ini.

Resep dan Manfaat Banana Bread Sebagai Camilan untuk Bayi

Di media sosial TikTok, sedang ramai dibagikan resep dan cara membuat banana bread. Selain disantap orang dewasa, katanya banana bread ini juga bisa diberikan untuk bayi. Apa boleh, usia bayi mengonsumsi banana bread? Jika boleh, adakah manfaatnya?

Sekilas Tentang Banana Bread 

Pada masa pandemi virus corona seperti sekarang ini, muncul berbagai kreativitas dalam mengolah makanan. Terutama, banyak muncul di TikTok, salah satu media sosial yang sedang hits belakangan ini.

Banana bread mulai booming di TikTok sejak resep dan cara pembuatannya pertama kali dibagikan oleh akun @kaylaiutzwig.

Dalam unggahan di TikTok tersebut, banana bread dibuat dengan bahan sederhana, peralatan seadanya, bahkan hanya butuh waktu sekitar 4 menit untuk bisa disajikan. Dijamin, semua orang pasti bisa membuatnya.

Anda juga dapat menambahkan cokelat dan “bermain-main” dengan bahan makanan lain agar banana bread sesuai dengan selera Anda. Simak yuk, resep banana bread yang sedang hits beredar di TikTok. 

Bahan yang Dibutuhkan:

  • 1 buah pisang matang.
  • ½ sendok teh minyak.
  • ½  sendok teh kayu manis.
  • ½  sendok teh soda kue.
  • 1 sendok makan susu nabati (susu almon atau susu kedelai).
  • 3 sendok makan tepung terigu Anda.
  • Sirup agave atau pemanis lain (seperti gula) dalam takaran secukupnya.

Cara Membuatnya:

  • Pilih cangkir berukuran sedang hingga besar, tumbuk satu pisang matang dalam cangkir itu.
  • Tambahkan semua bahan jadi satu, termasuk susu nabati. 
  • Aduk dengan garpu sampai tercampur rata. Pada tahap ini Anda dapat menambahkan chocolate chips untuk menambah rasa, jika ada.
  • Panggang di microwave selama satu hingga dua menit atau hingga campurannya menjadi seperti roti. 

Artikel Lainnya: Bolehkah Bayi 6 Bulan Mengonsumsi MPASI Alpukat?

Bolehkah Memberikan Banana Bread untuk Bayi?

Banana bread umumnya dijadikan kudapan bagi orang dewasa yang sedang santai. Akan tetapi, bagaimana kalau makanan hits ini diberikan untuk bayi?

Menurut dr. Devia Irine Putri, hal itu boleh-boleh saja dilakukan. Bahkan, Anda bisa memberikan banana bread untuk bayi di bawah 1 tahun .

"Boleh saja kalau mau diberikan untuk anak usia di bawah 1 tahun, biasanya bisa mulai saat usia 8 bulan karena tekstur makanannya udah mulai kasar dan sudah mulai bisa diajarkan untuk belajar memegang makanan (lewat finger foods)," kata dr. Deviana Irine Putri. 

Selain itu, menurut dr. Devia, makanan ini tergolong aman karena semua dicampur dan dimasak sampai matang. Jadi aman untuk dikonsumsi bayi dan anak-anak untuk usia lebih tua. 

Namun, pemberiannya juga perlu pengawasan, mengingat roti tidak mudah hancur, kadang masih lengket di mulut. 

"Hati-hati juga kalau sampai tersedak, lalu perhatikan kalau ada riwayat alergi terhadap bahan tertentu misalnya susu sapi," sambungnya.

Artikel Lainnya: Lagi Banyak saat Bulan Puasa, Bunda Bisa Coba MPASI Kurma

Apa Manfaat Kesehatan dari Makan Banana Bread sebagai Camilan Bayi?

Selain enak dan bisa membuat anak jadi lebih mengenal tekstur makanan, camilan banana bread ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan, lho

Kalau dari bahan utama banana bread, yakni pisang, manfaatnya banyak sekali. Salah satu yang disoroti adalah kaya nutrisi.

"Tidak salah lagi, pisang mengandung banyak sekali nutrisi seperti karbohidrat, protein, kalium, kalsium, magnesium, zat besi, folat, vitamin B, dan kandungan nutrien lainnya. Berbagai kandungan nutrien ini sangat penting sebagai sumber energi dan membantu berbagai proses metabolisme dalam tubuh si Kecil," ungkap dr. Reza Fahlevi.

Selain itu, pisang juga mengandung tinggi serat, membantu fungsi penglihatan, mencegah anemia. Selain itu, kandungan zat besi pada pisang juga diketahui sebagai mineral penting untuk perkembangan si kecil.

Manfaat lainnya adalah pisang merupakan sumber energi dan baik untuk pertumbuhan tulang. Kandungan kalium dan kalsium dalam pisang dapat memberikan manfaat positif bagi pertumbuhan dan perkembangan tulang anak Anda.

Artikel Lainnya: MPASI Hati Ayam, Adakah Manfaatnya untuk Kesehatan Bayi?

Resep Banana Bread untuk Bayi

Nah, Bunda mau coba bikin banana bread di rumah? Kalau yang di TikTok adalah cara mudahnya. Kini, ada resep banana bread untuk bayi yang lebih enak, aman dikonsumsi, higienis, dan yang pasti mudah dibuat.

Untuk tambahan bahan-bahan, Anda bebas berkreasi sesuai selera dan kesukaan anak. Jangan lupa, perhatikan bahan-bahan yang bisa memicu riwayat alergi anak, ya. 

Pastikan juga si kecil sudah MPASI (makan pendamping ASI), idealnya makanan ini diberikan pada anak usia 8 bulan ke atas.

Berikut resep banana bread untuk bayi Anda:

Bahan:

  • 3 lembar roti tawar.
  • 1 butir telur.
  • 25 gr gula pasir.
  • 100-150 ml susu cair UHT (bisa pakai susu almond atau susu kedelai).
  • 25 gram mentega yang dilelehkan.
  • 1 buah pisang ambon, haluskan atau tumbuk.
  • 1 buah pisang ambon, potong-potong.
  • 25 gram keju parut.

Cara Membuat:

  • Campurkan semua bahan dalam mangkuk, aduk rata.
  • Tuanglah ke dalam mangkuk-mangkuk berukuran kecil.
  • Kukus atau panggang di dalam microwave selama 25 menit hingga matang, angkat, dan sajikan.

Resep banana bread di atas bisa disajikan untuk satu sampai tiga orang sekaligus, ya,  termasuk bayi  Anda.

Sembari makan banana bread, jangan lupa berikan anak minum setiap beberapa menit sekali. Ini untuk mencegah roti tersangkut di mulut anak dan ia pun tidak tersedak. Apabila mau tahu resep makanan sehat untuk ana lainnya, ajukan pertanyaan pada dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter

(OVI/AYU)

CamilanBanana BreadCamilan Bayi

Konsultasi Dokter Terkait