Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Setelah dengan KEMENKES, Klikdokter Jalin Kerjasama dengan BNPB Terkait Penanganan COVID 19

Setelah dengan KEMENKES, Klikdokter Jalin Kerjasama dengan BNPB Terkait Penanganan COVID 19

Kemenkes dan BNPB bekerjasama dengan KlikDokter meluncurkan fitur layanan telemedicine untuk periksa mandiri COVID-19.

Peningkatan jumlah kasus infeksi virus corona di Indonesia terus meningkat setiap harinya. Data kasus hingga 25 Maret 2020, tercatat 790 kasus positif pasien terkonfirmasi COVID-19, 58 orang diantaranya dinyatakan meninggal. Kondisi tersebut membuat masyarakat panik dengan melonjaknya jumlah kasus pasien positif terinfeksi virus corona. Tak sedikit masyarakat yang berbondong-bondong memeriksakan diri ke dokter demi memastikan tidak tertular virus corona.

Untuk itu, Pemerintah bersama PT. Medika Komunika Teknologi (KlikDokter) yang merupakan anak usaha PT. Kalbe Farma, Tbk meresmikan kerjasama bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan meluncurkan inovasi teknologi kesehatan layanan telemedicine cek virus corona online COVID-19 untuk membantu pemerintah terkait penanganan COVID-19.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dilakukan hari ini Rabu 25/03/2020 di Jakarta. Nota kesepahaman (MoU) ini ditanda tangani oleh Bapak Let.Jend TNI. Doni Monardo, selaku Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Bapak Vidjongtius, President Direktur PT.Kalbe Farma Tbk.

Kolaborasi Kalbe melalui KlikDokter dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Kementerian Kesehatan ini akan membantu pemerintah dalam pemanfaatan infrastruktur, pencegahan dan penanganan, serta penyediaan edukasi dan informasi kepada masyarakat tentang langkah meminimalisir penyebaran virus corona (COVID-19).

"Di tengah pandemi COVID-19 yang baru muncul, saat ini, wajar bila banyak masyarakat yang bingung dengan berbagai informasi yang beredar. Namun penting agar masyarakat dapat berpikir positif dan memiliki pemahaman yang baik mengenai COVID-19," tutur Direktur Utama KlikDokter Dino Bramanto.

Layanan cek mandiri COVID-19 dan konsultasi telemedik ini didukung oleh ­­­­­ribuan dokter berlisensi dan berpengalaman bekerja sama dengan KlikDokter selama 24 jam. Layanan yang telah diluncurkan pada tanggal 20 Maret 2020 ini telah mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat serta sudah diakses oleh lebih dari jutaan pengguna. Pengguna dapat langsung mengaksesnya pada laman cek virus corona online KlikDokter tanpa dipungut biaya.

Lewat laman KlikDokter, pengguna dapat langsung berinteraksi dengan dokter-dokter yang telah terverifikasi oleh tim dari KlikDokter yang aktif secara daring selama 24 jam. Layanan cek mandiri COVID-19 ini akan membantu Anda mengenai COVID-19 mulai dari apakah Anda ingin bertanya seputar bagaimana deteksi dini corona, daftar rumah sakit rujukan kasus corona, data terkini tentang jumlah kasus positif corona baik di Indonesia maupun di negara lain, info-info seputar virus corona, berita hoax mengenai virus corona, dan berkonsultasi dengan dokter.

Apabila ada dugaan menderita COVID-19, dokter dari KlikDokter akan berupaya melakukan penanganan dengan meminta pengguna tetap di rumah, menerapkan isolasi di rumah dan obat yang diresepkan akan diantar ke rumah pengguna. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kontak penderita COVID-19 dengan orang lain dan memutus rantai penyebaran penyakit.

Bila membutuhkan penanganan dan tindakan lebih lanjut, penderita akan dirujuk ke rumah sakit rujukan. Mitra dokter KlikDokter telah mendapatkan pelatihan dan memiliki pengetahuan yang memadai sesuai anjuran Pemerintah dan WHO mengenai COVID-19, supaya bisa memberikan konsultasi yang tepat untuk masyarakat. KlikDokter telah menyiagakan lebih banyak dokter sehingga masyarakat bisa berkonsultasi secara gratis saat ini kepada dokter di kategori COVID-19 kapanpun dan dimanapun.

Selain itu, KlikDokter bersama PT.Kalbe Farma Tbk mendukung Kementerian Kesehatan dalam menyediakan peralatan dan perlengkapan kesehatan seperti masker, rapid test, alat pelindung diri (APD), hand sanitizer, fasilitas laboratorium untuk pengujian Covid-19 dengan Polymerase Chain Reaction (PCR), menjamin ketersediaan produk vitamin dan nutrisi untuk para tenaga medis dan rumah sakit, serta produk atau layanan kesehatan lainnya.

Inovasi telemedicine ini sebagai bentuk KlikDokter bersama Kalbe untuk memperkuat upaya Pemerintah menangani pandemi COVID-19. Berdasar data World Health Organization, sekitar 80% pasien COVID-19 di dunia hanya mengalami gejala ringan, dan bisa sembuh dengan perawatan di rumah tanpa perlu dirawat di rumah sakit. Layanan telemedicine membantu pemerintah untuk fokus dalam menangani dan mengobati pasien COVID-19 yang berada di kategori risiko menengah sampai tinggi.

KlikDokter, melalaui layanan cek mandiri COVID-19 ini, mengimbau masyarakat agar tidak takut dan malu untuk memeriksakan diri, jika memiliki gejala. Keterbukaan masyarakat terhadap informasi kesehatan yang dimiliki menjadi kunci untuk mendeteksi penyebaran virus corona dan mempercepat proses pengobatan yang dilakukan serta memperbesar peluang pasien yang terinfeksi virus corona untuk sembuh. Data dan kerahasiaan medis pasien tentu saja dilindungi oleh UU No. 29 Tahun 2004, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Punya masalah kesehatan dan ingin berkonsultasi dengan dokter? Gunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter, mudah dan bebas antre.

2 Komentar