Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ngetren di TikTok, Sehatkah Pancake Sereal untuk Sahur dan Buka Puasa?

Ngetren di TikTok, Sehatkah Pancake Sereal untuk Sahur dan Buka Puasa?

Mau coba kreasi pancake sereal untuk menu buka puasa dan sahur yang lagi populer di TikTok? Tapi, sehat atau tidak ya? Simak dulu kata dokter ini.

Karena punya banyak waktu di rumah, sisi kreatif banyak orang pun bermunculan. Pancake yang biasanya dibuat minimal sebesar telur mata sapi, kini berubah jadi kecil-kecil hingga mirip kepingan sereal! Alhasil, terciptalah pancake sereal, menu kreatif khas anak TikTok!

Namun, bagaimana jika pancake sereal jadi menu buka puasa dan sahur? Sehat enggak, ya? Mengingat makanan tersebut terdiri atas banyak karbohidrat.

Apa Itu Pancake Sereal?

Sebelum mengetahui soal sehat atau tidaknya makanan tersebut, lebih baik Anda kenali lebih jauh pancake sereal.

Pancake sereal merupakan pancake yang dibuat seukuran corn flakes. Kalau biasanya adonan dituang ke teflon menggunakan sendok sayur sehingga besarnya bisa lebih dari telur ceplok, adonan pancake sereal dimasukkan dulu ke dalam botol.

Artikel lainnya: Mau Terhindar dari Infeksi Virus Corona? Hindari Makanan Ini saat Sahur!

Botol yang digunakan adalah botol plastik yang biasanya digunakan untuk menyimpan saus (punya bukaan yang mancung dan lubang yang kecil). Kalau tidak ada, Anda bisa masukkan dulu ke plastik, lalu gunting ujungnya. Ketika dikeluarkan ke teflon, adonan pancake hanya sebesar kepingan jagung.  

Dalam satu teflon, Anda bisa membuat belasan bahkan puluhan pancake sereal. Ya, memang agak ‘pegal’ karena bikinnya harus satu-satu. Tapi, demi ‘membunuh’ waktu di rumah, sepertinya banyak orang yang rela-rela saja untuk membuat menu unik yang satu ini. 

Tertarik untuk ikut membuatnya? Di bawah ini bahan yang perlu Anda siapkan dan cara membuatnya

            Bahan:

  • Adonan pancake instan (bisa Anda beli di minimarket)
  • Mentega
  • Maple syrup (kalau tidak ada, bisa pakai madu)
  • Mangkuk
  • Botol saus plastik (kalau tak ada, pakai plastik)
  • Mini spatula (sendok/ garpu juga bisa)
  • Teflon (penggorengan anti-lengket)

Artikel lainnya: Telat Bangun Sahur? Ini Resep Praktis & Sehat agar Puasa Lancar

            Cara Membuat:

Selanjutnya, panaskan teflon, tuang adonan pancake satu per satu seukuran corn flakes. Jangan lupa untuk membalik adonan. Saat sudah mulai berwarna kecokelatan, angkat dan letakkan di mangkuk.

Tambahkan mentega di atas pancake yang masih hangat. Kemudian maple syrup –atau pilihan lain sesuai selera Anda. Misalnya madu (ini pilihan yang paling sehat)  atau saus cokelat/stroberi sebagai pemanisnya.

1 dari 3 halaman

Sehatkah Pancake Sereal Jadi Menu Sahur atau Menu Buka Puasa?

Pancake sereal kerap dianggap sebagai menu full karbohidrat dan makanan manis. Namun, jangan memandangnya sebelah mata dan langsung melabelinya sebagai makanan tak sehat. 

Sebab, menurut dr. Nabila Viera Yovita, kalorinya sama saja atau setara dengan satu porsi pancake ukuran biasa. Jadi, kalau bicara soal asupan karbohidratnya, itu tidak menjadi masalah. 

Artikel lainnya: Daripada Gorengan, Pilih Menu Makanan Kukus untuk Berbuka, yuk!

“Namun, akan berubah menjadi ‘masalah’ kalau Anda menambahkan atau mencampurkannya dengan banyak sirup manis, marshmallow, dan lain sebagainya secara berlebihan ke dalam semangkuk pancake sereal,” ujar dr. Nabila kepada KlikDokter.

“Kalau terlalu banyak gula, Anda bisa mengalami mood swing, cepat lapar, dan rasa ingin makan makanan manis susah ditahan. Makanya, kurang baik bila dijadikan menu sahur, karena bisa mengganggu ibadah puasa dan sahur terasa sia-sia,” jelas dr. Nabila.

Itu sebabnya, pancake sereal lebih baik dikonsumsi sebagai menu buka puasa. Selain itu, tetap saja, Anda tak perlu menambahkan banyak gula –seperti gula halus, sirup, marshmallow, permen cokelat karamel, cokelat warna-warni.

2 dari 3 halaman

Ide Pancake Sereal untuk Menu Buka Puasa

Bila ingin membuat pancake sereal yang lebih sehat sebagai menu buka puasa, dr. Nabila menyarankan untuk mengurangi jumlah pancake yang Anda buat. Anda juga bisa menambahkan potongan buah. 

Artikel lainnya: 3 Manfaat Yoghurt sebagai Menu Buka Puasa Ramadan

“Potongan buah yang bisa dicampurkan ke mangkuk bisa berupa pisang, apel, atau stroberi. Kacang-kacangan juga bisa dimasukkan. Misalnya, kacang almon yang telah dipanggang atau kismis. Gunakan madu ketimbang sirup. Tak perlu yang terlalu manis, malah jadi tak baik,” katanya menjelaskan. 

Selain itu, adonan pancake juga bisa dibuat sendiri (tanpa yang instan). Tepung terigu bisa diganti dengan oatmeal yang dihaluskan dan susu pun bisa dipilih susu yang rendah lemak. Dengan demikian, menu buka puasa yang viral di TikTok ini jadi lebih sehat.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba pancake sereal untuk menu buka puasa? Ini bisa jadi alternatif makanan pembuka ketimbang terus-menerus makan gorengan atau takjil bersantan. Saat disajikan, Anda juga bisa mengunggahnya di media sosial biar makin eksis.

Bila masih ada pertanyaan seputar menu buka puasa dan sahur yang sehat lainnya, sampaikan langsung kepada dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[HNS/ RH]

2 Komentar