Sukses

Ritual Kecantikan Unik, Amankah untuk Kesehatan?

Bukan sekadar pakai sheet mask atau melakukan eksfoliasi, perawatan kecantikan berikut ini lain daripada yang lain bahkan bisa bikin geleng-geleng kepala!

Perawatan kecantikan sebenarnya tidak baru nge-tren sekarang-sekarang saja. Sejak dulu, kaum hawa memang sudah punya ritual khusus supaya penampilan mereka terlihat cantik dan lebih menarik.

Ya, ada yang sekadar pakai krim atau skin care rumahan, dan ada yang rela merogoh kocek hingga jutaan rupiah untuk sekali perawatan di salon kecantikan.

Dari sekian banyak perawatan kecantikan, setidaknya ada lima treatment kecantikan unik yang kerap dilakukan sejumlah tokoh perempuan di masa lampau. Penasaran seperti apa treatment yang dimaksud? Ini dia ulasannya!

 

1 dari 6 halaman

Ratu Elizabeth I Pakai Makeup Berbahan Merkuri

Ratusan tahun lalu, demi menutupi kulitnya yang rusak akibat cacar, Ratu Elizabeth I memulaskan riasan yang sangat putih.

Kala itu, wanita dengan kulit putih pucat menandakan bahwa ia masih muda, subur, dan jarang bekerja di rumah. Karenanya, banyak wanita yang berlomba-lomba untuk memiliki kulit yang sangat putih, benar-benar “putih”.

Lantas, apa bahan pemutih tersebut? Ternyata, bahan pemutih itu terbuat dari campuran cuka dan timah! Mereka menyebutnya sebagai venetian ceruse. Bahan tersebut mengandung merkuri yang memang bisa memutihkan kulit.

Sayangnya, merkuri sangat beracun untuk tubuh. Bahan logam tersebut tidak bisa hancur di pembuluh darah dan sistem pencernaan.

Bila terpapar terus-menerus, kulit bisa merah, perih, dan mengelupas, organ dalam bisa rusak, lalu sistem kekebalan tubuh juga bisa menurun!

Artikel Lainnya: Mengenal Ragam Perawatan Kecantikan untuk Kulit

2 dari 6 halaman

Air Burung Merpati untuk Bersihkan Kulit Marie Antoinette

Marie Antoinette merupakan wanita paling cantik di Prancis pada zamannya. Supaya kecantikan kulitnya senantiasa terjaga, ada tips kecantikan unik yang kerap dilakukannya secara rutin untuk membersihkan kulit.

Sembari berendam di bathtub putihnya, ia mencampurkan jus bunga lili air dengan melon, lemon, dan mentimun. Masih terasa normal? Ia juga menambahkan remah-remah roti gulung khas Prancis.

Tak cukup sampai di situ, Antoinette juga menambahkan burung merpati ke dalam ramuannya!

Selain itu, terkadang ia juga mandi dengan air yang dicampur dengan kacang pinus, biji rami, dan kacang almond. Untuk melakukan eksfoliasi, wanita tersebut menggunakan bantalan kain yang diisi dengan beras.

Sedangkan untuk masker, Antoinette menggunakan campuran cognac, susu, lemon, dan putih telur.

Artikel Lainnya: Mengetahui Masa Layak Pakai Produk Perawatan Kulit

3 dari 6 halaman

Ratu Mary dari Skotlandia Berendam dengan White Wine

Ia gemar meletakkan minuman anggur putih di kamar mandi. Bukan untuk diminum, Ratu Mary justru menuangkan white wine ke dalam bak mandinya.

Ia percaya, white wine membuat kulitnya lebih sehat dan bahkan menghilangkan rasa nyeri.

Bukan sekadar fenomena di abad ke-16, hingga kini beberapa spa kontemporer juga menggunakan anggur sebagai bagian dari perawatan mereka.

Bicara soal manfaat wine, dr. Devia Irine Putri mengungkapkan, flavonoid dan resveratrol yang ada pada wine berfungsi untuk memperpanjang kehidupan sel serta mengurangi risiko kerusakan akibat paparan ultraviolet dan radikal bebas lainnya. Alhasil, bisa bikin awet muda!

Artikel Lainnya: Perawatan Kulit dengan Ampoule Lebih Canggih dari Serum?

4 dari 6 halaman

Ratu Elisabeth dari Austria Pakai Masker Sapi Muda

Kalau Marie Antoinette pakai daging burung merpati, Ratu Elisabeth dari Austria justru pakai daging mentah. Tapi tak dipakai berendam, daging sapi mentah tersebut diletakkan di wajahnya sebagai “sheet mask”.

Susu kambing pun sering dipakai sebagai campuran air mandinya. Dokter Andika Widyatama mengatakan, kandungan trigliserida dan asam lemak di dalam susu kambing bisa menjaga kelembapan kulit. Sehingga, kulit jadi lebih sehat dan tampak cerah!

“Kandungan vitamin A dalam susu kambing bisa pula memperbaiki sel-sel kulit. Kandungan asam laktatnya membantu membersihkan sel-sel lama pada kulit. Jadi, jangan heran bila sekarang Anda mendapati produk perawatan kecantikan berbahan susu kambing,” ungkap dr. Andika.

Artikel Lainnya: Hindari 4 Bahan Pengawet Ini dalam Produk Perawatan Kulit

5 dari 6 halaman

Ratu Cleopatra Mandi Pakai Susu Keledai

Untuk menjaga vitalitas dan kecantikan kulitnya, konon ratu yang legendaris ini secara teratur mandi dengan susu keledai.

Beberapa produk perawatan kulit sebenarnya telah menggunakan susu keledai sebagai bahan utama.

Karena, dipercaya dapat mengobati penyakit kulit seperti eksim dan penyakit kulit lainnya akibat kulit sensitif. Kebanyakan produk kecantikan dari susu keledai berupa sabun.

Tertarik mencoba? Dari lima tips kecantikan yang unik di atas, sepertinya yang paling wajar dilakukan adalah tips dari Ratu Mary, ya!

Sebab, hingga sekarang, ada juga pemandian yang menggunakan wine. Kalaupun tak mau ke pemandian umum, Anda juga bisa membeli sendiri minuman tersebut untuk dicampur di air berendam.

Punya pertanyaan seputar treatment kecantikan atau masalah kulit? Yuk, langsung saja konsultasikan hal tersebut pada dokter kami melalui fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar