Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Hati-hati, WFH Bisa Bikin Badan Melar, Ini Cara Mencegahnya

Hati-hati, WFH Bisa Bikin Badan Melar, Ini Cara Mencegahnya

Kerja dari rumah alias WFH kini banyak diterapkan. Tapi hati-hati, kerja dari rumah bisa buat badan melar. Bagaimana cara mencegah badan gemuk saat WFH?

Kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH) diambil beberapa perusahaan untuk meminimalkan penyebaran virus corona. Keputusan ini seturut dengan anjuran Presiden Joko Widodo agar masyarakat melakukan social distance dengan berada di rumah paling tidak selama 14 hari.

Menghindari tempat keramaian selama dua minggu ini dinilai efektif dalam menekan pandemi Covid-19 di beberapa negara. Akan tetapi, kerja dari rumah ternyata punya sisi lain yang bisa merugikan kesehatan. Salah Satunya adalah berpotensi mengerek kenaikan berat badan!

Mengapa WFH Bisa Bikin Badan Melar?

Membayangkan WFH mungkin terasa menyenangkan. Anda bisa bangun lebih siang, tidak perlu berdesakan di dalam transportasi umum, merasakan macet di pagi dan sore hari, plus bisa bersama keluarga sembari kerja.

Namun di sisi lain, bekerja dari rumah juga memungkinkan Anda bebas makan di rumah alias ngemil. Seperti Anda tahu, ngemil adalah salah satu penyebab berat gemuk. Di sisi lain, aktivitas ini juga dibarengi dengan pergerakan badan yang minim.

Misalnya saja, Anda duduk di depan laptop seharian, menerima telepon sambil duduk, bermain handphone sambil menonton televisi. Aktivitas-aktivitas ini tentu berisiko tinggi bikin Anda gemuk. Apalagi itu semua dilakukan dalam waktu yang lumayan lama, yakni 14 hari!

Artikel lainnya: Benarkah Bekerja dari Rumah Lebih Baik dibanding di Kantor?

1 dari 2 halaman

Ini Tips supaya WFH Tak Bikin Berat Badan Naik

Saat ini Anda merasa cemas karena WFH akan mendongkrak berat badan? Tenang! Coba lakukan cara mencegah badan gemuk gara-gara WFH berikut:

  1. Tetap Olahraga

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, berolahraga harus tetap dilakukan meski sedang bekerja di rumah. Lakukan olahraga minimal 30 menit per hari.

Ada berbagai macam olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah, seperti:

  • Naik turun tangga

Anda yang memiliki tangga di rumah, manfaatkanlah untuk olahraga. "Meski sederhana, naik turun tangga bisa efektif membakar lemak sekaligus mengencangkan otot di area paha, betis, dan perut," ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

Artikel lainnya: Viral Social Distancing dan WFH, Sebenarnya Mengapa Perlu Dilakukan?

  • Yoga

Disampaikan dr. Dyan Mega, kalau Anda suka dengan gerakan-gerakan lembut, mengalir, dan punya efek relaksasi, yoga adalah jawabannya. Anda tidak perlu memanggil instruktur mahal demi bisa yoga di rumah.

Sekarang pun sudah banyak panduan gerakan yoga mudah di YouTube yang bisa langsung Anda ikuti. Jangan lupa pemanasan sebelum mencoba gerakannya.

  • Lari di Treadmill

Bagi Anda yang punya treadmill, ini sangat baik dilakukan. Tidak usah berlama-lama, berlarilah selama 30 menit dengan kecepatan sedang. Dengan cara ini, Anda bisa membakar kalori sampai 183 kalori dan membuat jantung sehat.

  • Push-up dan Plank

Mau olahraga yang tidak banyak gerak tapi cukup efektif? Push-up dan plank adalah jawabannya! 

"Lakukan gerakan push-up klasik sebanyak 15 kali dengan 3 kali pengulangan. Berikan jeda antar pengulangan selama 10 detik untuk beristirahat. Gerakan push-up ini boleh dilakukan dengan tumpuan pada pangkal jari atau lutut, sesuai dengan kemampuan," kata dr. Dyan Mega.

Push-up jika dipadukan dengan plank akan bisa membakar kelebihan lemak di dalam tubuh.

  • Lari di Tempat

Karena menjaga social distance dan tidak punya treadmill, tidak masalah Anda berlari di tempat. Lakukan gerakan ini semampu Anda. Bisa juga lakukan 15-30 detik per sesinya.

  1. Simpan Camilan Sehat di Kulkas

Daripada ngemil tidak sehat, seperti gorengan dan keripik asin, lebih baik pilih makan yang sehat selama WFH. Cobalah simpan camilan sehat seperti buah dan yogurt.

"Jauhi snack instan seperti kemasan keripik misalnya hinggap di persediaan makanan Anda di pantry. Puding atau agar-agar juga dapat menjadi pilihan yang tepat," ujar dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

 

  1. Sediakan Air Putih

Jaga hidrasi dan tetap bertenaga dengan minum air putih. Taruhlah sebotol air mineral di meja kerja Anda. 

"Tidak hanya bebas kalori, air putih juga dapat memberikan sensasi penuh pada perut Anda sehingga dapat mengurangi keinginan ngemil," ungkap dr. Nadia.

Itulah tips bekerja dari rumah agar Anda bisa tetap sehat dan nyaman selama WFH. Pekerjaan pun tidak terbengkalai plus berat badan tetap stabil. Pantau terus info terbaru seputar kesehatan di aplikasi KlikDokter.

[HNS/RPA]

1 Komentar