Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Jadi Mitra Kemenkes RI dan BNPB, KlikDokter Gelar Rapid Test Gratis!

Jadi Mitra Kemenkes RI dan BNPB, KlikDokter Gelar Rapid Test Gratis!

Resmi jadi mitra kemenkes RI dan BNPB, kini Anda bisa rapid test gratis di KlikDokter. Ini informasi lengkapnya.

Meningkatnya jumlah pasien positif virus corona di Indonesia semakin memprihatinkan. Angka ini muncul saat masyarakat Indonesia banyak yang sudah melakukan rapid test. Namun, tidak sedikit juga masyarakat yang belum menjalani rapid test.

Keterbatasan sarana dan prasarana untuk mengadakan rapid test memang jadi masalah yang cukup serius di Indonesia. Akibatnya, banyak warga yang sebenarnya sudah terinfeksi positif coronavirus, tapi tidak mengetahui kondisinya tersebut.

KlikDokter Resmi Bekerjasama dengan Kemenkes dan BNPB

Kementerian Kesehatan Indonesia serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana, menunjuk KlikDokter sebagai platform kesehatan digital untuk membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan dan pemberantasan COVID-19.

Sebagai bentuk bantuan tersebut, KlikDokter meluncurkan fitur risk assessment yang berbentuk pelaksanaan rapid test massal.

Fungsi dari rapid test bertujuan untuk menekan laju penyebaran virus corona dan tindak cepat dalam menangani masyarakat yang mungkin memiliki risiko terpapar COVID-19.

Rapid test massal ini merupakan program lanjutan dari KlikDokter yang sebelumnya sudah berjalan. Antara lain seperti fitur cek risiko infeksi virus corona, layanan edukasi melalui artikel dari sumber terpercaya, layanan chat dokter 24 jam, dan pengantaran obat maupun vitamin yang dibutuhkan oleh pasien.

Artikel Lainnya: Perhatikan, Ini 5 Gejala Virus Corona yang Tidak Biasa

1 dari 3 halaman

Rapid Test KlikDokter Bekerjasama dengan Sejumlah Rumah Sakit

Agar fitur risk assessment ini dapat merangkul berbagai kalangan masyarakat, terutama yang berisiko tinggi tertular COVID-19. KlikDokter bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit berstandar Medical Compliance untuk menjadi lokasi pelaksanaan rapid test.

Ada pun beberapa rumah sakit yang telah bekerjasama dengan KlikDokter dalam pelaksanaan rapid test yaitu, RS EMC Tangerang, EMC Sentul, RZ Azra Bogor, RS Husada Utama Surabaya, dan RS Mitra Keluarga Kelapa Gading.

Dino Bramanto, selaku Direktur Utama KlikDokter mengatakan dengan adanya dukungan teknologi yang dimiliki oleh KlikDokter, dirinya dan seluruh tim berkomitmen untuk melakukan skrining awal yang sifatnya akurat, aman, cepat, dan tentunya mudah untuk dilakukan.

Rapid test ini juga akan dilakukan sesuai dengan imbauan pemerintah untuk tetap melakukan physical distancing agar keselamatan dan keamanan masyarakat dan mitra kami juga terjamin.

Untuk itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada rumah sakit rekanan kami yang ikut membantu KlikDokter dalam mewujudkan komitmen penanggulangan COVID-19,” ujar Dino.

Tidak hanya di area Jabodetabek dan Surabaya saja, rapid test bagi pelanggan KlikDokter ini nantinya akan terus diperluas ke berbagai wilayah bersama Kemenkes, BNPB, serta pemerintah dalam menanggulangi penyebaran coronavirus.

Artikel Lainnya: Waspada! WHO Peringatkan Adanya Peredaran Obat Virus Corona Palsu!

2 dari 3 halaman

Rapid Test Dilakukan Gratis!

Layanan ini tidak dikenakan biaya dan berlaku 1 kali tes gratis untuk alat rapid test kit-nya. Pasien hanya akan dikenakan biaya pengganti untuk jasa dan peralatan pelindung tenaga medis.

Rapid test dari KlikDokter ini mulai berlaku besok, Selasa 21 April 2020, dan dilaksanakan di rumah sakit rekanan seperti sudah disebutkan sebelumnya.

Pendaftaran dan pembayaran administrasi sendiri dapat dilakukan melalui aplikasi KlikDokter sesuai dengan syarat serta ketentuan yang sudah berlaku.

Prosesnya tergolong mudah, karena pasien hanya perlu klik banner ads  “Cek Risiko Corona” yang ada di sini atau di layar aplikasi KlikDokter.

Setelah itu, Anda langsung dapat memilih rumah sakit yang telah bekerjasama dengan KlikDokter, kemudian melakukan perjanjian temu dan konsultasi secara daring dengan dokter yang sudah terdaftar.

Pemeriksaan rapid test ini akan menggunakan sampel darah untuk diuji. Darah yang diambil kemudian akan digunakan untuk mendeteksi imunoglobulin, yakni antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi. Sehingga, pasien yang sudah berada pada tahap awal infeksi dapat diidentifikasi dan diobati lebih cepat.

Pasien yang telah mengikuti rapid test akan mendapatkan konsultasi dengan dokter-dokter terpercaya yang sudah bekerjasama dengan KlikDokter agar mendapatkan penanganan tepat.

KlikDokter juga mendorong masyarakat agar tidak takut dan malu untuk memeriksakan diri. Jika memiliki gejala dan pernah kontak dengan orang lain atau baru saja melakukan perjalanan dari negara yang juga terinfeksi COVID-19, segera lakukan rapid test.

Semakin cepat terdeteksi dan semakin cepat pengobatan, maka semakin besar peluang untuk kesembuhan.

Untuk itu, tunggu apa lagi? Yuk, segera unduh aplikasi KlikDokter di ponsel pintar Anda, dan segera daftarkan diri Anda untuk melakukan rapid test COVID-19, ya!

(OVI/AYU)

5 Komentar