Sukses

Ini Penyebab Kita Sering Bermimpi saat Demam Tinggi

Sebagian orang sering mimpi saat demam tinggi. Ternyata, kondisi tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah, lho. Tak percaya? Berikut penjelasannya.

Saat melawan infeksi penyakit, akan ada reaksi berupa peningkatan suhu tubuh. Tak tanggung-tanggung, peningkatan yang dihasilkan bisa di atas 39 derajat Celcius alias demam tinggi! Selain bikin badan lemas dan berat, biasanya mimpi saat demam juga bisa terjadi, lho.

Mungkin Anda penasaran, bagaimana bisa kondisi demam menyebabkan mimpi? Nyatanya, hal ini bisa saja terjadi dan umumnya mimpi yang dirasakan terbilang cukup aneh.

Melansir Time.com, studi pada 2013 yang melakukan survei gejala demam pada beberapa orang, menunjukkan bahwa ada orang-orang yang mengaku mengalami mimpi aneh. Mimpi aneh tersebut bisa bercampur antara hal yang menyenangkan dan yang tidak.

Apa, sih, Mimpi Demam Itu?

Mimpi saat demam atau mimpi demam merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan mimpi yang cukup jelas dan terjadi saat suhu tubuh meningkat. Bagi kebanyakan orang, mimpi saat demam bisa mengganggu serta tidak menyenangkan.

Sementara, mimpi itu sendiri adalah serangkaian pikiran, gambar, dan sensasi yang dirasakan saat tidur. Para ilmuwan percaya, mimpi terjadi saat Anda masuk ke tahap tidur rapid eye movement (REM).

Meski hingga kini para peneliti tidak tahu persis tentang penyebab sering bermimpi, faktor-faktor tertentu seperti aktivitas sehari-hari, makanan, dan kondisi kesehatan bisa memengaruhi penglihatan dalam tidur.

Artikel Lainnya: Penyebab Mimpi Buruk Saat Demam Tinggi

1 dari 3 halaman

Kapan Mimpi Demam Terjadi?

Mimpi demam tidak akan terjadi bila demam belum tinggi. Menurut dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, seseorang dikatakan mengalami demam tinggi apabila suhu tubuhnya di atas 39,4 derajat Celsius.

Sementara, bila suhu tubuh baru mencapai 37,3-38,3 derajat, maka itu disebut sebagai meriang atau sumeng. Di atas itu (dengan batasan 39,3 derajat Celsius), kondisi tersebut dapat dikategorikan sebagai demam.

Seperti yang sudah sempat dikatakan di atas, demam tinggi disebabkan oleh infeksi. Infeksi bisa berasal dari saluran pernapasan, saluran kemih, saluran cerna, selaput otak, hingga darah.

Namun, selain karena infeksi, peningkatan suhu tubuh juga bisa dipicu oleh tumor, habis imunisasi, dan heat stroke (serangan panas akibat terlalu lama berdiri di bawah sinar matahari).

Artikel Lainnya: Bisakah Mimpi Buruk Dihindari?

Seperti Apa Mimpi Demam Itu?

Kebanyakan orang menggambarkan mimpi demam sebagai pengalaman yang kurang mengenakkan. Bahkan, dalam satu studi di tahun 2016, sebanyak 94% peserta penelitian mengatakan mimpi demam mereka berujung pada mimpi buruk!

Orang sering menggambarkan mimpi demam sebagai emosi yang intens, meresahkan, aneh, dan menakutkan. Seingat mereka yang pernah mengalami mimpi demam, interaksi sosial yang terjadi di dalamnya juga lebih sedikit daripada mimpi normal.

Sebagai informasi tambahan, studi di tahun 2013 melaporkan mereka yang mengalami mimpi demam akan bergerak bolak-balik antara keadaan yang sangat sulit dan keadaan yang sangat nyaman. Intinya, mimpi saat demam tinggi itu lebih aneh dan intens!

Artikel Lainnya: Hati-Hati, 5 Penyakit Ini Berawal dari Demam

2 dari 3 halaman

Apa Penyebab Mimpi Demam?

Ada anggapan, suhu tinggi dapat mengganggu proses kognitif normal di otak. Otak yang “terlalu panas” tidak akan berfungsi dengan baik, sehingga mimpi yang dihasilkan akan lebih aneh.

Selama tahap REM (di mana mimpi terjadi), tubuh cenderung sulit mengendalikan suhu internal. Nah, demam bisa menambah proses yang sudah sulit ini, sehingga membuat mimpi yang tidak menyenangkan.

Dalam keadaan sadar, demam pun dapat memicu halusinasi, mudah tersinggung, dan bingung.

Artikel Lainnya: Normalnya, Berapa Hari Demam Berlangsung?

Bisakah Mimpi Demam Dicegah?

Tidak ada cara untuk mencegah mimpi demam. Namun, yang bisa dilakukan adalah mengendalikan suhu tubuh ketika sakit. Adapun yang bisa dilakukan saat Anda demam, yakni:

  • Banyak beristirahat.
  • Banyak minum air putih.
  • Minumlah obat penurun demam, seperti parasetamol atau ibuprofen.
  • Makan makanan hangat yang mudah dicerna.
  • Aplikasikan kompres hangat.

Dokter Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter mengatakan saat Anda mengompres tubuh dengan air hangat, pusat suhu tubuh akan menerima informasi bahwa suhu di sekitar tubuh sedang hangat. Tubuh pun akan menurunkan suhunya secara otomatis.

Jika Anda mengompres dengan es batu, maka tubuh akan meningkatkan suhunya dan Anda malah akan semakin demam.

Kini, sudah tahu kan penyebab sering bermimpi saat demam tinggi? Untuk meminimalkan terjadinya kondisi tersebut, lakukan beberapa langkah yang telah dipaparkan di atas, ya!

Bila punya pertanyaan seputar demam tinggi atau soal kondisi medis lainnya, yuk tanyakan langsung pada dokter kami melalui fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar