Sukses

Tips untuk Mencegah Badan Lemas Saat Musim Hujan

Musim hujan sudah datang, waspada badan lemas dan mudah terkena penyakit. Untuk mencegah agar tubuh tidak gampang lemas dan sakit, simak penjelasan berikut ini.

Saat musim hujan tiba, suhu udara umumnya akan berubah dan memengaruhi kondisi tubuh. Tak jarang, tubuh bawaannya jadi gampang lemas dan tidak terasa fit. Nah, jika tidak menjaga kesehatan, nantinya virus, bakteri, mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Lalu, bagaimana cara mencegah badan lemas dan gampang sakit saat musim hujan?

Kenapa Badan Gampang Lemas Saat Musim Hujan?

Penyebab badan lemas saat musim hujan bisa disebabkan karena meningkatnya hormon melatonin. Normalnya, kadar melatonin akan meningkat pada malam hari, seperti saat mau tidur. Namun, pada kondisi cuaca mendung di mana paparan sinar matahari sedang redup, hormon melatonin juga dapat meningkat, badan pun jadi lemas.

Selain itu, rasa lemas ini juga dipengaruhi oleh suara hujan yang membentuk pola ritmis, mirip seperti lagu pengantar tidur yang dinamakan pink noise. Oleh sebab itu, beberapa orang rasanya jadi gampang ngantuk setelah mendengar suara rintik hujan di luar rumah.

Tips Mencegah Badan Lemas Saat Musim Hujan

Musim hujan memang tidak dapat dicegah, namun dampaknya pada tubuh masih bisa, kok. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah badan tidak gampang lemas saat musim hujan: 

1. Makan Makanan Bergizi

Ada beberapa makanan bergizi yang harus dikonsumsi saat musim hujan datang. Makanan berikut ini umumnya bisa mencegah daya tahan tubuh menurun dan gampang sakit. Simak makanan apa yang wajib dikonsumsi:

  • Makanan yang Mengandung Protein 

Protein adalah asupan nutrisi makro yang sangat dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel sehat baru. Protein juga berperan untuk membentuk otot dan membuat daya tahan tubuh tetap terjaga baik, sehingga tubuh tidak mudah lemas. Anda bisa makan makanan seperti daging ayam tanpa lemak, ikan tuna, udang, dan juga kacang-kacangan.

  • Penuhi Asupan Vitamin 

Vitamin dan mineral merupakan asupan nutrisi mikro yang diperlukan tubuh. Badan bisa gampang lemas dan sakit saat tubuh kekurangan asupan vitamin B1, B6 dan B12. Vitamin tersebut penting untuk membantu menjaga kesehatan, mencegah badan mudah lelah, serta pegal-pegal. Nutrisi tersebut bisa didapat dari roti, pasta, dan sayuran seperti bayam, selada, atau kubis.

Tidak lupa juga, asupan vitamin C dan E harus dipenuhi saat musim hujan. Nutrisi vitamin C dan E bisa didapat dari buah jeruk atau alpukat. Nutrisi dari makanan ini berguna untuk menjaga kesehatan dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Minum Air Cukup

Saat musim hujan, jangan sampai membuat Anda kurang minum air mineral, ya. Pasalnya, kurang minum air bisa menyebabkan dehidrasi, efeknya pun bisa membuat tubuh jadi lemas tak bertenaga. Pastikan Anda konsumsi air putih minimal 8 gelas perhari agar tubuh tetap bugar dan sehat.

3. Tidur Cukup

Untuk mencegah badan lemas ketika musim hujan, pastikan Anda tidur malam cukup minimal 8 jam per hari. Kurang tidur dapat menyebabkan mengantuk dan tidak bertenaga di siang hari. Pada saat masuk ke jam tidur, jauhi segala aktivitas yang dapat mengganggu rasa ngantuk muncul, misalnya main handphone atau masih membuka laptop untuk bekerja.

4. Minum multivitamin

Cara lain untuk mencegah badan tidak gampang lemas saat musim hujan adalah dengan minum multivitamin. Disarankan untuk minum multivitamin yang dapat membantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Minum dosis multivitamin sesuai anjuran di tablet kemasan atau minta rekomendasi dokter, ya.

5. Rutin Olahraga 

Tidak lupa juga, sempatkan diri untuk tetap bergerak aktif bergerak di musim hujan dengan cara berolahraga. Olahraga rutin minimal 30 menit sehari mampu meningkatkan hormon endorfin yang berfungsi untuk membuat tubuh tetap semangat dan tidak mudah lemas. Anda bisa olahraga dengan lari di treadmill atau mengikuti senam zumba di studio tanpa harus takut kehujanan.

Musim hujan bukan menjadi penghalang Anda untuk bermalas-malasan karena badan mudah lemas. Anda masih tetap bisa sehat dan semangat dengan melakukan tips di atas. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu konsultasi langsung dengan dokter. Untuk mudahnya, Anda bisa konsultasi lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. 

(OVI/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar