Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Sering Menyentuh Wajah Tanpa Sadar? Ini yang Harus Dilakukan

Sering Menyentuh Wajah Tanpa Sadar? Ini yang Harus Dilakukan

Sering menyentuh wajah dengan tangan tanpa sadar menyebabkan bahaya, salah satunya bisa menularkan COVID-19 dengan mudah. Lalu, bagaimana cara untuk mencegahnya?

Tangan merupakan bagian dari tubuh yang mudah terkontaminasi bakteri dan virus karena seringnya berkontak dengan benda-benda yang belum tentu terjaga kebersihannya.

Manusia pada umumnya punya kebiasaan menyentuh wajah. Namun sayang, hal ini malah bisa menyebabkan kita mudah terkena penyakit seperti  influenza, bahkan virus corona.

Menurut World Health Organization (WHO) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), virus corona dapat menular ketika Anda sering menyentuh wajah menggunakan tangan.

Lebih jelasnya, penularan COVID-19 terjadi ketika tangan menyentuh suatu permukaan benda yang terkontaminasi virus. Lalu, tangan yang terkontaminasi virus tersebut menyentuh bagian wajah,seperti area mata dan mulut.

Hal ini dapat mempermudah jalan masuk virus COVID-19 ke dalam tubuh. Maka dari itu, kita sangat dianjurkan untuk tidak sembarangan menyentuh wajah sebagai cara  mencegah penularan infeksi virus corona.

Artikel lainnya: Tangan Bersih Kunci Imunitas Kulit yang Baik, Benarkah?

1 dari 3 halaman

Penyebab Seseorang Suka Menyentuh Wajah

Kebiasaan menyentuh wajah itu bisa menularkan berbagai macam penyakit. Tapi yang namanya ‘kebiasaan’ pasti sulit untuk dihilangkan.

Menurut penelitian, setiap jamnya manusia akan menyentuh wajah kurang lebih 9 hingga 23 kali dalam sehari.

Bahkan, penelitian yang dilakukan pada tenaga medis (yang seharusnya lebih mengerti tentang kebersihan tangan), rata-rata dilaporkan menyentuh wajah sebanyak 19 kali dalam 2 jam.

Lalu, menurut penelitian, perilaku sering menyentuh wajah ternyata sudah menjadi kebiasaan sejak kita masih ada di dalam kandungan. Hal ini menandakan bahwa ada tanda perkembangan yang sehat, terutama pada bagian saraf sensoris di wajah.

Nah, kemungkinan kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan bisa disebabkan karena adanya reaksi dari emosi yang dialami, salah satunya stres atau sedang cemas, yang mungkin dilakukan secara tidak sadar, antara lain:

  • Ingin menyingkirkan atau memainkan rambut, namun tangan malah mengenai wajah.
  • Saat kaget, tangan Anda refleks menutup mulut.
  • Tidak sadar atau tidak sengaja menggigit kuku ketika sedang gugup.
  • Gatal di wajah, sehingga Anda ingin menggaruknya.
  • Wajah yang kotor seringkali membuat Anda “gemas” ingin membersihkannya pakai tangan. Namun, justru ini membuat Anda jadi terus menyentuh wajah.

Artikel lainnya: 6 Langkah Cuci Tangan yang Benar Menurut WHO

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Agar Tidak Menyentuh Wajah Terlalu Sering?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar tidak menyentuh wajah terlalu sering dan tangan tidak menjadi sarana penularan virus ke dalam tubuh. Berikut tipsnya:

  1. Menanamkan Pola Pikir

Demi menjaga kebersihan dan kesehatan, Anda bisa menanamkan pikiran “jangan menyentuh wajah pakai tangan”.

Selain itu, Anda awalnya juga harus menyadari, di tangan terdapat banyak bakteri dan virus. Ketika menyentuh wajah, ini sama saja Anda membiarkan penyakit masuk ke dalam tubuh.

  1. Buat Tangan Selalu Sibuk

Sebisa mungkin, jauhkan tangan Anda dari wajah. Cobalah untuk membuat tangan Anda menjadi sibuk dengan mengerjakan sesuatu yang positif. Misalnya dengan melipat baju, mengetik, atau membaca buku. Namun, jangan lupa bersihkan dahulu benda-benda tersebut dengan cairan disinfektan, ya!

  1. Sering Mencuci Tangan

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mencuci tangan. Anda wajib mencuci tangan setidaknya selama 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir. Jangan lupa untuk mengeringkan tangan setelah dicuci dengan handuk bersih.

Bila keadaan Anda sedang tidak memungkinkan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, gunakan hand sanitizer.

Artikel lainnya: Pakai Sabun Cuci Tangan Antibakteri Bisa Mengobati Jerawat?

  1. Bersihkan Wajah

Wajah yang kotor seringkali membuat kita ingin menyentuh untuk membersihkannya. Padahal, hal itu malah membuat tangan yang belum tentu bersih jadi menyentuh wajah. Nantinya, bakteri pada wajah dapat masuk ke dalam tubuh melalui lubang kecil pada wajah, seperti pori-pori.

Untuk itu, seperti saran sebelumnya, Anda wajib cuci tangan dulu sebelum menyentuh wajah. Lalu, mencuci muka juga bisa dilakukan agar wajah tetap bersih dan tidak disentuh oleh tangan terus menerus #CuciTanganmuCuciMukamu.

Anda disarankan untuk mencuci muka dengan POND’S Pure White Facial Foam. Sabun cuci muka ini mengandung activated charcoal dan Japanese Green Tea yang bisa mengangkat lebih kuat polusi serta kotoran di wajah seketika.

Kandungan activated charcoal berfungsi menyerap berbagai kotoran yang ada di pori-pori dan permukaan wajah sehingga mencegah kotoran, termasuk kuman dan bakteri, masuk ke dalam tubuh melalui permukaan wajah.

Sedangkan kandungan Japanese Green Tea yang terdapat dalam POND’S Pure White Facial Foam dapat menjadi agen antioksidan, anti inflamasi, dan antimikroba yang mampu melawan kuman dan bakteri. Sehingga sabun cuci muka ini dapat membersihkan wajah secara total.

Facial foam yang lembut dapat membersihkan kotoran dan bakteri penyebab jerawat hingga ke pori-pori tanpa membuat kulit menjadi kering. Wajah pun tampak lebih bersih dan sehat.

Anda akan malas menyentuh wajah Anda ketika wajah sudah bersih. Untuk itu, pastikan Anda cuci muka memakai POND’S Pure White Facial Foam dua kali sehari agar wajah Anda terbebas dari masalah-masalah kulit.

Jadi, jangan malas merawat kulit wajah agar kulit tetap bersih dan sehat. Jangan lupa juga untuk selalu cuci tangan, menggunakan masker, dan kurangi menyentuh bagian wajah kalian, ya! Ingin konsultasi seputar masalah kulit? Yuk, pakai fitur LiveChat dengan dokter di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar