Sukses

Manfaat dari Angkak, Bisa Tingkatkan Trombosit?

Angkak disebut-sebut dapat meningkatkan angka trombosit pada DBD. Ini diduga karena kandungan isoflavon yang terdapat di dalamnya. Mari kenali manfaat angkak lebih jauh.

Klikdokter.com, Jakarta Musim hujan selalu identik dengan kemunculan banyak penyakit, salah satunya demam berdarah dengue (DBD). Jika Anda atau keluarga tengah mengalaminya, penting untuk melakukan pengobatan dengan benar untuk mencegah penyakit makin parah. Di antara berbagai obat herbal yang diklaim bermanfaat untuk mengatasi DBD, manfaat angkak untuk menaikkan trombosit pasti sudah sering Anda dengar.

Angkak merupakan beras yang telah difermentasikan dengan menggunakan ragi Monascus purpureus. Berwarna kemerahan dan lazim ditemui dalam bentuk sediaan cair atau sirup, angkak kaya akan isoflavon dan monacolin K.

Kandungan tersebut menjadikan angkak sebagai salah satu jenis herbal yang bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai penyakit. Misalnya untuk membantu menekan kadar kolesterol dan mendukung kesehatan jantung.

Selain itu, angkak juga banyak dipercaya dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit pada DBD. Namun, benarkah manfaat angkak untuk DBD sudah terbukti ataukah hanya sekadar mitos?

Benarkah Angkak Bisa Tingkatkan Trombosit?

DBD merupakan salah satu penyakit yang ditularkan melalui nyamuk dan angka kejadiannya terbilang tinggi di Indonesia. Dengan gejala awal berupa demam tinggi, demam berdarah dapat menjadi penyakit mematikan akibat proses peradangan yang mengganggu integritas pembuluh darah.

Pada DBD, biasanya terjadi berbagai perubahan ekstrem pada angka-angka parameter pemeriksaan darah, seperti peningkatan hematokrit dan merosotnya angka trombosit atau disebut juga dengan trombositopenia. Hal ini sangat penting dalam perawatan pasien demam berdarah, di mana salah satu usaha pemulihan yang dilakukan adalah dengan cara meningkatkan trombosit tersebut.

Berbagai penelitian telah menganalisis manfaat angkak untuk DBD, terutama dalam meningkatkan angka trombosit. Penelitian pra-klinis juga telah menunjukkan bahwa angkak atau ekstrak Monascus purpureus dapat meningkatkan angka trombosit secara signifikan, meski mekanismenya belum diketahui secara pasti.

Peran angkak dalam meningkatkan angka trombosit terutama dikaitkan dengan efek anti-inflamasi dari kandungan isoflavon dan monacolin K di dalamnya, yang disinyalir mampu memicu pembentukan trombosit atau proses trombopoiesis. Tentunya dengan adanya proses ini, pemberian angkak pada pasien demam berdarah menjadi sangat bermanfaat bagi pemulihannya.

Pada penelitian lain, penggunaan angkak untuk meningkatkan angka trombosit juga memberikan dampak lebih signifikan jika dibandingkan dengan alternatif pengobatan lain yang lazim digunakan dalam pemulihan demam berdarah seperti ekstrak kurma dan jambu biji.

Selain memengaruhi angka trombosit, beberapa penelitian juga menunjukkan dampak positif angkak untuk membantu menekan reaksi peradangan yang umum terjadi pada perjalanan penyakit demam berdarah.

1 dari 2 halaman

Bukan Terapi Pengganti

Tentunya, pemberian angkak ataupun jenis herbal lainnya hanya bersifat melengkapi. Mereka tidak dapat menggantikan perawatan serta obat-obatan yang telah menjadi standar dalam manajemen terapi demam berdarah.

Perlu juga diingat bahwa DBD merupakan self-limiting disease. Artinya, proses penyembuhan penyakit ini dipengaruhi oleh kualitas sistem imunitas tubuh penderitanya serta dapat pulih dengan sendirinya.

Untuk itu, pastikan tubuh Anda tetap berada dalam kondisi seimbang, baik cairan, elektrolit, dan berbagai fungsi lainnya, agar sistem imunitas tubuh dapat bekerja optimal. Selain banyak minum air untuk mencukupi kebutuhan cairan dan makan makanan bergizi seimbang, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Pemberian suplemen untuk mengembalikan cairan tubuh dan elektrolit yang hilang, seperti Trolit, dapat dilakukan. Apalagi penderita DBD rentan kehilangan cairan tubuh.

Trolit merupakan kombinasi unik yang meliputi Monascus purpureus, ekstrak Psidii folium, elektrolit, vitamin B kompleks, dan mineral seng yang diperlukan untuk proses rehidrasi. Jadi manfaat angkak juga bisa Anda peroleh dari obat ini, yang pastinya lebih praktis. Dengan pola hidup sehat, penanganan tepat, serta Trolit, DBD dapat dilawan kapanpun, termasuk saat musim hujan yang rentan penyakit.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar