Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Pentingnya Pakai Pasta Gigi Berbahan Herbal untuk Gigi Sensitif

Pentingnya Pakai Pasta Gigi Berbahan Herbal untuk Gigi Sensitif

Pasta gigi berbahan herbal bisa menjadi solusi efektif untuk membantu mengatasi gigi sensitif. Pilih yang mengandung bahan herbal ini!

Klikdokter.com, Jakarta Gigi sering ngilu setelah makan es krim atau cokelat panas? Jika ya, bisa jadi Anda memiliki gigi sensitif. Perawatannya tak sulit, kok, salah satunya adalah menggunakan pasta gigi yang tepat.

Nah, pasta gigi berbahan herbal bisa efektif membantu mengatasi kondisi ini. Bahan herbal seperti apa yang dicari?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, perlu diketahui bahwa gigi sensitif atau hipersensitivitas dentin adalah sebuah kondisi multifaktorial yang umum ditandai dengan timbulnya rasa sakit yang menusuk dan singkat, sebagai respons terhadap rangsangan evaporatif, termal, osmotik, taktil, atau kimiawi.

Penyebabnya beragam. Mulai dari gigi retak atau patah akibat trauma, atau kebiasaan bruksisme (menggemeretakkan gigi pada rahang atas dan rahang bawah secara berulang, yang biasanya tanpa sadar dilakukan saat tidur).

Selain itu, tambalan gigi yang sudah usang, terpaparnya bagian akar akibat perlekatan gusi yang lepas umumnya karena teknik menyikat gigi yang salah, kerusakan gigi karena gigi berlubang, dan pasca pemutihan gigi juga bisa menjadi penyebab gigi sensitif.

Masalah kesehatan ini sering muncul saat mengonsumsi minuman atau makanan yang panas, dingin, asam, menyikat gigi, bahkan saat bernapas dengan mulut.

Hal ini dapat diasumsikan bahwa stimulasi yang menyakitkan meningkatkan aliran cairan dalam tubulus dentin, sehingga merangsang baroreseptor dan menyebabkan timbulnya sensasi nyeri.

Oleh karena itu, pengobatan yang ideal untuk kondisi gigi sensitif ini adalah dengan  memblokir tubulus dentin yang terbuka atau menutup jalannya aliran cairan di dalam tubulus dentin.

Perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan aplikasi dentin sealer seperti resin komposit, glass ionomer atau penggunaan garam potasium, kalsium fosfat, fluorida, strontium, oksalat, glutaraldehida, dan formaldehida untuk menyumbat bagian tubulus.

Selain itu, perawatan laser atau operasi plastik pada mucogingival dan penggunaan pasta gigi desentisisasi berbahan herbal juga dapat menjadi alternatif lainnya.

1 dari 2 halaman

Pentingnya pasta gigi herbal untuk penanganan gigi sensitif

Kebanyakan pemilih gigi sensitif akan beralih ke pasta gigi khusus gigi sensitif yang sudah banyak tersedia di pasaran. Kandungan di dalamnya  dapat menghalangi tubulus di dentin yang terbuka, sehingga rangsangan yang dapat memicu rasa sensitif pada gigi tidak sampai memicu saraf.

Selain membantu mengatasi gigi sensitif, pasta gigi untuk gigi sensitif yang berbahan herbal juga punya nilai lebih, misalnya menambah kesegaran dalam mulut. Bahan herbal pada dasarnya sudah digunakan selama bertahun-tahun, termasuk dalam dunia kedokteran gigi.

Pemakaian bahan herbal terus berkembang pesat di seluruh dunia. Banyak orang menggunakan obat-obatan herbal atau produk herbal sebagai perawatan kesehatan mereka, termasuk untuk gigi dan mulut.

Ekstrak herbal telah digunakan dalam kedokteran gigi untuk mengurangi peradangan, sebagai agen plak antimikroba, untuk mencegah pelepasan histamin dan sebagai antiseptik, antioksidan, anti-mikroba, anti-jamur, antibakteri, anti-virus, dan analgesik.

Bahan-bahan herbal juga membantu penyembuhan dan efektif dalam mengendalikan plak mikroba pada kasus gingivitis dan periodontitis, dan dengan demikian akan meningkatkan kekebalan pada tubuh.

Beberapa bahan herbal yang sering digunakan, di antaranya adalah eucalyptus dan fennel (adas). Bahan tersebut banyak dalam produk perawatan gigi dan mulut untuk sifat antiseptiknya dan dapat digunakan sendiri sebagai penyegar napas dan untuk perawatan gusi dalam bentuk minyak adas.

Ekstrak biji adas menghambat pertumbuhan mikroorganisme, terutama Streptococcus mutans yang bertanggung jawab atas karies gigi dan penyakit periodontal.

Pasta gigi Sensodyne Herbal mengandung eucalyptus dan fennel. Sensodyne Herbal adalah pasta gigi yang dibuat khusus untuk membantu pasien dengan gigi sensitif.

Sensodyne Herbal dapat menenangkan saraf dan menghalangi transmisi rasa sakit ke otak, sehingga sensitivitas gigi bisa berkurang. Selain itu, ekstrak eucalyptus, fennel, serta kandungan Sensodyne Herbal lainnya yang didukung dengan kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari

Terutama untuk pemilik gigi sensitif yang menyukai bahan herbal, pasta gigi Sensodyne Herbal adalah solusi tepat untuk membantu mengatasi permasalahan gigi sensitif. Napas segar, kebersihan rongga mulut pun terjaga.

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar