Sukses

Cara Membuat Scrub Bibir Alami ala Kourtney Kardashian

Ingin punya bibir sehat, cantik, dan menawan? Ini cara membuat scrub bibir alami ala Kourtney Kardashian yang bisa Anda praktikan sendiri di rumah.

Hampir setiap wanita ingin memiliki penampilan bibir yang sehat, cantik, dan menawan. Apakah Anda juga demikian? Jika ya, Anda mesti merawat bibir dengan cara yang benar. Salah satu perawatan yang tidak boleh dilewatkan adalah penggunaan scrub bibir.

Scrub bibir adalah metode perawatan yang bisa Anda lakukan untuk membuat penampilan bibir lebih cerah, cantik, dan sehat. Tentu saja, kondisi bibir yang demikian lebih memesona bagi orang yang melihatnya.

Anda tidak perlu repot berkunjung ke toko kosmetik untuk membeli scrub bibir. Pasalnya, Anda bisa membuat scrub bibir alami secara mandiri di rumah. Lebih hemat, dan hasilnya pun akan maksimal!

1 dari 4 halaman

Manfaat Scrub Bibir Alami

Dijelaskan oleh dr. Arina Heidyana, kulit luar pada bibir adalah hasil dari produksi ulang sel bagian luar bibir. Sel ini nantinya akan muncul ke lapisan luar dan menghasilkan protein yang disebut juga dengan keratin. 

“Keratin nantinya akan berubah jadi keras untuk melindungi mulut dari suhu panas maupun dingin. Karena kulit bibir rentan akan suhu tersebut, maka bibir pun bisa menjadi kasar, pecah-pecah, bahkan luka, ” ujar dr. Arina.

Oleh karena itu, agar kesehatan bibir tetap terjaga, Anda perlu mengaplikasikan scrub atau gel dengan bentuk kasar seperti pasir. 

“Fungsi scrub bibir sebenarnya mirip dengan scrub untuk tubuh. Tekstur pasir yang dihadirkan oleh scrub mampu mengelupas kulit keras pada bibir dan menggantinya dengan kulit yang baru,” ujar dr. Arina.

“Dengan demikian, scrub akan mengangkat sel kulit mati yang membuat kulit bibir Anda terlihat lebih gelap, tidak sehat, dan kotor,” tambahnya.

Artikel Lainnya: Cara Membuat Bibir Merah Alami

Senada dengan itu, dr. Sara Elise Wijono juga setuju dengan pemakaian scrub untuk perawatan kulit bibir. Menurut dr. Sara, bibir pun perlu diberikan scrub untuk menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk. 

“Selain itu, dengan melakukan scrub secara rutin, peredaran darah ke bibir juga akan bertambah lancar. Hasil akhirnya adalah bibir yang tampak merah alami dan sehat,” tuturnya. 

2 dari 4 halaman

Tips Membuat Scrub Bibir Alami

Berdasarkan penuturan dr. Sara, Anda sebenarnya bisa membuat scrub bibir alami secara mandiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur, seperti gula pasir dan madu.

“Cukup campurkan gula pasir dan madu, kemudian aduk hingga rata. Lalu, gosok lembut campuran tersebut pada bibir dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan menggunakan tisu,” ungkap dr. Sara.

Selain dengan cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan sikat gigi sebagai scrub bibir. Dalam hal ini, Anda mesti menggunakan sikat gigi berbulu halus dan agar kulit bibir tidak luka karenanya. 

Caranya, gosok bibir menggunakan sikat gigi berbulu halus dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Lakukan secara perlahan, agar sel kulit mati yang menumpuk bisa sepenuhnya terbuang dan aliran darah pun menjadi lebih lancar. 

Mana scrub bibir alami yang menjadi favorit Anda? Atau, Anda malah merasa kurang puas dengan racikan scrub bibir alami yang telah dibagikan di atas? Tenang, jangan khawatir. Jika Anda ingin yang lebih ‘mewah’, berikut ini adalah tips membuat scrub bibir alami ala Kourtney Kardashian.

Artikel Lainnya: Cara Membuat Bibir Merah Alami

3 dari 4 halaman

Tips Membuat Scrub Bibir ala Kourtney Kardashian

Kourtney Kardashian sempat membagikan tips membuat scrub bibir sendiri di rumah selama masa pandemi virus corona. Melansir Wolipop, dalam video yang diunggah di akun YouTube Vogue, Kourtney mengaku membuat scrub bibir secara mandiri selama di rumah, dengan menggunakan bahan seadanya.

“Saya suka bikin scrub bibir sendiri, terutama jika sering menggunakan lipstik berwarna terang atau gelap. Scrub ini akan memastikan bibir Anda tetap lembut,” ujar Kourtney dalam video tersebut. 

Proses pembuatan scrub bibir alami ala Kourtney Kardashian ternyata hanya membutuhkan tiga bahan dapur. Bahan-bahan tersebut adalah minyak kelapa, madu, dan gula kasar organik. 

Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan ketiga bahan tersebut dalam satu wadah dan diaduk hingga merata. Simpan scrub ini dalam wadah tertutup untuk menghindari risiko kontaminasi kuman.

Ketiga bahan tersebut memang memiliki keunggulannya masing-masing. Misal, minyak kelapa untuk pelembap dan antibakteri; madu dan gula yang sama-sama bisa menghaluskan dan menghapus sisa-sisa produk lipstik pada bibir. Tekstur gula pasir yang kasar juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru.

Tertarik untuk membuat dan merasakan sendiri manfaat scrub bibir alami? Perhatikan bahan-bahan yang digunakan, dan pastikan proporsinya tidak berlebihan. Jika Anda punya masalah kesehatan khusus, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengaplikasikan scrub bibir buatan sendiri. Anda bisa memanfaatkan layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar