Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ramai Dicoba Saat WFH, Dalgona Coffee Sehat untuk Tubuh atau Tidak?

Ramai Dicoba Saat WFH, Dalgona Coffee Sehat untuk Tubuh atau Tidak?

Kopi dalgona muncul sebagai minuman untuk menemani para pekerja yang harus WFH karena virus corona. Apakah minuman ini sehat untuk tubuh, atau tidak?

Kebijakan pemerintah yang menyerukan aksi social distancing dengan berdiam diri di rumah, membuat para pekerja yang work from home jadi rindu akan ngopi di kafe. Namun, sekarang tidak perlu repot lagi saat ngidam kopi buatan barista. 

Sebab, kini ada tren dalgona coffee atau kopi dalgona yang mudah dibuat sendiri di rumah dan rasanya juga dijamin enak. Masalahnya, apakah kopi dalgona sehat untuk tubuh? Dan bagaimana cara membuatnya? Simak faktanya di sini. 

Sekilas Tentang Kopi Dalgona

Kopi dalgona awalnya muncul di negeri Ginseng, Korea Selatan. Kopi yang menghiasi linimasa beberapa media sosial ini, dibuat dengan bahan seperti air panas, gula, susu, dan kopi instan saja. 

Meski cara membuatnya mudah, kopi dalgona ini tetap punya ciri khas, yaitu adanya busa tebal dan kental di bagian atas minumannya 

Dikutip dari Kompas, dalgona sendiri pada dasarnya adalah jajanan manis khas Korea Selatan. Jajanan permen ini punya rasa manis dan teksturnya seperti spons. Nah, karena minuman berkafein ini dibuat menyerupai busa atau spons yang tebal, maka dinamakan sebagai kopi dalgona. 

Dengan tagar #DalgonaCoffee, tercatat sudah lebih dari 10 juta tampilan pada aplikasi TikTok. Tren kemudian segera menyebar ke Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube.

Artikel lainnya: 4 Cara Bikin Kebiasaan Minum Kopi Jadi Lebih Sehat

1 dari 4 halaman

Keunikan dari Kopi Dalgona

Kopi dalgona bisa dibuat hangat atau dingin bak ice latte. Meski dibuat dengan dua jenis, banyak orang yang mengatakan bahwa kopi ini rasanya benar-benar nikmat dan menjadi minuman wajib dicoba.

Kopi dalgona ini tidak seperti kopi latte biasa. Minuman ini terdiri dari lapisan kopi berbusa di bagian atas, dan susu cair di bagian bawahnya. 

Lapisan yang berbusa dibuat dengan mengocok kopi, gula, serta air panas berulang kali. Hasilnya, campuran bahan tersebut akan menghasilkan busa yang sangat lembut dan juga ringan. 

Perlu diketahui juga, busa yang dituang di atas susu tidak akan langsung tercampur seperti cairan kopi ice latte, ya. Jika diaduk, sebagian busa kopi akan tetap terasa meskipun sudah bercampur dengan susu, dan inilah yang menjadi keunikan dari kopi dalgona.

Menurut beberapa ahli kopi, rasa dalgona coffee ini enak. Seluruh proses pembuatan kopi dalgona pun cukup menyenangkan untuk ditonton. Tak jarang, banyak orang yang merekam dan mengunggah cara membuat kopi dalgona di media sosial.

Artikel lainnya: 6 Bahaya Kopi Instan Bagi Kesehatan Anda

2 dari 4 halaman

Apakah Sehat untuk Dikonsumsi?

Sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah, apakah kopi dalgona itu sehat atau tidak? Meski sangat banyak peminatnya, pertanyaan soal sehat atau tidak tetap terus didengungkan.

Kepada KlikDokter, dr. Devia Irine Putri mengatakan bahwa semua tergantung jumlah campurannya. Paling utama yang mesti dilihat adalah perbandingan dari gula dan kopinya.

"Itu semua tergantung formulanya. Perbandingan kopi dan gulanya juga perlu diperhatikan. Kalau gulanya banyak, ya, akan manis banget," ujar dr. Devia Irine.

Dokter Devia juga menyarankan, orang yang punya kondisi diabetes melitus harus sangat berhati-hati dalam mengonsumsi ini, apalagi kalau gulanya banyak.

Di sisi lain, dr. Devia menganjurkan, agar perbandingannya antara kopi dan gula sama rata. Lalu, agar tidak berbahaya bagi kesehatan, pakailah susu yang rendah lemak.

"Tapi, kalau perbandingannya 1:1, sih, masih oke. Susu yang dipakai juga bisa pakai yang full cream, bisa skim atau low fat," kata dr. Devia.

Artikel lainnya: Kopi Hijau Lebih Sehat bagi Tubuh, Benarkah?

3 dari 4 halaman

Ini Cara Membuat Kopi Dalgona

Cara membuat kopi dalgona bisa dilakukan di rumah dan hanya butuh tiga bahan dasar. Kopi ini juga bisa dinikmati kapan saja, terutama bagi Anda yang sudah mulai rindu akan ngopi di kafe. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 2 sdm kopi instan
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm air panas
  • ½ gelas susu dingin
  • Es batu sesuai kebutuhan

Cara membuatnya:

  • Campurkan kopi, air panas, dan gula dalam mangkuk. 
  • Aduk sampai kopi menjadi buih kental. Mengaduknya bisa pakai mixer elektronik atau dengan sendok yang dikocok cepat. 
  • Tuang susu ke dalam gelas dan tambahkan es batu.
  • Tambahkan busa kopi di atasnya
  • Sajikan selagi dingin atau hangat (tanpa es batu)

Jadi, meskipun kedai kopi di daerah Anda mungkin tutup, atau Anda tidak bisa ke kedai kopi karena harus di rumah, Anda tetap bisa menikmati kopi yang enak.

Apabila mau tahu lebih lanjut tentang manfaat minum kopi dalgona, atau bahan campuran lain yang lebih sehat, jangan ragu tanyakan ke dokter, ya. Untuk lebih praktis, Anda bisa konsultasi langsung ke dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter

(OVI/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar