Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Waspada Coronavirus, Ini Anjuran WHO untuk Keselamatan di Tempat Kerja

Waspada Coronavirus, Ini Anjuran WHO untuk Keselamatan di Tempat Kerja

Penyebaran coronavirus kian mengkhawatirkan. Untuk mencegah penularan di tempat kerja, ikuti anjuran pencegahan yang dikeluarkan WHO berikut ini!

Virus corona terus menjadi perhatian masyarakat dunia setelah penyebarannya makin sulit dibendung. Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahkan sampai memberikan anjuran untuk keselamatan di tempat kerja.

Sampai Selasa (27/2) siang waktu Indonesia bagian Barat, total terinfeksi sudah 82.170 orang di seluruh dunia. 2.804 meninggal dunia, dan lebih dari 45 negara sudah mengonfirmasi paling tidak satu kasus virus corona.

Terbaru, Makedonia Utara dan Yunani adalah dua negara yang melaporkan kasus coronavirus. Masing-masing melaporkan satu warganya terkena COVID-19.

Virus yang menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter masih dalam kelompok yang sama dengan Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV) ini, memang makin sulit dibendung.

Penyebaran virus ini memang bisa terjadi di mana-mana, termasuk tempat kerja. Oleh karena itu, WHO sampai memberikan anjuran mencegah virus corona di kantor.

Anjuran WHO untuk Keselamatan di Tempat Kerja

Meski Indonesia dinyatakan masih belum ada kasus, tidak ada salahnya melakukan pencegahan. Kantor sebagai tempat bertemunya banyak orang dari berbagai wilayah pun mesti menjadi perhatian.

Langkah-langkah yang tidak memerlukan biaya mahal di bawah ini akan membantu mencegah penyebaran infeksi di tempat kerja Anda dan melindungi karyawan.

Para pemilik perusahaan harus mulai melakukan hal-hal ini sekarang, bahkan bila COVID-19 belum masuk di Indonesia. Berikut cara mencegah COVID-19 di kantor atau tempat kerja.

  1. Pastikan Tempat Kerja Bersih dan Higienis

Perhatikan permukaan seperti meja dan benda seperti telepon atau keyboard. Itu perlu dibersihkan dengan disinfektan secara teratur.

Mengapa perlu dibersihkan secara rutin? Karena, kontaminasi pada permukaan yang disentuh oleh karyawan adalah salah satu cara utama menyebarnya virus seperti COVID-19.

Artikel Lainnya: Hati-hati Virus Corona, Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasinya

  1. Sosialisasi Cuci Tangan untuk Karyawan dan Tamu

Tempatkan dispenser pembersih tangan yang mengandung disinfektan di tempat-tempat yang mudah dijangkau. Pastikan dispenser ini diisi ulang secara teratur

Pajang juga poster yang mempromosikan cuci tangan. Kombinasikan dengan langkah komunikasi lain, seperti workshop atau briefing di internal kantor mengenai kebersihan, kesehatan, dan keselamatan kerja.

Pastikan juga bahwa staf dan tamu memiliki akses ke tempat-tempat di mana mereka dapat mencuci tangan dengan sabun dan air.

Ini perlu dilakukan karena mencuci tangan dapat membunuh virus yang ada dan mencegah penyebaran COVID-19.

  1. Promosikan Kebersihan Pernapasan di Tempat Kerja

Pajang poster yang mempromosikan kebersihan pernapasan. Perkaya langkah ini dengan bentuk komunikasi lainnya, seperti menawarkan panduan dari petugas kesehatan dan keselamatan kerja. Pastikan masker wajah dan/atau tisu kertas tersedia di tempat kerja Anda.

Artikel Lainnya: Waspada, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

  1. Perhatikan Perjalanan Bisnis

Pimpinan perlu memberikan saran kepada karyawan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan perjalanan bisnis, Baik itu keluar kota atau keluar negeri.

Sebelum bepergian lakukan beberapa hal berikut ini.

  • Pastikan organisasi Anda dan karyawannya memiliki informasi terbaru tentang area di mana COVID-19 menyebar.
  • Hindari mengirim karyawan yang mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit serius (misal karyawan yang lebih tua dan mereka yang memiliki kondisi medis seperti diabetes, penyakit jantung, dan paru-paru) ke area tempat COVID-19 menyebar.
  • Pastikan semua orang yang bepergian ke lokasi yang melaporkan COVID-19 diberi pengarahan oleh profesional yang berkualifikasi.

Saat bepergian lakukan beberapa hal berikut ini.

  • Imbau karyawan untuk mencuci tangan secara teratur dan menjaga jarak setidaknya satu meter dari orang yang batuk atau bersin.
  • Pastikan karyawan tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang harus dihubungi bila mereka merasa sakit saat bepergian.
  • Pastikan karyawan mematuhi instruksi dari otoritas setempat di mana mereka bepergian.

Artikel Lainnya: Tanda-tanda Seseorang Sudah Sembuh dari Virus Corona

  1. Beri Tahu Karyawan bila COVID-19 Mulai Menyebar di Kantor

Beri tahu siapa pun yang menderita batuk ringan atau demam ringan (37,3 derajat Celcius atau lebih) untuk tinggal di rumah.

Mereka juga harus tinggal atau bekerja dari rumah bila diharuskan minum obat, seperti parasetamol atau asetaminofen, ibuprofen atau aspirin, yang dapat menutupi gejala infeksi.

Disarankan untuk terus berkomunikasi dan menyebarkan pesan bahwa seseorang perlu tinggal di rumah bahkan bila ia hanya memiliki gejala COVID-19 yang ringan.

WHO juga menyarankan kepada pimpinan perusahaan bahwa karyawan yang menunjukkan gejala dapat menerima cuti sakit.

Itulah anjuran dari WHO untuk mencegah virus corona di kantor. Ingat, meski dikatakan belum masuk Indonesia, tidak ada salahnya memerhatikan anjuran di atas! Yuk ketahui tips kesehatan lainnya yang lengkap di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

1 Komentar