Sukses

Sudah Sembuh dari Flu, tapi Kok Masih Saja Batuk, Ya?

Sudah tidak demam, pegal dan pilek juga sudah hilang, tetapi batuk masih saja betah bertahan. Apa memang kondisi ini bagian dari proses penyembuhan flu?

Flu adalah  penyakitnya sejuta umat. Meski mudah ditularkan, flu mudah juga disembuhkan. Sayangnya, dari beragam gejala yang menyertai, batuk karena flu adalah kondisi yang paling lama sembuhnya alias selalu nyisa ketimbang demam, pilek, dan ngilu badan! Lantas, kenapa selalu begitu, ya?

Penyebab Batuk Karena Flu Tidak Juga Sembuh

Nah, menanggapi pertanyaan di atas, dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter menyatakan benar adanya apabila batuk merupakan gejala flu yang sering tertinggal.

“Hal itu disebabkan oleh kondisi tubuh yang masih punya respons peradangan terhadap infeksi. Tersisanya batuk juga menandakan adanya kerusakan di jalur pernapasan yang masih membutuhkan waktu ekstra untuk pulih,” kata dokter yang kerap disapa dr. There tersebut.

Dengan kata lain, tubuh Anda masih perlu diistirahatkan dan perlu asupan makanan sehat agar benar-benar pulih. Bukan tak mungkin, jika Anda memaksakan diri untuk langsung beraktivitas berat pasca sakit flu, tubuh malah drop lagi.

“Batuk sebetulnya cara alami tubuh untuk mengeluarkan sisa-sisa peradangan atau adanya ‘benda’ asing. Wajar kalau batuk termasuk gejala yang paling lama tinggal. Karena dia sebenarnya mekanisme untuk mengeluarkan sesuatu yang buruk dari dalam tubuh,” pungkasnya.

Orang yang baru sembuh dari flu biasanya cenderung punya refleks batuk yang lebih kuat ketimbang orang yang sedari awal sehat. Itu merupakan respons tubuh untuk menolak virus yang sama dalam rentang waktu yang terbilang dekat.

Artikel lainnya: Perbedaan Gejala Flu dan Pilek Biasa yang Perlu Anda Tahu

1 dari 2 halaman

Apa yang Mesti Dilakukan Kalau Masih Batuk Karena Flu?

Tentu ketika demam sudah turun dan pilek sudah mereda, obat demam dan pilek tak perlu dikonsumsi lagi. Sementara, kalau Anda masih batuk, dr. There menyarankan untuk tetap konsumsi obat batuk hingga 3 minggu lamanya.

Kalau sudah lebih dari 3 minggu, namun batuk tidak sembuh-sembuh, periksakan diri lagi ke dokter. Sebab, ada kemungkinan bahwa penyebabnya bukan karena flu biasa, melainkan tuberkulosis (TBC) atau infeksi sekunder lainnya.

Alergi pun disebut-sebut menjadi penyebab batuk tidak sembuh. Coba perhatikan, bagaimana kondisi spesifik yang membuat Anda terus-menerus batuk. Apakah hanya di waktu tertentu?

Apakah saat makan atau minum minuman tertentu? Atau saat dekat dengan sesuatu yang memicu kondisi alergi muncul?

Artikel lainnya: Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bikin Anda Rentan Kena Flu

Kalau munculnya di waktu-waktu tertentu saja, maka besar kemungkinannya bahwa itu disebabkan oleh alergi. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mendiamkannya (akan hilang sendiri saat berubah suhu atau berubah kondisi) atau kalau sudah tak tahan, bisa konsumsi obat antihistamin.

Selain minum obat dan memantau berapa lama batuk karena flu ini akan bertahan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meringankan rasa tidak nyaman berikut ini.

  • Perbaiki Imunitas Tubuh

Caranya mudah, hentikan dulu aktivitas yang melelahkan, perbanyak makan sayur, buah, serta protein tak berlemak jahat, dan bila perlu, konsumsi suplemen.

Karena suhu dingin bisa menurunkan daya tahan tubuh, gunakan pakaian yang agak tebal untuk sementara waktu sampai benar-benar sembuh.

  • Hindari Makanan dan Minuman Tertentu

Demi mempercepat kesembuhan, hindari makanan yang berminyak ataupun minuman dingin. Itu semua bisa meningkatkan produksi lendir dan memperberat keluhan batuk.

  • Minum Air Hangat

Selain bermanfaat menjaga suhu tubuh tetap hangat, minum air bersuhu ini akan menjaga tenggorokan agar tetap lembap dan nyaman,

  • Hirup Uap Hangat

Menghirup uap hangat dari rebusan air yang baru matang dapat meringankan pernapasan. Bonusnya lagi, pikiran pun akan lebih rileks!

Jangan lupa, di kondisi ini, Anda adalah orang yang sakit. Saat batuk, tubuh pun bisa mengeluarkan virus hingga beberapa hari lamanya. Oleh sebab itu, pakailah masker ketika batuk belum benar-benar hilang, supaya orang lain di sekitar Anda tidak tertular.

Sangat disarankan untuk mengganti setiap hari masker yang digunakan. Jika masker yang dipakai adalah masker kain, (bisa digunakan berkali-kali), cucilah setiap hari masker tersebut. Setelahnya,  keringkan dengan hair dryer agar mudah kering dan bisa cepat dipakai lagi.

Itu dia penjelasan tentang penyebab batuk tidak sembuh-sembuh, terutama setelah sakit flu. Bila Anda masih punya pertanyaan seputar batuk karena flu atau penyakit lainnya, segera konsultasikan hal tersebut kepada dokter kami melalui fitur Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

2 Komentar