Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mau Tahu, Ini Keuntungan Saat Tak Pakai Makeup Selama #DiRumahAja!

Mau Tahu, Ini Keuntungan Saat Tak Pakai Makeup Selama #DiRumahAja!

Sebagian orang merasa kulitnya bermasalah selama #DiRumahAja. Sisanya, justru merasakan hal sebaliknya. Ternyata, ini lho manfaat tidak pakai make up selama karantina!

Karena pandemi virus corona, masyarakat kini #DiRumahAja. Buat yang pekerjaannya bisa dilakukan dari rumah, metode work from home (WFH) pun dilakukan. Alhasil, karena tak perlu tatap muka, wanita pekerja akhirnya merasakan kondisi wajah tanpa makeup seharian.

Meski sebagian orang merasa kulit wajahnya breakout saat di rumah, tetapi sebagian lagi justru merasakan hal yang berlawanan.

Ya, manfaat tidak pakai makeup saat #DiRumahAja kini mulai terasa dan bikin kita sering-sering menatap cermin sambil senyum-senyum sendiri!

Apa Kandungan Makeup yang Sering Bikin Kulit Wajah Bermasalah?

Karena manfaat tidak pakai makeup mulai dirasakan oleh sebagian wanita, itu berarti, sebenarnya ada kandungan makeup yang kerap bikin kulit bermasalah.

Menurut dr. Devia Irine Putri, salah satu bahan dalam makeup yang kerap menimbulkan iritasi kulit adalah alkohol dan silikon. Untuk alkohol, biasanya terdapat di dalam toner yang sering dipakai sebelum wajah dirias ataupun setting spray.

Dokter Devia menjelasan, “Buat orang-orang yang nggak cocok dengan alkohol, kulit wajah mereka bisa semakin kering, timbul merah-merah dan jadi beruntusan.”

“Untuk silikon, biasanya terdapat pada primer dan juga alas bedak (foundation). Silikon dimasukkan ke dalam primer atau pun alas bedak supaya bisa menimbulkan kesan flawless dan halus alias tanpa pori-pori,” dr. Devia melengkapi.

Dua hal tersebut, cukup krusial dalam langkah pengaplikasian makeup, bukan? Sayangnya, jika terus digunakan setiap hari dan Anda tidak membersihkan wajah dengan benar, silikon tersebut malah menyumbat pori dan menimbulkan jerawat.

Artikel Lainnya: Tips Make Up untuk Kulit Mudah Berkeringat

1 dari 3 halaman

Manfaat Tidak Pakai Makeup saat #DiRumahAja

Dokter Devia juga menjelaskan, salah satu manfaat utama saat kita tidak mengaplikasikan riasan ke wajah selama karantina adalah kulit bisa beristirahat dan bernapas.

Bahkan, kita pun bisa menghemat waktu, tenaga, dan menghemat produk makeup, terutama yang harganya mahal.

“Namun, yang perlu diingat di sini, kita tetap harus merawat kulit wajah. Alat makeup bisa diistirahatkan, sementara skin care harus dipakai. Minimal, kita pakai moisturizer dan juga sunblock. Layar ponsel, laptop, tablet, dan televisi itu juga ada sinar UV-nya,” tuturnya.

Selain itu, masih ada lagi manfaat tidak pakai makeup selama karantina yang bisa Anda rasakan, misalnya saja beberapa hal ini.

  • Pori-pori Anda jadi terlihat lebih kecil karena lubang tersebut tidak dipenuhi oleh tumpukan make up dan juga kotoran atau polusi.
  • Iritasi mata, dalam hal ini kondisi mata merah, berair, pedih, dan gatal juga lebih jarang dialami. Sebab, kondisi tersebut biasanya terasa saat kita mengenakan maskara, lensa kontak, eyeshadow, dan juga eyeliner.
  • Garis-garis halus serta noda hitam (proses penuaan yang disebabkan oleh sinar matahari) juga berkurang. Alhasil, kulit lebih terlihat sehat, kencang, dan awet muda.
  • Bakteri di kulit berkurang. Perlu diketahui bahwa salah satu benda yang paling banyak mengandung bakteri adalah peralatan makeup, terutama brush dan spons Anda.
  • Mengurangi risiko kanker dan masalah hormonal. Menurut Lorenzo Cohen, profesor di Pusat Kanker MD Anderson University di Texas, sebagian produk makeup mengandung bahan kimia pengganggu endokrin (EDC) dan menyebabkan masalah hormonal.

Artikel Lainnya: Waspada, Ini Bahaya Tidak Menghapus Make Up Menjelang Tidur

2 dari 3 halaman

Saatnya Mempraktikkan Cara Membersihkan Alat Makeup

Apabila peralatan makeup Anda lagi jarang dipakai, berarti sekarang saatnya untuk mempraktikkan cara membersihkan alat make up di rumah.

Untuk brush dan spons, dr. Devia menyarankan Anda untuk membersihkannya menggunakan air bersih plus sabun khusus untuk cuci alat makeup. Ini tersedia dalam bentuk cair maupun batang.

Supaya lebih bersih, gunakan juga papan kecil silikon untuk membersihkan bulu-bulu brush. Air yang digunakan tidak perlu air hangat, air suhu ruang saja (tidak dingin dan tidak panas).

Jemur hingga kering. Brush dan spons harus benar-benar kering agar jamur tidak tumbuh.

Selain itu, bersihkan permukaan alat-alat makeup lainnya dengan tisu basah antibakteri. Jangan lupa juga bersihkan kotak penyimpanan Anda.

Itu dia penjelasan soal manfaat tidak pakai makeup selama karantina virus corona. Bagi Anda yang mulai terbiasa dengan kondisi wajah tanpa makeup, mengurangi “dempulan” sedikit demi sedikit saat keluar rumah tentu boleh dilakukan, lho!

Bila masih ada pertanyaan seputar perawatan kulit ataupun hal-hal kesehatan lainnya, yuk, langsung saja konsultasi dengan dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar