Sukses

Ingin Buang Dahak di Tempat Umum, Ini Tipsnya

Anda tengah berada di tempat umum. Bagaimana cara yang aman untuk membuang dahak? Berikut ini tipsnya

Ketika sedang mengalami batuk batuk, Anda tentu ingin segera membuang dahak mengganggu tersebut. Tapi masalahnya, Anda tengah berada di tempat umum. Bagaimana cara yang aman untuk membuang dahak? 

Batuk Bukanlah Penyakit

Batuk adalah salah satu bentuk pertahanan tubuh yang alami. Saat ada benda asing yang masuk ke saluran pernafasan, seperti debu atau asap, tubuh akan menimbulkan suatu refleks untuk mengeluarkannya dari dalam tubuh melalui reaksi batuk. Dan hal ini adalah wajar.

Batuk dapat berupa batuk kering maupun berdahak. Batuk kering biasanya lebih terasa gatal pada tenggorokan dan tidak memproduksi dahak pada tenggorokan. Sedangkan batuk berdahak memproduksi dahak.

Ketika mengalami batuk, belum tentu itu disebabkan oleh hal yang serius. Namun jika keluhan batuk tidak membaik atau makin berat dalam waktu seminggu, bahkan disertai dengan sesak napas, sangat disarankan untuk memeriksakan diri secara langsung ke dokter.

1 dari 4 halaman

Beragam Penyebab Batuk

Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan batuk. Sebagian besar di antaranya tidak membutuhkan penanganan khusus.

Batuk dapat disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran napas atas, infeksi saluran pernapasan bawah, reaksi alergi, hingga tidak sengaja menghirup debu maupun asap.

Saat mengalami batuk, baik itu baik batuk kering maupun berdahak, penting untuk memperhatikan etika batuk yang benar. Sangat tidak disarankan untuk menutup mulut menggunakan tangan ketika sedang batuk. Paling tidak harus menggunakan tisu dan segera membuang ke tempat sampah tertutup.

Jika tidak ada tisu, dapat batuk di siku bagian dalam. Setelah batuk, sebaiknya segera mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir.

Meskipun tidak selalu disebabkan oleh infeksi, tetaplah menerapkan etika batuk yang benar karena hal tersebut dapat membantu mencegah penyebaran infeksi.

2 dari 4 halaman

Cara Aman Membuang Dahak

Ketika batuk disertai dengan produksi lendir yang tebal, maka akan menyebabkan batuk berdahak.

Batuk berdahak dapat sama mengganggunya dengan batuk kering. Saat mengalaminya, Anda tentu ingin buru-buru mengeluarkan dahak tersebut agar merasa lebih nyaman. 

Namun ketika sedang berada di tempat umum dan sangat ingin membuang dahak, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar tetap aman. Berikut cara membuang dahak yang baik dan benar:

  • Hindari Membuang Dahak di Ruang Terbuka

Saat berada di tempat umum, tidak disarankan untuk membuang dahak di tampat terbuka seperti di pinggir jalan, rumput atau lokasi serupa. Membiarkan dahak berada di ruang terbuka dapat meningkatkan risiko penyebaran infeksi ke orang lain.

  • Hindari Posisi yang Terlalu Dekat dengan Orang Sekitar

Saat sedang batuk dan membuang dahak, droplet yang keluar dari mulut ketika seseorang batuk dapat menyebar sejauh 1-2 meter (bahkan jika bersin, partikel yang lebih kecil dapat terbawa angin sejauh 6 m), sehingga dapat menjadi sarana penularan ke orang lain.

  • Buang dahak di tempat dengan aliran pembuangan yang lancar

Setelah mengeluarkan dahak, segera bersihkan tempat tersebut menggunakan air mengalir sehingga dapat menurunkan risiko penularan ke orang lain.

  • Jangan lupa cuci tangan

Setelah batuk, jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Cara ini membantu mencegah penularan ke orang lain ketika berjabat tangan maupun menyentuh benda-benda di sekitar.

3 dari 4 halaman

Langkah untuk Mengencerkan Batuk Berdahak

Anda dapat mengencerkan dan mengeluarkan dahak dengan beberapa cara, antara lain:

  • Minum air hangat
  • Berkumur dengan air garam
  • Konsumsi madu dan jahe
  • Tinggikan kepala dengan bantal ekstra saat tidur

Namun, tak jarang dahak tersebut sulit untuk dikeluarkan dan membutuhkan obat untuk mengencerkannya. Saat dahak sudah cukup encer untuk dikeluarkan, tubuh akan memberikan respons berupa batuk. Dengan demikian, dahak dapat keluar dan meringankan rasa gatal pada tenggorokan.

Terdapat berbagai pilihan golongan obat yang dapat membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak, yaitu yang mengandung guaiphenesin, bromhexin HCl, dan N-acetylsysteine.

Anda dapat memilih obat batuk yang terpercaya seperti Woods Expectorant untuk mengencerkan dahak.

Kandungan bromohexine HCI dan guaiphenesin di dalamnya sudah terbukti dapat mengencerkan dan mengeluarkan dahak secara efektif. Anda juga bisa dengan mudah mendapatkannya di apotek-apotek terdekat.

JIka Anda sudah mengonsumsi obat namun keluhan tidak membaik atau disertai dengan gejala lainnya (seperti keluar darah, sesak napas, nyeri dada, dan lainnya), disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Nantinya dokter dapat membantu mencari penyebab serta penanganannya yang tepat.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar