Sukses

Inilah yang Terjadi pada Tubuh Pasca Persalinan

Setelah melahirkan, pasti terdapat beberapa perubahan fisik yang dialami ibu. Apa saja ya perubahan yang terjadi pasca melahirkan?

Momen kehamilan dan melahirkan tentu menjadi sesuatu yang membahagiakan dan mengharukan. Akhirnya, si Kecil telah lahir ke dunia dengan wajah yang lucu nan menggemaskan. Kesibukan sebagai ibu baru pasca persalinan pun dimulai.

Sejak hamil, perubahan fisik sudah pasti terjadi. Bagaimana ketika setelah melahirkan, apa badan akan kembali normal seperti semula? Tentu tidak, Bunda! Masih ada beberapa perubahan fisik yang akan dialami.

Apa saja bagian tubuh yang berubah pasca persalinan? Berikut penuturannya.

  1. Perubahan Payudara

Saat melahirkan dan bahkan ketika mengandung, sudah terjadi produksi ASI di payudara wanita. Hal ini membuat ukurannya bertambah beberapa kali lipat dibandingkan saat belum hamil.

Selain ukuran, bentuk payudara juga berubah menjadi lebih kendur layaknya buah pepaya yang menggantung.

  1. Perut Membuncit

Walau bayi sudah keluar melalui persalinan, ternyata perut belum kembali seperti sedia kala. Perut tetap buncit seperti sedang mengandung, hanya saja lebih kecil sedikit. Tenang, lambat laun perut akan kembali mengecil, kok.

  1. Muncul Selulit

Peregangan pada kulit perut yang terjadi saat hamil semakin membesar dan akan membuat kulit melar. Akibatnya, saat bayi telah dilahirkan, kulit di area perut akan mengendur dan bahkan bergelambir. Selain itu, peregangan tadi juga akan menimbulkan selulit.

Artikel lainnya: Sindrom Baby Blues Dan Depresi Pasca Persalinan, Apa Bedanya?

  1. Perubahan pada Vagina

Pada ibu yang melahirkan secara normal, akan mendapati perubahan pada vaginanya. Baik yang dijahit atau tidak, vagina tentunya akan berubah bila dibandingkan sebelum melahirkan.

  1. Kerontokan Rambut

Rambut rontok yang terjadi setelah melahirkan dikaitkan dengan faktor hormonal, yaitu rendahnya kadar estrogen yang membuat pertumbuhan rambut melambat. Karena dipengaruhi masalah hormonal, maka kerontokan ini hanya bersifat sementara.

  1. Berjerawat

Pada wanita hamil dan menyusui, kondisi kulit akan cenderung lebih sensitif dan kering. Ditambah lagi keterbatasan dalam menggunakan produk skin care yang aman, membuat kulit jadi jarang dirawat. Akibatnya, muncul berbagai masalah kulit termasuk jerawat dan bruntusan.

  1. Mudah Berkeringat

Kondisi ini dikenal sebagai sweating postpartum, yaitu ketika seorang wanita yang melahirkan memproduksi keringat berlebih hingga sangat deras. Tentu hal ini sangat mengganggu dan bikin tidak nyaman.

Hal ini dipengaruhi oleh kadar hormonal yang turun pasca persalinan, sehingga keluarlah cairan-cairan yang menumpuk dalam tubuh selama kehamilan.

Itulah tujuh perubahan pada tubuh wanita pasca persalinan. Semua adalah bentuk pengorbanan hebat seorang wanita untuk dapat melahirkan bayinya.

Artikel lainnya: Tips Olahraga bagi Ibu Pasca Persalinan

Meski berubah, perubahan tersebut tidak berarti permanen, kok. Ini dia tips agar perubahan tubuh pasca persalinan tidak menetap:

  • Gunakan bra yang sesuai agar payudara tidak mudah kendur.
  • Lalukan pemijatan rutin di area payudara agar ASI lancar, sehingga payudara cepat kembali ke ukuran awal setelah anak MPASI.
  • Gurita atau stagen boleh digunakan asal tidak langsung saat setelah melahirkan. Lalu, jangan terlalu sering memakainya dan jangan terlalu kencang. Diskusikan dengan dokter mengenai penggunaannya.
  • Selama hamil dan setelah melahirkan, rajinlah mengoleskan minyak zaitun atau krim pelembap lainnya ke kulit perut, bokong, dan paha agar tidak muncul selulit.
  • Melakukan senam kegel untuk mengembalikan kekencangan otot-otot vagina.
  • Olahraga ringan untuk mengembalikan berat badan seperti sebelum hamil. Tapi ingat, jangan berlebihan karena tubuh masih membutuhkan waktu untuk pemulihan pasca persalinan. Tidak disarankan untuk diet ketat, karena akan berpengaruh pada nutrisi ASI yang dihasilkan.
  • Gunakan sampo yang mengatasi kerontokan, serta krim pelembap untuk menutrisi kulit wajah. Kalau memang jerawat dan masalah kulit yang dialami sangat mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Agar tubuh kembali prima dan Anda dapat tampil lebih percaya diri setelah melahirkan, tips-tips di atas dapat membantu.

Tetapi yang paling penting, jangan terlalu terobsesi untuk memiliki fisik tubuh kembali cantik hingga melupakan kesehatan diri dan kecukupan gizi anak.

Perubahan fisik pasca melahirkan bisa diatasi dengan cara-cara sederhana. Sebaiknya, konsultasikan pada dokter terlebih dulu mengenai perawatan dan asupan tubuh. Yuk pakai fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter, bertanya dengan dokter jadi lebih mudah!

(FR/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar