Jantung

Manfaat Teh Bunga Sepatu untuk Turunkan Hipertensi

dr. Theresia Rina Yunita, 22 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada jenis teh yang masih belum banyak dikenal khalayak luas, yakni teh bunga sepatu. Teh jenis ini ternyata punya manfaat untuk turunkan hipertensi.

Manfaat Teh Bunga Sepatu untuk Turunkan Hipertensi

Hipertensi atau bahasa awamnya tekanan darah tinggi adalah kondisi terjadinya peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari ≥ 140 mmHg dan/atau diastolik ≥ 90 mmHg.

Penyakit ini sering muncul tanpa gejala. Akan tetapi, keluhan biasanya diiringi dengan sakit kepala, jantung berdebar, pusing, leher kaku, penglihatan kabur, dan rasa sakit di dada.

Jika tekanan darah tinggi dibiarkan saja, arteri dalam tubuh dapat mengeras dan menebal. Ini akhirnya menyebabkan serangan jantung, stroke, atau komplikasi lainnya.

Kalau sudah mengalami tekanan darah tinggi, menjaga asupan makanan pun harus dilakukan. Nah, tekanan darah bisa diturunkan dengan konsumsi teh bunga sepatu. Mari ketahui manfaat teh bunga sepatu untuk hipertensi lebih lanjut berikut ini.

Manfaat Teh Bunga Sepatu untuk Darah Tinggi

Sebuah penelitian mengungkapkan, rutin minum teh kembang sepatu bisa bantu menurunkan hipertensilho! Teh ini memang masih jarang dikonsumsi di Indonesia, tapi bagi Anda yang hipertensi tentu sangat bagus.

Sekilas tentang teh kembang sepatu, teh ini juga biasa disebut hibiscus tea. Rasanya mirip cranberry dan bisa dinikmati hangat atau dingin.

Di dunia, diketahui ada ratusan spesies kembang sepatu yang bervariasi berdasarkan lokasi dan iklim tempat bunga ini tumbuh. Akan tetapi, Hibiscus sabdariffa paling umum digunakan untuk membuat teh kembang sepatu.

Terkait khasiatnya, penelitian pernah dilakukan pada 65 orang dengan tekanan darah tinggi. Mereka diberikan teh kembang sepatu dan plasebo.

Setelah enam pekan, mereka yang minum teh kembang sepatu mengalami penurunan tekanan darah sistolik yang signifikan. Ini dibandingkan dengan yang diberikan plasebo.

Sementara itu, pada 2015, dari lima studi juga menemukan teh kembang sepatu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik rata-rata 7,58 mmHg dan 3,53 mmHg.

Teh kembang sepatu dianggap sebagai cara yang aman dan alami untuk menurunkan tekanan darah.

Artikel Lainnya: Waspada, 8 Masalah Kesehatan Ini Berawal dari Hipertensi

Cara Konsumsi Teh Bunga Sepatu untuk Pasien Hipertensi

Manfaat Lain Teh Bunga Sepatu

Dalam beberapa kasus, konsumsi teh penurun darah tinggi ini menimbulkan efek samping yang merugikan. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengetahui cara mengonsumsiya dengan benar.

Teh bunga sepatu berasal dari kelopaknya. Jadi, pastikan Anda mencuci kelopak dengan bersih sebelum dijemur hingga benar-benar kering. Setelah kering, barulah kelopak bisa dibuat sebagai teh.

Seduh teh kembang sepatu dengan air mendidih. Bisa tambahkan sedikit gula pasir sesuai selera. Teh ini juga dapat diminum dalam keadaan hangat atau dingin.

Adakah Efek Sampingnya?

Sejauh ini tidak ada efek samping berarti dari konsumsi teh bunga sepatu. Namun penting untuk dicatat, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa teh kembang sepatu dapat berinteraksi dengan hidroklorotiazid.

Itu merupakan obat diuretik yang sering digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Jadi, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu apabila Anda mengonsumsi obat tersebut.

Itulah penjelasan terkait manfaat teh bunga sepatu untuk penderita hipertensi. Memang, teh ini masih belum terkenal di Indonesia. Akan tetapi, masih mudah untuk diperoleh.

Apabila Anda ingin berkonsultasi dengan dokter, gunakan fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(PUT/AYU)

TehNutrisiHipertensiBunga Sepatu

Konsultasi Dokter Terkait