Sukses

Berbagai Manfaat Angkak bagi Kesehatan Anda

Angkak sering digunakan sebagai obat pelengkap untuk penyakit demam berdarah. Ini segudang manfaat angkak bagi kesehatan yang mungkin belum Anda tahu.

Anda mungkin pernah mendengar tentang angkak. Ekstrak beras berwarna kemerahan ini sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi demam berdarah. Tapi sebenarnya, ada banyak manfaat angkak lainnya selain untuk mempercepat penyembuhan demam berdarah.

Apa itu angkak?

Angkak, atau beras ragi merah, adalah produk beras yang difermentasi dengan sejenis jamur bernama Monascus purpureus. Angkak telah dikenal selama ribuan tahun dan digunakan sebagai makanan tradisional maupun obat tradisional di dataran Cina.

Angkak mengandung komponen monacolin K di dalamnya. Monacolin K merupakan bahan aktif yang juga ditemukan di obat kolesterol seperti Iovastatin.

1 dari 2 halaman

Apa saja manfaat angkak?

Selama ini angkak lebih dikenal sebagai obat pelengkap demam berdarah. Namun ternyata tidak hanya demam berdarah, kondisi kesehatan lainnya juga bisa diatasi dengan angkak.

Yuk, simak apa saja manfaat angkak bagi kesehatan.

  • Membantu memperbaiki gejala demam berdarah

Angkak adalah salah satu obat tradisional yang terkenal dapat memulihkan kondisi demam berdarah, baik demam dengue ataupun demam berdarah dengue. Kedua penyakit ini sama-sama disebabkan oleh virus dengue.

Karena penyakit tersebut disebabkan oleh infeksi virus, tidak ada pengobatan khusus untuk menyembuhkannya. Yang diperlukan adalah sistem imunitas tubuh yang baik agar dapat melawan infeksi virus ini.

Trombositopenia, atau jumlah trombosit rendah, merupakan salah satu kondisi yang sering dijumpai pada pasien dengan infeksi virus dengue. Angkak dipercaya mampu meningkatkan jumlah trombosit pada penderita infeksi virus dengue. 

  • Menyusutkan kadar kolesterol

Manfaat angkak lainnya adalah dapat menurunkan kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa beras ragi merah mengandung monacolin K, yang dapat menyusutkan kadar kolesterol total, LDL atau lemak jahat, serta trigliserida dalam darah. Monacolin K ini terdapat juga dalam obat penurun kolesterol Lovastatin.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Dengan membantu menurunkan kadar LDL dalam darah serta meningkatkan HDL atau lemak baik, maka angkak juga baik untuk kesehatan jantung. Angkak diyakini dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah jantung sehingga tekanan darah lebih stabil.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Angkak juga mengandung GABA (gamma-aminobutyric acid), senyawa yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Menstabilkan gula darah

Angkak disebut dapat menstabilkan gula darah sehingga memperbaiki metabolisme tubuh. Tapi ingat, jika sudah terdiagnosis diabetes mellitus, jangan hanya mengandalkan angkak. Anda tetap harus patuh untuk mengonsumsi obat antidiabetes sesuai dengan anjuran dokter.

  • Mencegah sindrom metabolic

Dengan menjaga kadar kolesterol, tekanan darah, serta gula darah, maka angkak mampu menurunkan risiko penyakit metabolik. Contoh penyakit metabolik adalah stroke, diabetes, serangan jantung, dan lainnya.

  • Mengurangi peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh saat menghadapi infeksi atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Dengan mengonsumsi angkak, Anda dapat mengurangi proses peradangan serta menangkal bahaya radikal bebas dalam tubuh.

  • Mengurangi paparan zat kimiawi

Angkak telah digunakan selama ratusan tahun sebagai salah satu bahan yang dapat memberikan warna pada masakan.

Dengan menggunakan angkak, berarti Anda meminimalkan atau menghindari penggunaan pewarna makanan yang bersifat kimiawi. Tentu penggunaan zat kimia dalam jangka panjang dapat berdampak bagi kesehatan.

Saat ini telah tersedia suplemen angkak di pasaran, sehingga lebih praktis untuk dikonsumsi sehari-hari. Anda tidak perlu memasaknya terlebih dulu, dan langsung bisa diminum untuk mendapatkan manfaatnya.

Tapi ingat bahwa penggunaan angkak perlu disesuaikan dengan obat-obatan lain yang tengah Anda minum. Hal ini dikarenakan angkak dapat menimbulkan interaksi obat. Jadi, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsumsi angkak. Dengan demikian, manfaat angkak bisa Anda dapatkan dengan optimal.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar