Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Hindari Pakai Sarung Tangan saat Belanja selama Pandemi COVID-19

Hindari Pakai Sarung Tangan saat Belanja selama Pandemi COVID-19

Bukan menghindari Anda dari virus corona, tapi sarung tangan justru membuat virus bisa menempel pada tubuh. Yuk cari tahu di sini!

Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, banyak masyarakat yang jadi sadar akan pentingnya kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Mulai dari memakai masker kemana-mana, cuci tangan setiap habis menyentuh barang, sampai pakai sarung tangan ketika berbelanja.

Tapi, tahukah Anda bahwa penggunaan sarung tangan sebenarnya tidak dianjurkan ketika sedang berbelanja?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) membuat beberapa rekomendasi tentang cara mengurangi risiko COVID-19 saat Anda bepergian. Di antaranya adalah menghindari kontak dekat atau menyentuh wajah, menutupi hidung dan mulut dengan masker, serta sering mencuci tangan.

Melansir Healthline, sampai saat ini CDC sendiri belum merekomendasikan penggunaan sarung tangan untuk kegiatan sehari-hari, termasuk ketika berbelanja kebutuhan rumah tangga.

Namun, memang ada beberapa pengecualian untuk beberapa kegiatan, seperti menyentuh tombol lift, memegang pegangan pompa gas, mengangkat bak sampah, dan segala kegiatan yang dilakukan tim medis di rumah sakit.

David Cutler, salah satu dokter pengobatan keluarga di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica California mengatakan, dalam penanganan maupun pencegahan COVID-19, tidak ada manfaat medis ketika menggunakan sarung tangan di pusat perbelanjaan.

“Dengan atau tanpa sarung tangan, jika Anda menyentuh sesuatu lalu menyentuh benda lain, maka Anda berpotensi menularkan virus dari satu tempat ke tempat lain. Sarung tangan justru juga bisa membuat Anda jadi malas cuci tangan,” ujar David.

Selain itu, Elizabeth Rossiaky, MS, BCBA (analis perilaku bersertifikat yang berpraktik di Frankfort, Illinois), juga setuju bahwa sarung tangan sama sekali tidak menggantikan cuci tangan atau pedoman CDC lainnya.

“Anda mungkin akan merasa sangat aman ketika menggunakan sarung tangan. Anda berpikir bahwa tidak ada kuman yang bisa masuk ke dalam tangan sehingga hal ini dijadikan alasan tidak mencuci tangan. Padahal, mencuci tangan dengan air dan sabun masih jadi cara pencegahan virus corona paling bagus,” kata Elizabeth.

Artikel Lainnya: Perhatikan, Ini 5 Gejala Virus Corona yang Tidak Biasa

1 dari 3 halaman

Pakai Sarung Tangan saat Belanja Tidak Efektif

Dikutip dari Women’s Health, adapun beberapa poin yang menjadi alasan mengapa sarung tangan tidak efektif dalam pencegahan virus corona, yaitu:

1. Sarung Tangan Buat Anda Tidak Waspada

Ketika menggunakan sarung tangan, mungkin akan terlintas dalam pikiran bahwa tangan secara keseluruhan terlindungi dengan sarung tangan. Kegiatan cuci tangan pun tidak dilakukan setelah bepergian.

Padahal, mencuci tangan sehabis pergi dari luar rumah wajib dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

2. Tidak Paham Cara Melepas Sarung Tangan yang Benar

Tidak semua orang mengerti bagaimana cara melepas sarung tangan dengan benar. Jika main asal lepas tanpa tahu prosedur yang tepat, maka sarung tangan bisa jadi media “sempurna” untuk virus menempel pada kulit tangan.

Untuk itu, pastikan Anda mengetahui langkah-langkah melepas sarung tangan yang benar, yaitu:

  • Lepas salah satu sarung tangan terlebih dahulu dengan menarik bagian luar, dan tarik ke atas hingga bagian luar sarung tangan berada di dalam.
  • Genggam sarung tangan yang sudah dilepas.
  • Masukkan tangan yang sudah tidak memakai sarung ke tangan lainnya, lalu secara perlahan tarik satu per satu tangan, kemudian balikkan kembali bagian luar jadi ke bagian dalam.
  • Genggam kedua sarung tangan dengan posisi sarung tangan bagian dalam berada di luar, lalu buang ke tempat sampah.
  • Cuci tangan dengan air dan sabun.

Artikel Lainnya: Daftar Rumah Sakit Rujukan Pasien COVID-19 di Seluruh Indonesia

2 dari 3 halaman

Sarung Tangan Diutamakan untuk Petugas Medis

Dokter Alvin Nursalim, Sp.PD sebenarnya juga tidak terlalu menyarankan untuk menggunakan sarung tangan dalam kegiatan sehari-hari seperti berbelanja. Karena, sarung tangan sebenarnya lebih diutamakan untuk para petugas medis di rumah sakit.

Selain itu, sarung tangan yang salah penggunaannya justru bisa menjadi sarana penyebaran kuman karena menyentuh barang di sana-sini tanpa dibersihkan.

Karenanya, dr. Alvin lebih menyarankan agar Anda lebih giat mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Bila tidak memungkinkan, bisa gunakan hand sanitizer sebagai gantinya.

Jika Anda adalah satu dari banyak orang yang menggunakan sarung tangan untuk berbelanja maupun bepergian, maka sebaiknya hindari kebiasaan ini karena tidak membantu mencegah penularan virus corona.

Sebagai gantinya, gunakan aplikasi belanja online, atau langsung cuci tangan sehabis menyentuh barang-barang di pusat perbelanjaan. Sudah banyak beberapa toko dan penyedia bahan makanan yang menyediakan layanan pesan-antar agar kebutuhan tetap terpenuhi selama #DiRumahAja.

Yuk sama-sama kita putus rantai penularan COVID-19! KlikDokter bekerja sama dengan Kemenkes RI dan BNPB merilis cek risiko virus corona online dan rapid test gratis yang bisa Anda manfaatkan.

Pakai sarung tangan saat belanja bukan berarti bikin penularan COVID-19 makin terkendali, lho. Ikuti protokol yang benar dan cari tahu tips kesehatan informatif dari KlikDokter!

(FR/RPA)

1 Komentar