Sukses

Kenali Hal-Hal yang Dapat Melemahkan Imunitas Kulit

Beberapa hal yang ada di sekitar Anda bisa mengganggu fungsi imunitas kulit. Waspadai dan hindari sekarang juga agar Anda tidak mudah sakit!

Kulit adalah organ paling besar yang ada di tubuh manusia. Tidak hanya berfungsi estetika, kulit juga memiliki imunitas yang bermanfaat untuk menangkal penyakit. Medis menyebut ini sebagai imunitas kulit.

Perlu Anda ketahui bahwa dunia medis sempat melihat kulit hanya sebagai lapisan statis yang melindungi organ dalam dari paparan dunia luar. Seiring berkembangnya zaman, penelitian-penelitian terkini menemukan bahwa fungsi kulit manusia ternyata lebih hebat daripada itu.

Fungsi Kulit Manusia

Faktanya, sel-sel kulit manusia dapat secara aktif menjaga hubungan antarsel tetap baik. Di samping itu, kulit juga memproduksi zat kimia yang berperan layaknya antibiotik untuk melindungi tubuh secara keseluruhan dari ancaman kuman berbahaya.

Kulit pun menyediakan proteksi bagi tubuh dengan menjadi sawar (pelindung) dari bahan-bahan kimia. Selain itu, kulit berperan menjaga tubuh dari trauma, radiasi sinar matahari, juga berbagai toksin serta polutan dari lingkungan.

Namun, untuk bisa memiliki seluruh manfaat tersebut, kulit mesti dijaga kesehatannya. Jika kondisinya luput diperhatikan, fungsi imunitas kulit akan menurun sehingga risiko terkena penyakit akan semakin meningkat.

1 dari 3 halaman

Akibat Imunitas Kulit yang Rendah

Bakteri adalah salah satu mikroorganisme yang sering membuat kulit menjadi merah-merah dan meradang. Infeksi bakteri pada kulit umumnya disebabkan oleh Staphylococcus aureus — jenis kuman yang memang sering ditemukan di permukaan kulit.

Selain bakteri, jamur juga merupakan mikroorganisme yang juga sering mengganggu kondisi kulit. Candida albicans merupakan jenis jamur yang sering menjadi biang kerok terjadinya ruam dan gatal-gatal.

2 dari 3 halaman

Hal yang Dapat Melemahkan Imunitas Kulit

Imunitas kulit yang baik berperan dalam menghambat pertumbuhan mikroorganisme berbahaya melalui AMP (Antimicrobial Peptide). AMP merupakan zat kimia yang diproduksi oleh sel kulit dan berperan sebagai antibiotik.

Fungsi tersebut bisa mengalami gangguan jika imunitas kulit Anda rendah. Adapun beberapa hal yang bisa melemahkan imunitas kulit, yaitu:

  • Kelembapan yang Tidak Terjaga

Imunitas kulit dapat berperan dengan baik jika integritas kulit terjaga dengan baik. Kulit yang kering cenderung lebih mudah untuk terluka dan mengalami iritasi.

Hal-hal yang bisa membuat kelembapan kulit berkurang, misalnya mandi menggunakan air yang terlalu panas, menggunakan sabun yang mengandung banyak detergen, tidak mengoleskan pelembap kulit secara berkala, dan kurang minum air putih.

  • Kebersihan yang Luput Diperhatikan

Kulit adalah organ terluar tubuh, sehingga sangat mudah kotor akibat keringat dan kondisi lingkungan—seperti polutan serta kotoran bagi mereka yang tinggal di daerah tropis.

Kulit yang tidak dijaga kebersihannya dapat meningkatkan risiko menumpuknya berbagai mikroogranisme berbahaya, yang pada akhirnya membuat Anda lebih berisiko untuk terserang penyakit. Untuk itu, mandi dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun merupakan cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan kulit.

  • Menggunakan Produk Perawatan yang Tidak Tepat

Memilih produk kulit sebaiknya dilakukan dengan saksama. Jika tidak, kulit bisa mengalami iritasi atau kering. Pada beberapa orang, menggunakan produk perawatan kulit secara sembarangan juga bisa menyebabkan reaksi alergi.

Kulit yang rusak akibat sembarang menggunakan produk perawatan bisa menurunkan fungsi imunitas yang dimiliki organ ini. Oleh karena itu, kuman berbahaya lebih mudah menempel, berkembang, dan menyebabkan penyakit.

  • Kurang Tidur

Tidur yang cukup membuat tubuh melakukan proses regenerasi untuk melakukan berbagai perbagikan pada organ, termasuk kulit, yang ‘rusak’. Jadi, apabila Anda kurang tidur, proses tersebut bisa saja mengalami gangguan.

Seperti telah diungkit sebelumnya, kulit yang rusak membuat fungsi imunitasnya berkurang. Karenanya, penyakit pun akan lebih mudah terjadi.

  • Pola Makan Tidak Sehat

Makanan sehat yang terdiri atas beragam sayur dan buah-buahan mengandung variasi vitamin yang dibutuhkan tubuh, termasuk untuk menjaga kondisi kulit agar tetap sehat.

Oleh sebab itu, jika Anda tidak menerapkan pola makan sehat, kulit bisa saja mengalami kerusakan yang berakibat pada menurunnya fungsi imunitas kulit.

Apakah ada beberapa hal di atas yang tanpa disadari Anda lakukan hingga menjadi kebiasaan? Jika ada, sebaiknya segera ubah dan perbaiki. Jangan sampai imunitas kulit yang jadi taruhannya, karena bisa berakibat pada terancamnya kesehatan Anda. Jaga imunitas kulit, turunkan risiko penyakit!

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar