Sukses

Manfaat Teh Bunga Sepatu untuk Turunkan Hipertensi

Ada jenis teh yang masih belum banyak dikenal khalayak luas, yakni teh bunga sepatu. Teh jenis ini ternyata punya manfaat untuk turunkan hipertensi.

Kalau sudah mengalami hipertensi, menjaga asupan makanan adalah hal yang penting. Nah, tekanan darah bisa diturunkan dengan konsumsi teh bunga sepatu. Mari ketahui lebih lanjut tentang jenis teh ini dan manfaatnya.

Hipertensi atau bahasa awamnya tekanan darah tinggi adalah kondisi terjadinya peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari ≥ 140 mmHg dan/atau diastolik ≥ 90 mmHg. Ini biasa dibaca 140/90.

Orang dengan hipertensi tidak bisa mendiagnosisnya sendiri. Untuk diagnosis hipertensi, dibutuhkan dua kali pemeriksaan tekanan darah di hari yang berbeda. Dalam satu hari, pemeriksaan pun butuh dua kali pemeriksaan.

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, hipertensi sering muncul tanpa gejala. Akan tetapi, keluhan hipertensi biasanya diiringi dengan sakit kepala, jantung berdebar, pusing, leher kaku, penglihatan kabur, dan rasa sakit di dada.

Bahayanya, jika tekanan darah tinggi dibiarkan saja, maka arteri dalam tubuh dapat mengeras dan menebal. Ini akhirnya menyebabkan serangan jantung, stroke, atau komplikasi lainnya.

Salah satu cara agar tekanan darah tinggi tak kembali muncul adalah dengan makan makanan yang sehat. Para ahli merekomendasikan untuk mengurangi jumlah garam dalam makanan, serta makan banyak buah dan sayuran.

Artikel Lainnya: Enak Dibuat Minuman, Ini Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

1 dari 3 halaman

Teh Bunga Sepatu (Hibiscus) Dikatakan Bisa Turunkan Hipertensi

Sebuah penelitian mengungkapkan, rutin minum teh kembang sepatu bisa bantu menurunkan hipertensi, lho! Teh ini memang masih jarang dikonsumsi di Indonesia, tapi bagi Anda yang hipertensi tentu sangat bagus.

Sekilas tentang teh kembang sepatu, teh ini juga biasa disebut hibiscus tea. Rasa teh ini mirip cranberry dan bisa dinikmati hangat atau dingin.

Di dunia, diketahui ada ratusan spesies kembang sepatu yang bervariasi berdasarkan lokasi dan iklim tempat bunga ini tumbuh. Akan tetapi, Hibiscus sabdariffa paling umum digunakan untuk membuat teh kembang sepatu.

Terkait khasiatnya, penelitian pernah dilakukan pada 65 orang dengan tekanan darah tinggi. Mereka diberikan teh kembang sepatu dan plasebo.

Setelah enam pekan, mereka yang minum teh kembang sepatu mengalami penurunan tekanan darah sistolik yang signifikan. Ini dibandingkan dengan yang diberikan plasebo.

Sementara itu, pada 2015, dari lima studi juga menemukan teh kembang sepatu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik rata-rata 7,58 mmHg dan 3,53 mmHg.

Teh kembang sepatu dianggap sebagai cara yang aman dan alami untuk menurunkan tekanan darah. Tapi, teh ini juga punya efek samping merugikan yang perlu diketahui.

Penting untuk dicatat, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa teh kembang sepatu dapat berinteraksi dengan hidroklorotiazid, yaitu obat diuretik yang sering digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Artikel lainnya: Manfaat Teh Herbal untuk Kesehatan yang Harus Anda Coba

2 dari 3 halaman

Manfaat Lain Teh Bunga Sepatu

Selain menurunkan hipertensi, teh kembang sepatu juga punya khasiat lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, yakni:

  1. Bantu Menurunkan Tingkat Lemak Darah

Melansir dari Healthline, selain menurunkan tekanan darah, beberapa penelitian telah menemukan bahwa teh kembang sepatu dapat membantu menurunkan kadar lemak darah.

Seperti diketahui, lemak darah merupakan faktor risiko lain untuk penyakit jantung.

Dalam satu studi, 60 orang dengan diabetes diberikan teh kembang sepatu atau teh hitam. Setelah satu bulan, mereka yang minum teh kembang sepatu mengalami peningkatan kolesterol baik (HDL) dan penurunan kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), serta trigliserida.

Studi lain pada mereka dengan sindrom metabolik menunjukkan, mengonsumsi 100 mg ekstrak kembang sepatu setiap hari dikaitkan dengan penurunan kolesterol total dan peningkatan HDL.

  1. Dapat Meningkatkan Kesehatan Hati

Mulai dari memproduksi protein, mengeluarkan empedu, hingga memecah lemak, kondisi liver yang sehat sangat diperlukan.

Menariknya, penelitian telah menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat meningkatkan kesehatan hati dan membantu membuatnya bekerja secara efisien.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai teh kembang sepatu itu sendiri. Selama ini, penelitian fokus pada ekstrak kembang sepatu.

Artikel lainnya: 7 Manfaat Teh Putih bagi Kesehatan

  1. Membantu Penurunan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan, teh bunga sepatu dapat dikaitkan dengan penurunan berat badan dan melindungi tubuh dari obesitas.

Studi pernah dilakukan pada 36 peserta yang kelebihan berat badan. Mereka ada yang diberikan ekstrak kembang sepatu atau plasebo.

Setelah 12 minggu, ekstrak kembang sepatu dinilai dapat mengurangi berat badan, lemak tubuh, indeks massa tubuh, dan rasio pinggul hingga pinggang (hip-to-waist ratio).

Lalu, sebuah penelitian pada hewan memiliki temuan yang sama. Dilaporkan bahwa pemberian ekstrak kembang sepatu pada tikus yang obesitas selama 60 hari membuat berat badan tikus turun.

  1. Bisa Bantu Memerangi Bakteri

Bakteri adalah mikroorganisme sel tunggal yang dapat menyebabkan berbagai infeksi, mulai dari bronkitis, pneumonia, sampai infeksi saluran kemih.

Selain memiliki sifat antioksidan dan anti-kanker, beberapa studi tabung (test-tube) telah menemukan bahwa kembang sepatu dapat membantu melawan infeksi bakteri.

Nyatanya, satu studi tabung menunjukkan ekstrak bunga sepatu dapat menghambat aktivitas E. coli, jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit seperti diare.

Penelitian tabung reaksi lain menunjukkan, ekstrak tersebut dapat melawan delapan jenis bakteri dan sama efektifnya dengan beberapa obat yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri.

Namun, belum ada penelitian pada manusia yang melihat efek anti-bakteri teh kembang sepatu. Sehingga, masih belum jelas bagaimana hasil ini dapat diterjemahkan ke manusia.

Memang, teh bunga sepatu masih belum terkenal di Indonesia. Akan tetapi, bisa dengan mudah didapatkan. Tidak ada salahnya mencoba teh jenis ini, apalagi Anda yang hipertensi. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter terkait konsumsinya. Pakai fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter, keluhan dan pertanyaan akan dijawab langsung oleh dokter!

(FR/RPA)

1 Komentar