Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Apa Benar Kandungan Echinacea pada Imboost Bisa Memperparah COVID-19?

Apa Benar Kandungan Echinacea pada Imboost Bisa Memperparah COVID-19?

Indonesia tengah berjuang menghadapi COVID-19. Sayangnya banyak hoax beredar. Salah satunya, info tentang kandungan Echinacea pada Imboost yang bisa perparah pasien terinfeksi virus corona.

Ditengah pandemi COVID-19 yang semakin parah di Indonesia, banyak orang berlomba-lomba untuk merogoh kocek dalam-dalam demi meningkatkan daya tahan tubuhnya. Tak ayal, dengan terus meningkatnya jumlah pasien positif terinfeksi virus corona membuat kepanikan tersendiri di tengah masyarakat.

Kepanikan muncul karena  tidak hanya di Indonesia saja yang tengah berjuang menangani pasien terinfeksi SARS-CoV-2, tetapi di seluruh dunia. Demi meningkatkan daya tahan tubuh, masyarakat mencari vitamin sebagai pendukung daya tahan tubuhnya. Berbagai suplemen kesehatan yang dijual untuk kalangan masyarakat laku keras, mulai dari yang herbal sampai vitamin keluaran pabrik.

Namun belum lama ini, beredar kabar tidak mengenakkan bagi industri farmasi penyedia vitamin yang saat ini beredar di pasaran. Kabarnya mengonsumsi suplemen vitamin yang mengandung Echinacea akan menghambat tingkat kesembuhan pasien yang terinfeksi COVID-19.

Benarkah? Yuk simak penjelasannya!

1 dari 3 halaman

Sekilas Mengenai Echinacea

Menurut dr. Jessica Florencia, Echinacea adalah salah satu tanaman herbal yang tumbuh di Amerika Utara dan Eropa. Seluruh bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan secara menyeluruh, baik bunga, daun, maupun akarnya. Tanaman echinacea mengandung zat aktif yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meredam peradangan atau inflamasi.

Sistem kekebalan tubuh dapat meningkat karena Echinacea dapat meningkatkan produksi, meningkatkan fungsi, dan meningkatkan pergerakan sel-sel imun yang berperan dalam melawan kuman dan infeksi. Selain itu, Echinacea juga mengandung senyawa alkamida yang berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, tanaman Echinacea telah banyak dipakai oleh masyarakat Amerika asli untuk mengatasi sakit kepala, selesma atau common cold, luka yang terinfeksi. Secara luas, Echinacea telah digunakan dalam ilmu pengobatan tradisional untuk mengatasi sakit gigi, kejang, artritis kronik, dan kejang. Karena manfaat anti peradangan dan peningkatan imunitas, penggunaannya masih terus diteliti agar dapat bermanfaat luas.

Artikel Lainnya: Hati-hati Virus Corona, Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasinya

2 dari 3 halaman

Benarkah Suplemen Vitamin Imboost dan Imboost Force Menghambat Penyembuhan COVID-19?

Beberapa waktu lalu, beredar informasi melalui dunia maya terkait salah satu suplemen bernama Imboost yang disebut dapat memperparah kondisi pasien positif virus corona.  Menurut kabar tersebut, suplemen yang mengandung Echinacea ini dapat membentuk sebuah zat yang malah makin berbahaya bagi tubuh.

Dalam pesan berantai yang muncul di dunia maya, juga menyebutkan bahwa pada pneumonia yang terjadi akibat COVID-19 terdapat peningkatan pelepasan  senyawa-senyawa peradangan termasuk IL-6 (Interleukin 6) dan meningkatkan respon peradangan yang berlebihan pada tubuh sehingga dapat menyebabkan kematian.

Faktanya, informasi tersebut hoax belaka. Hasil penelitian yang telah diteliti sebelumnya menunjukkan bahwa Echinacea menghambat atau menurunkan senyawa-senyawa peradangan termasuk IL-6.

Hal ini juga sejalan dengan Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), DR. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si., juga menegaskan bahwa pesan gambar yang menyatakan Echinacea dan propolis memiliki kontraindikasi terhadap COVID-19 adalah keliru atau hoax.

Artikel Lainnya: Waspada, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

Suplemen kesehatan, termasuk suplemen herbal Echinacea dan propolis mempunyai izin edar Badan POM yang telah melalui pengujian keamanan. Sehingga masyarakat umum dinyatakan aman untuk mengonsumsinya.

"Karena belum ada studi tentang hubungan antara COVID-19 dengan konsumsi Echinacea dan propolis, maka penarikan kesimpulan tentang kontra-indikasi COVID-19 terlalu dini," jelas dr. Inggrid dalam keterangan press release-nya.

Mengutip Warta Kota, DR. Raphael Aswin Susilowidodo, ST, M.Si, selaku Vice President Research & Development and Regulatory SOHO Global Health—perusahaan yang mengeluarkan produk Imboost — menjelaskan bahwa pesan gambar yang telah beredar sejak 24 Maret 2020 tentang kontra indikasi penggunaan suplement Immuno-bosting pada pasien COVID-19 tidak memiliki rujukan klinis yang valid.

Lebih lanjut lagi, Dr. Aswin menjelaskan bahwa, Echinacea purpurea yang terkandung dalam Imboost dan Imboost Force memiliki manfaat sebagai immunomodulator. Artinya, Echinacea dapat mengatur kerja sistem imun tubuh dan Echinace purpurea memainkan fungsi yang dapat menyesuaikan kebutuhan tubuh ketika sehat dan ketika menderita infeksi.

Pencegahan infeksi virus corona dianggap penting karena penyebaran virus corona yang mudah ditularkan melalui droplet seseorang yang terinfeksi dan dapat bertahan di permukaan benda. Apalagi, hingga saat ini vaksin COVID-19 belum ditemukan, sehingga kondisi saat ini harus mendorong diri untuk tetap menjalani pola hidup sehat dan menjaga kebersihan.

Pola hidup yang sehat yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan  konsumsi makanan gizi seimbang, rajin berolahraga, istirahat yang cukup, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan menggunakan masker, terutama bila berada di tengah keramaian.

Hindari dulu kontak fisik dengan orang lain, ini demi terhindar dari hal yang tak diinginkan. Anda juga bisa mengganti vitamin tablet dengan buah-buahan.

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar cek virus corona atau penyakit lainnya? Yuk, tanya langsung di fitur Live Chat. Di aplikasi KlikDokter, Anda juga bisa cek virus corona online. Buruan, klik di sini.

(RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar