Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Harus Beli Kebutuhan ke Pasar Saat Pandemik Virus Corona, Ini Caranya!

Harus Beli Kebutuhan ke Pasar Saat Pandemik Virus Corona, Ini Caranya!

Kalau Anda harus beli kebutuhan ke pasar saat masa pandemik virus corona, jangan sembarangan. Ketahui tips belanja agar Anda tetap aman.

Imbauan untuk physical distancing akibat pandemi virus corona memaksa sebagian orang tetap di rumah. Padahal, kebutuhan sehari-hari, seperti ikan, sayuran, dan buah, jalan terus! Untuk memenuhinya, tips belanja unik plus bikin geleng-geleng kepala pun terjadi baru-baru ini.

Dua orang mengenakan hazmat suit lengkap di sebuah supermarket tertangkap video berdurasi pendek. Video ini pun viral di jagat maya. Pakaian bak astronot tersebut menarik perhatian khalayak yang sedang berbelanja.

Keduanya bahkan sempat ditegur petugas karena dinilai mengusik ketenangan pengunjung lain. Untungnya, peristiwa tersebut tidak memicu keributan lebih lanjut.

Kronologis Orang Belanja Pakai APD

Dilansir dari Liputan6.com, peristiwa itu terjadi di Lotte Gandaria, Jakarta Selatan. Seorang pengunjung bernama Sagala mengungkapkan kronologi kejadian tersebut.

Dia melihat seorang wanita dan laki-laki menggunakan APD (alat pelindung diri) berwarna putih, lengkap dengan kacamata pelindung.

"Aku lihat cowok dan cewek menggunakan APD di Lotte belanja sekitar pukul 18.00 WIB, kemarin Sabtu (28/3)," kata Sagala, Minggu (29/3).

Kedua orang tersebut, kata Sagala, sempat ditegur pihak keamanan pusat perbelanjaan lantaran meresahkan pengunjung yang ingin berbelanja. Apalagi peristiwa tersebut terjadi di tengah darurat COVID-19.

Sementara itu, kecaman datang dari warganet. Mereka geram karena di saat tenaga medis kekurangan APD, dua orang itu malah menggunakannya hanya untuk berbelanja ke pasar swalayan.

Lantas, seperti bagaimana sih tips aman berbelanja ke pasar di tengah pandemi coronavirus saat ini?

Artikel Lainnya: Hati-hati Virus Corona, Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasinya

1 dari 2 halaman

Mengapa Harus Hati-hati Belanja Saat Pandemi Virus Corona?

Memang, belanja keluar rumah dalam masa pandemi virus corona harus berhati-hati. Itu karena virus ini sangat mudah menyebar melalui droplet atau cairan orang yang terinfeksi dan juga benda-benda yang sudah terkontaminasi.

Saat cairan atau  kuman yang ada di benda-benda tersebut berpindah ke mulut, mata, hidung Anda, infeksi bisa saja terjadi. Meskipun demikian, ini bukan berarti Anda perlu sampai perlu menggunakan hazmat suit lengkap. Itu namanya lebay!

Anda hanya diminta untuk menjaga jarak saat harus membeli kebutuhan di luar rumah. Pakai masker sebenarnya sudah cukup untuk membuat Anda terhindar dari coronavirus.

Jadi, bagaimana sih tips aman berbelanja di tengah pandemi virus corona?

Artikel Lainnya: Waspada, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

Ini Tips Belanja di Luar Saat Hadapi Virus Corona

Dokter Devia Irine Putri menjelaskan, membeli kebutuhan sehari-hari selama pandemi corona tidak dilarang. Hanya saja, sikap waspada tetap harus dilakukan.

Salah satunya adalah menggunakan masker saat sedang berbelanja untuk mencegah COVID-19 berpindah ke diri Anda melalui droplet.

Selain itu, menurut dr. Devia, tips lainnya adalah:

  1. Harus dalam Kondisi Sehat

Pastikan tubuh Anda dalam kondisi sehat sebelum keluar rumah. Kalau sakit atau tidak enak badan, lebih baik tetapi di rumah.

"Tapi kalau terpaksa harus keluar jangan lupa gunakan masker dan bawa hand sanitizer di tas. Tidak perlu pakai handscoon atau hazmat suit. Itu hanya untuk tenaga medis," ungkap dr. Devia.

Kalau ada wastafel plus sabun, pilih cuci tangan pakai ini. Pakai hand sanitizer ketika wastafel jauh dari jangkauan atau tidak ada.

  1. Jaga Jarak

Sebisa mungkin jaga jarak dengan orang sekitar di tempat belanja. Setidaknya 1 meter. Selain jarak, minimalkan sentuhan saat sedang berbicara dengan orang lain di pasar.

  1. Beli yang Dibutuhkan

Jangan membeli yang Anda inginkan, tapi apa yang dibutuhkan. Ini juga untuk menghindari panic buying.

"Beli yang sesuai kebutuhan. Buat daftar bahan-bahan atau alat rumah tangga yang memang sudah habis. Prioritaskan kebutuhan untuk 2 minggu ke depan," saran dr. Devia.

Artikel Lainnya: Tanda-tanda Seseorang Sudah Sembuh dari Virus Corona

  1. Pemilihan Waktu Belanja Harus Diperhatikan

"Pilih waktu belanja yang tepat. Kalau pagi pasti ramai, tapi bahan masih lengkap. Jadii harus ingat lakukan physical distancing saat belanja," tutur dr. Devia.

  1. Segera Pulang

Kalau sudah selesai berbelanja segera pulang. Jangan mampir, apalagi nongkrong dulu. Selain itu, dr. Devia menambahkan, agar mengingat protokol masuk rumah agar tidak bawa virus. Misalnya, cuci tangan, ganti baju, atau bahkan mandi dan keramas.

Itu adalah tips dari dr. Devia yang bisa Anda aplikasikan. Akan tetapi, dokter muda ini mengungkapkan bahwa sekarang banyak yang menyediakan jasa delivery service. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut.

"Jadi saat musim seperti ini kalau tidak bisa pergi belanja keluar rumah bisa memanfaatkan delivery service atau belanja online," sarannya.

Apa pun itu, pergi keluar untuk belanja kebutuhan sehari-hari tidak bisa dihindarkan. Ikuti tips-tips belanja di atas supaya Anda tidak tertular virus corona.

KlikDokter bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menekan angka persebaran virus corona. Karena itu, Anda bisa mendapatkan layanan cek virus corona secara online di aplikasi KlikDokter.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar