Sukses

5 Kebaikan Minyak Ikan untuk Tumbuh Kembang Anak

Minyak ikan semakin mendulang popularitas karena katanya bisa membantu tumbuh kembang anak jadi maksimal. Sebenarnya, apa saja manfaat minyak ikan?

Masa tumbuh kembang anak adalah momen penting yang harus dipersiapkan semaksimal mungkin. Di mana pada masa-masa ini kebanyakan orang tua akan memberikan nutrisi dan gizi penting agar buah hati tetap sehat, pintar, dan aktif. Salah satu asupan yang cukup populer diberikan untuk anak adalah suplemen minyak ikan. Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapat saat anak mengonsumsi minyak ikan?

Apa saja Manfaat Minyak Ikan untuk Anak?

Minyak ikan adalah nutrisi yang mengandung asam lemak omega-3 yang bisa didapat dari ikan salmon, makarel, atau sarden. Minyak ini bermanfaat karena mengandung dua jenis lemak omega-3 seperti EPA (Eicosapentaenoic Acid) dan DHA (Docosahexaenoic Acid) dalam jumlah yang tinggi. 

Asam lemak EPA dan DHA tidak dihasilkan oleh tubuh, maka dari itu kita harus mengonsumsinya dari asupan tambahan. Orang tua tidak perlu repot, karena sekarang sudah ada suplemen yang mengandung minyak ikan yang bisa dikonsumsi setiap hari untuk memaksimalkan perkembangan anak. 

Berikut adalah beberapa manfaat penting minyak ikan untuk tubuh dan perkembangan otak anak:

  1. Mendukung Perkembangan Otak Anak

Asam lemak omega-3 seperti DHA merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan sel otak anak, agar buah hati Anda tetap aktif dan maksimal perkembangannya. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian dari Oxford.

Penelitian tersebut mengatakan bahwa memberikan asam lemak omega-3 pada anak bisa menunjang koordinasi tangan dan mata anak lebih baik. Anak pun mudah bergaul, lebih fokus saat belajar, dan hasil tes kecerdasan atau IQ-nya tinggi.

  1. Mencegah Penyakit Asma Anak Kambuh

Asma adalah penyakit yang berkembang, alias bisa muncul pada anak kapan saja. Apabila anak punya kondisi asma, penting untuk memberikan buah hati asupan nutrisi minyak ikan. 

Pasalnya, telah ditemukan bukti dari Journal of Clinical Investigation-Insight, bahwa produk yang mengandung asam lemak omega-3 seperti minyak ikan, dapat mengurangi produksi IgE, antibodi yang menyebabkan reaksi alergi dan gejala asma.

Asam lemak omega-3 juga diyakini dapat berubah menjadi mediator khusus yang dapat menghentikan peradangan saluran pernapasan pada orang asma. 

  1. Membantu Menangani ADHD (Attention-Deficit Hyperactivity Disorder)

Bagi orang tua yang memiliki anak dengan kondisi ADHD, disarankan untuk memberikan manfaat omega-3 yang didapat dari suplemen minyak ikan.

Beberapa penelitian mengatakan omega-3 dapat membantu menenangkan gejala hiperaktif pada anak ADHD, serta membantunya membuat pikiran buah hati jadi lebih fokus dalam belajar atau bermain. 

  1. Mencegah Anak Terkena Penyakit Kronis

Konsumsi omega-3 secara rutin dapat mencegah anak mengalami penyakit kronis seperti penyakit jantung.  Minyak ikan bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang dapat menurunkan trigliserida (lemak darah) sampai sekitar 15–30 persen.

Selain itu, minyak ikan dapat mencegah plak terbentuk di pembuluh darah yang bisa berisiko sebabkan penyakit jantung di kemudian hari.

  1. Membantu Tidur Anak jadi Lebih Nyenyak

Menurut sebuah penelitian lain dari Oxford, anak yang mengonsumsi minyak ikan mengandung lemak omega-3 punya kualitas tidur yang baik. Hasil penelitian ini menjelaskan manfaat minyak ikan yang dapat membuat tidur anak lebih nyenyak dan si Kecil pun jarang terbangun saat malam.

Tidur nyenyak penting untuk mempersiapkan otak dan tubuh anak siap menerima pelajaran serta beraktivitas maksimal di pagi harinya.

Bahkan ditemukan kesimpulan, bahwa kebanyakan anak yang tidak diberi minyak ikan dapat mengidap kondisi tekanan darah rendah dan kesulitan belajar di sekolah akibat tidurnya yang kurang nyenyak.

Jangan ragu untuk memberikan anak suplemen minyak ikan yang mengandung EPA dan DHA setiap hari. Agar lebih menarik perhatian anak, berikan suplemen berbentuk gummy dengan rasa buah yang bentuknya lucu dan unik. Suplemen tersebut bisa Anda dapatkan di apotek terdekat.

Agar manfaat minyak ikan untuk anak didapat maksimal, konsumsi suplemen sesuai dosis yang tertera pada label kemasan. Selain itu Anda juga bisa konsultasi pada dokter tentang dosis yang tepat sesuai kondisi anak. Untuk lebih mudahnya, ajukan pertanyaan lewat aplikasi Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. 

(OVI/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar