Sukses

Cara Cepat Mengatasi Gigi Ngilu dan Bau Mulut

Gigi ngilu dan bau mulut memang dapat mengganggu penderitanya. Yuk, atasi dengan cara yang cepat. Salah satunya dengan menggunakan pasta gigi khusus.

Klikdokter.com, Jakarta Masalah gigi ngilu dan bau mulut merupakan kondisi yang sering dikeluhkan banyak orang. Selain menyakitkan untuk diri sendiri, kenyamanan orang di sekitar juga bisa terganggu. Dua kondisi ini umumnya bersumber dari kebersihan gigi dan mulut yang kurang terjaga dengan baik.

Bau mulut atau dalam istilah medis dikenal dengan halitosis, terjadi akibat sisa-sisa makanan yang tertinggal di rongga mulut. Sisa makanan ini akan membentuk suatu lapisan tipis yang lengket dan tidak berwarna, yang dikenal sebagai plak gigi.

Plak yang tidak dibersihkan dengan benar lama-lama akan menumpuk dan menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi. Jika dibiarkan dan tidak segera dirawat, plak gigi akan menyebabkan gigi sensitif yang memicu timbulnya rasa ngilu dan bau mulut.

1 dari 3 halaman

Mengatasi Gigi Ngilu dan Bau Mulut

Gigi ngilu dapat cepat diatasi dengan berbagai cara. Salah satu cara yang populer dilakukan adalah berkumur dengan air garam. Garam adalah antiseptik yang artinya efektif membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

Cara lain yang juga banyak digunakan adalah campuran madu dan air hangat. Madu, seperti sudah banyak dibuktikan, bersifat antiseptik dan antibakteri. Cairan manis ini pun dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan gigi ngilu.

Meskipun demikian, tak selamanya bahan-bahan di atas efektif dan cepat meredakan gejala gigi sensitif. Saat gigi ngilu semakin berat dan bau mulut makin menjadi, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter gigi untuk tahu penyebabnya.

Dokter gigi dapat merekomendasikan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif yang punya kandungan khusus. Salah satunya potasium nitrat.

Hal ini pun sudah diterima American Dental Association Council on Dental Therapeutics. Menurut lembaga tersebut, pasta gigi yang mengandung 5% potasium nitrat membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat hipersensitivitas dentin.

Kandungan ion kalium di dalamnya dapat menghalangi tubulus dentin yang terbuka atau mengurangi aliran cairan di dalam tubulus dentin. Dampaknya, rangsangan yang dapat memicu gigi sensitif pun tidak sampai ke saraf.

Selain itu, untuk memerangi bau mulut, penderita gigi sensitif dapat memilih pasta gigi yang memiliki kandungan bahan alami, seperti fennel dan eucalyptus.

Fennel atau Foeniculum Vulgare dikenal sebagai biji adas banyak digunakan pada produk perawatan gigi dan mulut karena sifat antiseptik yang ada di dalamnya. Tak hanya itu, fennel juga berkhasiat menyegarkan napas secara alami.

Benih-benih tanaman adas diproses melalui destilasi uap untuk menghasilkan minyak atsiri adas. Dengan merangsang produksi air liur, kandungan ini dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Sementara eucalyptus dapat dijumpai di daerah tertentu di Australia. Pohon ini digunakan untuk menghasilkan minyak kayu putih. Sifat mentol di dalamnya mengandung antibakteri yang membuat tanaman ini dapat mengatasi bau mulut secara efektif.

Menurut Journal of Periodontology, minyak ini efektif dalam menghilangkan penumpukan plak.  Minyak eucalyptus juga dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang dan penyakit gusi.

2 dari 3 halaman

Gunakan Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif

Itulah sebabnya, Anda yang memiliki masalah gigi ngilu dan bau mulut wajib menggunakan Sensodyne Herbal. Pasta gigi khusus untuk gigi sensitif ini efektif meredakan rasa ngilu dengan cepat sekaligus menghilangkan bau mulut mengganggu.

Dengan kandungan potasium nitrat serta bahan herbal fennel dan eucalyptus, Sensodyne Herbal memadukan teknologi modern dengan kebaikan alam untuk mengatasi gigi sensitif dan bau mulut dengan cepat.

Tentu Anda tak ingin berlama-lama mengalami gigi ngilu dan bau mulut, bukan? Saat punya keluhan ini, yuk atasi dengan cepat. Gunakan Sensodyne Herbal agar napas Anda segar dan gigi ngilu pun enggan datang.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar