Sukses

Inilah yang Terjadi di dalam Mulut Anda ketika Tidur

Kuman bisa dengan mudahnya mengancam kesehatan gigi dan mulut ketika Anda sedang terlelap di malam hari. Jangan abai, lakukan perlawanan dengan sikat gigi malam hari!

Klikdokter.com, Jakarta Sudahkah Anda menjaga kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh? Jika belum, coba introspeksi lagi. Jangan-jangan, Anda masih setengah-setengah dalam merawat kesehatan gigi dan mulut sendiri?

Fakta dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menyebutkan bahwa 2,8% orang Indonesia belum menyikat gigi di waktu yang benar, yaitu sesudah makan pagi dan sebelum tidur.

Padahal salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan rutin menyikat gigi dan menerapkan cara menyikat gigi yang benar. Tak hanya membuat gigi lebih bersih, kebiasaan menyikat gigi juga dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit gigi dan mulut. Karena itulah, kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut masih perlu ditingkatkan.

Waktu Penting Menyikat Gigi

Menyikat gigi dapat diartikan sebagai upaya membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan usai proses pengunyahan. Menyikat gigi bertujuan menghilangkan plak yang melekat pada gigi.

Mengapa gigi harus dibersihkan? Karena plak yang melekat pada gigi dalam waktu lama berpotensi menyebabkan salah satu penyakit yang ditakuti orang-orang, yaitu gigi berlubang.

Oleh karena itu, menyikat gigi menjadi hal penting yang harus dilakukan secara rutin setiap hari. Nah, waktu yang paling dianjurkan untuk sikat gigi adalah pagi hari setelah sarapan, dan malam hari sebelum tidur.

Sikat gigi di pagi hari mungkin sudah biasa Anda lakukan. Namun, bagaimana dengan siakt gigi malam hari sebelum tidur? Sudahkah Anda melakukannya dengan rutin setiap hari?

Perlu Anda tahu, saat tidur di malam hari, aliran air ludah yang berfungsi melindungi gigi akan mengalami penurunan. Hal ini bisa berdampak pada lemahnya perlindungan terhadap gigi, sehingga plak lebih mudah terbentuk.

Di saat bersamaan, kuman juga akan tumbuh subur pada kondisi mulut yang demikian. Dengan cepat, asam laktat yang keluar dari kuman bisa melarutkan email gigi. Inilah yang awal mula munculnya gigi berlubang, yang jika tidak diobati akan menimbulkan infeksi.

Tidak berhenti di situ, mengabaikan sikat gigi malam hari juga bisa menjadi pemicu terjadinya bau mulut (halitosis) dan masalah pada gusi, yang pada akhirnya bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Berangkat dari alasan tersebut, Anda sebaiknya jangan sampai lupa untuk menyikat gigi di malam hari menjelang tidur. Semakin rutin dilakukan, makin kecil pula risiko Anda mengalami gigi berlubang ataupun masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.

1 dari 2 halaman

Jaga Kesehatan Gigi dengan Ikut WOHD 2020

Dalam beberapa hari ke depan kita akan memperingati World Oral Health Day (WOHD). yang dilaksanakan setiap tanggal 20 Maret setiap tahunnya. Pelaksanaan WOHD 2020 bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut.

Momen ini terasa istimewa, karena dapat dijadikan sebagai langkah kecil untuk mengajak jutaan rakyat indonesia menjadi pahlawan senyum yang menyebarluaskan pentingnya memiliki gigi bersih tanpa penyakit.

Gigi putih dan mulut sehat yang teriring senyuman indah akan menyenangkan siapapun yang melihatnya. Ini juga sekaligus bisa menebarkan bahagia di sana dan sini, lho. Jadi, sudah siapkah Anda menjadi pahlawan senyum bagi diri sendiri, keluarga, dan orang banyak?

Yuk, berkontribusi dalam WOHD 2020 dengan mengikuti night brushing hour pada tanggal 20 Maret 2020 pukul 19.30. Bersama-sama kita akan melakukan sikat gigi malam hari sebelum tidur menggunakan produk Pepsodent sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Cari tahu lebih lanjut mengenai WOHD 2020 dan night brushing hour di @tanyapepsodent.

[Irfan Aryanto/RS]

0 Komentar

Belum ada komentar