Sukses

Cara Rawat Extensions Bulu Mata saat di Rumah Saja

Perawatan bulu mata extension menjadi terhambat gara-gara karantina corona? Jangan khawatir berlebihan, ini tips merawatnya yang bisa Anda terapkan.

Hampir semua wanita setuju bahwa salah satu faktor penunjang kecantikan berasal dari mata. Karenanya, tidak sedikit wanita yang rajin merawat kecantikan mata, salah satunya dengan menggunakan bulu mata extension atau bulu mata palsu.

Tidak dimungkiri, bulu mata extension memang sering dijadikan pilihan utama oleh para wanita karena berbagai kemudahan yang ditawarkan. Anda tidak perlu repot memolesnya berlebihan, karena bulu mata palsu tersebut sudah lentik dan indah.

Meski lebih praktis, bulu mata palsu juga memiliki kekurangan, lho! Tahukah Anda apa saja kekurangan bulu mata extension?

 

1 dari 3 halaman

Kekurangan dari Bulu Mata Ekstension

Beberapa kekurangan dari penggunaan bulu mata palsu, antara lain:

  • Tidak Permanen

Bulu mata extensions tidak bertahan permanen, sehingga Anda harus menggantinya secara berkala.

  • Biaya yang Besar

Penggunaan bulu mata palsu juga terbilang tidak murah. Hal ini membuat wanita harus siap mengeluarkan uang lebih untuk pemasangan sekaligus perawatannya.

Artikel Lainnya: Hati-Hati, Sering Eyelash Extension Picu Kutu Bulu Mata

  • Menekan Folikel Bulu Mata Asli

Penggunaan bulu mata extension bisa menyebabkan tekanan pada folikel bulu mata asli. Jika kondisi ini terjadi berulang atau terus-menerus, bulu mata asli akan mengalami kerontokan atau bahkan tidak akan tumbuh kembali.

  • Risiko Iritasi

Dibutuhkan lem khusus untuk menempelkan bulu mata palsu di ujung kelopak mata Anda. Sayangnya, penggunaan lem tersebut juga berpotensi memicu terjadinya iritasi.

  • Kebutaan

Proses pemasangan bulu mata palsu yang tidak tepat berpotensi meningkatkan risiko terjadinya kebutaan.

Guna menghindari dampak buruk tersebut, Anda sebaiknya hanya melakukan pemasangan bulu mata extension di tempat yang tersertifikasi.

Selain itu, usahakan untuk melakukan perawatan di tempat yang sama agar petugas yang bertindak sudah mengetahui seluk-beluk bulu mata extension yang menempel di Anda.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika tidak bisa ke tempat tersebut lantaran harus karantina virus corona? Tenang, jangan panik. Anda masih tetap bisa merawat bulu mata palsu secara mandiri di rumah.

Artikel Lainnya: Waspada Bahaya Bulu Mata Palsu

2 dari 3 halaman

Perawatan Bulu Mata Extention di Rumah selama Karantina

Menurut dr. Arina Heidyana, berikut ini adalah beberapa tips and trik yang bisa dilakukan untuk merawat bulu mata palsu selama berada di rumah lantaran karantina coronavirus:

1. Tetap Gunakan Serum Bulu Mata

Umumnya, klinik atau toko tempat pasang extensions bulu mata juga menjual serum khusus. Serum ini biasanya berguna untuk mempertahankan perlekatan bulu mata palsu pada yang asli.

Selama karantina COVID-19, Anda dianjurkan untuk tetap menggunakan serum tersebut secara teratur. Sebab, serum tersebut juga mengandung berbagai macam vitamin yang baik untuk kesehatan bulu mata.

2. Jangan Kucek Mata

Mengucek mata terlalu sering bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi di mata Anda.

Selain itu, mengucek mata juga bisa membuat bulu mata palsu copot dan masuk ke dalam mata. Sebagai akibatnya, mata bisa iritasi, memerah, bahkan muncul ruam.

Tidak hanya itu, mengucek mata juga bisa membuat extensions bulu mata ANda jadi mudah copot alias terlepas.

3. Bersihkan

Selama 24 jam pertama setelah pemasangan, bulu mata palsu Anda memang tidak boleh terkena air. Namun, apabila durasi tersebut sudah terlewati, Anda justru dianjurkan untuk membersihkannya secara berkala.

Anda wajib membersihkan bulu mata palsu dengan menggunakan cotton bud yang sudah dicelupkan ke micellar water setiap kali ingin mandi atau setelah beraktivitas.

Ini guna mencegah bulu mata jadi berminyak dan rentan copot, serta menghindari kemungkinan kuman tinggal di dalam bulu mata palsu tersebut. 

4. Rajin Sisir Bulu Mata 

Sisir bulu mata Anda secara berkala, agar bentuk dan kebersihannya tetap terjaga. Salah satu pemilik brand eyelash extensions menyebut bahwa menyisir bulu mata juga bisa mencegah kerontokan, lho!

Sisir bulu mata palsu Anda setiap kali tampak berantakan, atau seusai mandi. Tapi, pastikan bulu mata sudah kering terlebih dahulu, baru Anda sisir dari atas ke bawah dengan gerakan memutar. Gunakan sikat bulu atau spoolie brush untuk menyisir bulu mata. 

5. Jangan Cabut Bulu Mata Palsu Anda

Memasuki minggu ketiga setelah pemasangan awal, bulu mata akan mulai rontok. Hal ini bisa memicu keisengan untuk mencabut bulu mata palsu tersebut karena terasa gatal. 

Jangan dilakukan! Hindari mencabut paksa bulu mata palsu, karena bisa menyebabkan munculnya ruam dan infeksi pada kelopak mata. Selain itu, mencabut paksa bulu mata juga bisa menyebabkan memicu kebotakan. 

Jika memang bulu mata palsu Anda terasa gatal, lebih baik gunakan sisir spoolie dengan lembut. Tindakan ini juga bisa menjadi alternatif menghilangkan bulu mata yang terlepas dari perekatnya.

Apabila mata Anda terasa gatal, cobalah untuk menyisir kembali extension bulu mata dan membersihkanya dengan micellar water. Umumnya, rasa gatal ini ditimbulkan karena bulu mata yang kusut dan kotor. 

Itulah beberapa hal yang bisa Anda dilakukan untuk perawatan bulu mata selama masa karantina corona. Jika timbul iritasi dan ruam, jangan ragu menghubungi expert extensions bulu mata untuk konsultasi. Anda juga bisa bertanya mengenai keluhan tersebut pada dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar