HomeGaya hidupDiet dan NutrisiMinum Susu saat Sahur Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama? Ini Faktanya!
Diet dan Nutrisi

Minum Susu saat Sahur Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama? Ini Faktanya!

Ayu Maharani, 22 Mar 2023

Ditinjau Oleh dr. Alvin Nursalim

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sebagian orang memilih minum susu saat sahur karena katanya bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Benar atau tidak? Yuk ungkap di sini.

Minum Susu saat Sahur Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama? Ini Faktanya!

Saat sahur, orang-orang kebanyakan mencari jenis makanan atau minuman yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Nah, dari sekian banyak jenis makanan dan minuman, katanya, minum susu saat sahur bisa mewujudkan hal tersebut.

Susu memang minuman yang kaya akan gizi. Kebaikannya juga dapat dirasakan oleh anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Karena 87% kandungan susu adalah air, minuman yang satu ini dapat mencegah dehidrasi

Ada juga yang bilang kalau khasiat susu salah satunya memberikan efek kenyang lebih lama. Apakah benar manfaat susu saat sahur tersebut?

 

Minum Susu saat Sahur Bikin Kenyang Lebih Lama?

Perlu diketahui dulu bahwa susu termasuk minuman yang mengandung banyak protein. Nah, protein sering disebut-sebut sebagai nutrisi yang dapat membuat perut kenyang lebih lama, ketimbang karbohidrat. 

Menanggapi hal tersebut, begini penjelasan dr. Alvin Nursalim, Sp.PD. Menurutnya, benar bahwa susu merupakan minuman bergizi yang mengandung protein.

Namun, itu bukan berarti kamu bisa sahur dengan hanya minum segelas susu. Itu tak akan membuat kamu kenyang lebih lama. 

Artikel Lainnya: Susu Jenis Apakah yang Paling Sehat?

“Susu boleh saja diminum saat sahur karena kandungan nutrisinya yang lengkap. Tapi sebenarnya, susu tidak membuat perut seseorang menjadi kenyang lebih lama, apalagi jika kamu benar-benar hanya mengandalkan susu,” kata dr. Alvin.  

Kalau ingin kenyang lebih lama, kamu harus memastikan bahwa menu sahur yang dikonsumsi bersifat lengkap, bukan cuma protein dari susu.

Misalnya, ada karbohidrat (akan lebih bagus lagi bila yang disajikan adalah karbohidrat kompleks karena ada kandungan seratnya, seperti nasi merah).

Lalu, ada lauk yang mengandung protein nabati dan hewani (tahu/tempe dan ayam/sapi/ikan), serta sayur untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan serat. 

Porsinya disesuaikan, ya. Tak perlu makan terlalu banyak, secukupnya saja. Nah, untuk menyempurnakan itu semua, barulah kamu bisa minum segelas susu.

Jika perut sudah kenyang, susu pun tak perlu segelas penuh. Asupan seimbang dan lengkap seperti itulah yang bikin kamu jadi kenyang lebih lama.

Artikel Lainnya: Kapan Waktu Terbaik Minum Susu, Pagi atau Malam Hari?

Manfaat Minum Susu saat Sahur di Bulan Puasa

Susu sebenarnya tak hanya dapat dijadikan minuman untuk sahur. Khasiat susu pun bisa dirasakan saat berbuka puasa. Adapun manfaat minum susu yang dapat kamu dapatkan saat sahur ataupun berbuka puasa, antara lain:

1. Sebagai Sumber Energi untuk Berpuasa

Susu dapat menjadi sumber energi bagi tubuh karena mengandung karbohidrat, protein, dan lemak.

Kalori yang terkandung di dalam susu sebanyak 4 kkal/gram untuk karbohidrat dan proteinnya serta 9 kkal/gram untuk lemaknya.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Susu juga dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan selenium. Selenium berperan dalam sistem daya tahan tubuh, pembentukan dan perbaikan DNA, serta berperan sebagai antioksidan. 

3. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Susu merupakan sumber kolin yang baik. Bagi tubuh, kolin bermanfaat untuk mendukung proses tidur seseorang. Minum susu hangat pun dapat membuat tubuh lebih relaks, sehingga jadi cepat mengantuk dan tertidur pulas. 

4. Mempercepat Proses Penyembuhan 

Susu mengandung asam amino. Itu berguna untuk membantu pertumbuhan sel dan jaringan tubuh. Bila kebetulan selama puasa ini kamu sedang tidak enak badan, minum susu bisa membantu tubuh untuk cepat pulih. 

5. Sebagai Sumber Vitamin dan Mineral

Susu mengandung banyak vitamin. Di antaranya, vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, D, E, dan K.

Sementara, mineral berperan dalam membentuk enzim, memelihara kesehatan tulang, menyeimbangkan cairan tubuh, dan melancarkan transportasi oksigen ke seluruh tubuh. 

6. Bantu Lebih Fokus dan Konsentrasi

Di berbagai studi disebutkan bahwa susu memiliki kemampuan dalam meningkatkan fungsi kognitif dan memori otak. Sebuah penelitian dari Kansas University Medical Center menjelaskan bahwa orang dewasa yang minum 3 gelas per hari, terbukti memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik.

Hal ini karena susu mengandung antioksidan yang membuat sel-sel otak lebih sehat dan berkembang dengan baik.

Itu dia penjelasan soal manfaat minum susu saat sahur. Yang jelas, minuman tersebut dapat memberikan efek kenyang lebih lama jika diimbangi dengan asupan bernutrisi lainnya. 

Bila kamu masih memiliki pertanyaan seputar susu atau menu sahur dan berbuka puasa, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

[HNS/AYU]

puasa

Konsultasi Dokter Terkait