Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Katanya Masturbasi Bisa Buat Wajah Jadi Jerawatan, Benarkah?

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Katanya Masturbasi Bisa Buat Wajah Jadi Jerawatan, Benarkah?

Masturbasi bisa dilakukan siapa saja, namun identik dilakukan oleh remaja. Lalu, benarkah masturbasi yang dilakukan oleh remaja bisa menyebabkan wajah berjerawat?

Memiliki wajah yang bersih tanpa noda tentu jadi impian bagi banyak orang. Tidak hanya wanita, tapi pria juga pasti ingin punya wajah yang bersih. Sayangnya, ada saja faktor yang menyebabkan wajah terlihat tidak bersih, salah satunya karena muncul jerawat. Terlebih, jerawat pada wajah katanya disebabkan karena sering masturbasi. Benarkah demikian?

Kebiasaan Masturbasi Muncul Bersamaan dengan Pubertas

Dalam pandangan medis, masturbasi adalah tindakan rangsangan seksual pada alat kelamin yang sengaja dilakukan untuk mencapai ejakulasi atau orgasme. Tidak hanya pria, tapi wanita juga bisa melakukan masturbasi.

Umumnya, masturbasi dilakukan oleh para remaja yang baru masuk dalam masa pubertas. Biasanya, remaja melakukan masturbasi akibat penasaran dengan kegiatan seksual, atau apa pun yang berhubungan rangsangan seksual.

Ada berbagai macam mitos berkembang di masyarakat terkait masturbasi, salah satunya anggapan masturbasi yang dapat menyebabkan jerawat. Namun, apa benar seperti itu faktanya?

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, masturbasi tidak ada kaitannya dengan munculnya jerawat. Hanya saja, mungkin ini sering disalah artikan karena masturbasi mulanya dilakukan oleh remaja, yang saat itu juga kebetulan mengalami pubertas.

“Saat mengalami pubertas, maka akan ada hormon-hormon dalam tubuh seperti hormon testosteron, progesteron, estrogen yang akan meningkat. Peningkatan ini akan menyebabkan naiknya kadar sebum atau kelenjar minyak yang ada di pori-pori kulit, termasuk kulit wajah, ” ujar dr. Iqbal.

Hal inilah yang nantinya jadi faktor munculnya jerawat pada remaja. Jadi, yang menyebabkan jerawat bukan karena masturbasi. Namun, akibat adanya peningkatan hormon yang terjadi pada tubuh remaja.

Di sisi lain, masturbasi juga tidak memengaruhi seberapa banyak sebum yang dihasilkan tubuh Anda.

Perlu diingat, wajah masih bisa berjerawat, terlepas dari berapa usia Anda, sering atau tidaknya masturbasi, atau sudah pernah melakukan hubungan seksual atau belum.

Artikel Lainnya: Kenali Dampak Masturbasi pada Kesehatan Fisik dan Mental Pria

1 dari 3 halaman

Apa Sebenarnya Penyebab Munculnya Jerawat?

Melansir dari Health, jerawat sendiri sebenarnya muncul karena adanya pori-pori yang tersumbat oleh kotoran maupun minyak berlebih dari kulit.

Ada kalanya tubuh Anda justru gagal membuang seluruh sel kulit mati, sehingga sel tersebut jadi terperangkap di pori-pori dan dapat menimbulkan jerawat, komedo, dan flek hitam.

Dokter Iqbal juga menjelaskan jerawat tidak hanya muncul karena adanya perubahan hormon saat masa pubertas, tapi juga bisa muncul karena kurangnya kebersihan dari orang tersebut.

“Banyak anak remaja yang mungkin belum aware dengan kebersihan kulitnya. Tidak banyak juga anak remaja yang mengerti soal skin care dan produk perawatan kulit lainnya, sehingga pada masa ini jerawat memang banyak muncul, ” kata dr. Iqbal

“Terus, siapa pun yang jarang cuci muka, sering menyentuh wajahnya saat tangannya kotor, sering menggunakan makeup tapi jarang dibersihkan, wajahnya juga jadi lebih mungkin berjerawat ketimbang mereka yang sering membersihkan wajah dengan sabun cuci muka,” tambahnya.

Selain itu, sering menggunakan produk perawatan kulit yang salah juga bisa jadi faktor lainnya muka Anda berjerawat. Produk perawatan kulit yang tidak sesuai merupakan salah satu faktor penyebab jerawat muncul kembali.

Maka dari itu, Anda perlu menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu biasakan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk mengurangi munculnya jerawat.

Hal yang menyebabkan jerawat juga bisa dipicu oleh kondisi stres di dalam diri Anda. Ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon androgen yang memicu kelenjar minyak dan folikel rambut, sehingga jerawat bisa muncul.

Artikel Lainnya: 7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Picu Munculnya Jerawat

2 dari 3 halaman

Adakah Pengaruh Masturbasi pada Kesehatan Wajah?

Berbanding terbalik dengan mitos yang beredar, masturbasi justru memiliki manfaat yang berkaitan dengan kesehatan kulit wajah.

Dokter Iqbal menjelaskan masturbasi maupun kegiatan seks lain yang menyebabkan ejakulasi atau orgasme akan meningkatkan hormon dalam tubuh, misalnya hormon endorfin. Nah, hal ini akan meningkatkan dan membuat seseorang jadi lebih bahagia.

“Secara tidak langsung, orang yang merasa bahagia akan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan membuat kulit mereka jadi lebih awet mudah dan kenyal,” papar dr. Iqbal.

“Selain itu, keluarnya oksitosin bisa menekan hormon stres (kortisol) yang nantinya dapat mencegah penuaan dini. Antioksidan juga akan muncul dan menangkal radikal bebas yang bisa buat kulit jadi meradang, ” tutupnya.

Setelah mengetahui beberapa fakta seputar masturbasi dan jerawat di atas, kini Anda tidak perlu khawatir lagi jika melakukan masturbasi.

Meski begitu, masturbasi juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya seperti, ejakulasi dini, permasalahan pada kehidupan seksual, bahkan meningkatkan risiko depresi.

Apabila mau tahu lebih lanjut tentang manfaat dan dampak masturbasi ataupun masalah jerawat di masa pubertas, sebaiknya konsultasi ke dokter, ya. Agar lebih praktis, Anda bisa konsultasi online dengan dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar