Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Andrea Dian Sudah Sembuh dari Virus Corona, Ini Cerita Perawatannya

Andrea Dian Sudah Sembuh dari Virus Corona, Ini Cerita Perawatannya

Setelah positif terinfeksi virus corona beberapa waktu lalu, kini Andrea Dian dinyatakan sembuh! Begini perjuangannya melawan penyakit tersebut.

Bulan Maret lalu, aktris dan juga lifestyle influencer, Andrea Dian mengungkap dirinya positif virus corona. Setelah tiga minggu perawatan di rumah sakit, ia dinyatakan sembuh dari penyakit yang telah menginfeksi lebih dari 1.275.000 populasi dunia itu.

Lewat akun Instagram pribadinya, ia mengucapkan syukur kepada Tuhan bahwa dirinya telah dinyatakan sembuh—dua kali hasil tesnya negatif COVID-19.

Sebelumnya, istri dari aktor Ganindra Bimo tersebut terdiagnosis demam berdarah pada tanggal 13 Maret akibat gejala demam tinggi, lalu pulih dua hari kemudian. Namun, karena khawatir, ia melakukan cek toraks dan influenza, hasilnya pun bagus.

Akan tetapi, ketika dirinya melakukan scan paru, hasil menunjukkan bahwa ada flek di kedua paru-paru Andrea. Dari situ, ia melakukan tes swab untuk pengecekan virus corona pada tanggal 16 Maret.

Tanggal 18 Maret, ia dinyatakan positif terinfeksi SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19. Ia pun harus dirawat dan ikut diisolasi bersama pasien lainnya di rumah sakit rujukan. Tak hanya positif coronavirus, ia juga diketahui punya kondisi autoimun.

Artikel Lainnya: Hati-hati Virus Corona, Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasinya

1 dari 4 halaman

Konsumsi Makanan Bergizi Selama Perawatan

Baik buruknya kondisi seseorang bisa dipengaruhi makanan yang dikonsumsi. Lewat unggahannya di Instagram, ia juga menginformasikan bahwa dirinya selalu diberikan makanan sehat dan bergizi seimbang serta minum air putih yang cukup.

Pola makan sehat memang bisa memengaruhi daya tahan tubuh seseorang. Kepada KlikDokter, dr. Arina Heidyana setuju, bahwa sangat penting bagi manusia untuk mengonsumsi makanan sehat dan air putih yang cukup agar imunitas tubuhnya tetap terlindungi.

“Pokoknya wajib makan makanan yang banyak mengandung vitamin C, D dan juga E. Misalnya seperti jeruk, bayam, brokoli, alpukat, ikan, telur, susu dan kacang-kacangan, ” ujar dr. Arina.

Ia juga menambahkan untuk mendapatkan vitamin D yang cukup, juga disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi selama 20-30 menit.

“Tidak perlu sampai satu jam, dengan 20-30 menit berjemur di bawah matahari, Anda sudah memenuhi asupan vitamin D setiap harinya. Pilihlah waktu berjemur yang tepat, yakni sekitar jam 7 sampai jam 10 pagi, ” tambah dr. Arina.

2 dari 4 halaman

Tetap Rajin Olahraga

Selain menjaga pola makan, Andrea juga melakukan olahraga kecil-kecilan selama dirawat di rumah sakit. Ini ternyata penting karena olahraga mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh, membuat tubuh jadi segar, dan pikiran pun jadi relaks.

Jenis olahraga yang dilakukan oleh Andrea selama di rumah sakit antara lain:

  • Squat-walk-squat
  • Burpee
  • Bulgarian squat left-right
  • Push-up
  • Plank
  • Crunch

Artikel Lainnya: Waspada, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

3 dari 4 halaman

Sempat Diberikan Klorokuin, tapi Tidak Cocok

Melalui postingan InstaStory, Andrea Dian bercerita soal isolasi dan proses penyembuhan. Andrea mengatakan bahwa dirinya sempat mengonsumsi obat klorokuin sesuai anjuran dari dokter. Namun, obat tersebut tak cocok untuknya.

Ia mengalami efek samping seperti mual, muntah, pusing, jantung berdebar, napas pendek, dan tremor di tangan.

Dikatakan oleh dr. Arina, obat klorokuin bisa dibilang adalah obat yang multifungsi. Meski banyak digunakan, hingga saat ini obat tersebut belum terbukti ampuh dalam menangani virus corona karena belum ada hasil penelitian yang pasti.

“Obat klorokuin adalah obat antimalaria yang sekarang sebenarnya sudah jarang dipakai. Penggunaanya harus benar-benar diawasi dan sesuai dengan dosis dari dokter. Karena, jika dikonsumsi secara berlebihan, bisa menyebabkan kematian,” jelas dr. Arina.

“Ada pun efek samping yang bisa dirasakan oleh penderita meliputi sakit kepala, mual, muntah, diare, hingga penglihatan jadi kabur. Dalam kasus terburuk, efek sampingnya bisa menyebabkan kebutaan, tuli, reaksi alergi, sampai sesak napas,” ia memaparkan.

Maka dari itu, jangan langsung percaya obat yang digadang-gadang bisa menyembuhkan atau mencegah virus corona.

KlikDokter bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan BNPB meluncurkan layanan telemedicine cek kondisi terkait virus corona secara online di sini.

Selain itu, Anda juga bisa konsultasi tentang kesehatan atau penyakit lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter, yang akan langsung dijawab oleh dokter!

Kabar baik dari Andrea Dian yang sudah pulih dari virus corona semoga bisa membuat kita semua tetap positif. Tetap disiplin menerapkan langkah-langkah pencegahan sesuai imbauan otoritas kesehatan. Jaga pola hidup tetap sehat, jaga kebersihan diri dengan sesering mungkin cuci tangan, terapkan physical distancing dan tetap di rumah, serta tahun ini jangan mudik dulu, ya!

(RN/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar