Sukses

Perbedaan Gentle Cesarean dengan Operasi Caesar Biasa

Metode gentle birth pada operasi caesar yang dikenal dengan gentle cesarean kini mulai banyak ditawarkan. Lantas, apa bedanya dengan operasi caesar biasa?

Setiap kali mendengar kata gentle birth, pasti yang terlintas dalam benak Anda adalah persalinan normal yang tenang, damai, nyaman, dan minim rasa sakit. Namun, rupanya metode ini dapat juga diterapkan pada operasi caesar yang dikenal dengan sebutan gentle cesarean atau natural C-section.

Mengenal Gentle Cesarean

Gentle cesarean adalah operasi caesar seperti pada umumnya. Namun, ada beberapa prosedur yang berbeda dengan operasi caesar biasa, dan melibatkan ibu, bayi, dan keluarga.

Tujuan dari metode ini sendiri adalah memberikan pengalaman yang sama seperti melahirkan secara normal, di mana ibu dapat melihat proses persalinan berjalan tanpa ada perasaan takut dan mengurangi nyeri.

Prosedur gentle cesarean sangatlah aman untuk ibu dan bayi. Tapi ingat, prosedur ini haruslah terjadwal dengan baik dan tidak boleh dilakukan pada kasus darurat yang membahayakan ibu dan bayi.

Beberapa manfaat dari persalinan gentle cesarean yaitu:

  • Rasa nyaman dalam proses melahirkan.
  • Meningkatkan bonding ibu dan bayi.
  • Mengurangi risiko perdarahan.
  • Mengurangi infeksi pada luka operasi.
  • Mempersingkat masa perawatan di rumah sakit.
  • Meningkatkan mood ibu, sehingga risiko baby blues syndrome
  • Bayi yang lahir lebih sehat, dan risikonya lebih kecil untuk masuk ke ruang perawatan intensif.

Artikel lainnya: Usai Persalinan Caesar, Kapan Boleh Berhubungan Seks Lagi?

1 dari 3 halaman

Apa Bedanya Gentle Cesarean dengan Operasi Caesar Biasa?

Meskipun sama-sama operasi besar, namun ada beberapa hal yang membedakan keduanya. Perbedaan tersebut terletak pada:

  1. Keterlibatan dalam Proses Melahirkan

Pada operasi caesar biasa, mungkin yang akan terbayang adalah keadaan terbaring di meja operasi dengan kain penutup di dada dan tidak dapat melihat proses melahirkan. Setelah bayi keluar pun, Anda hanya boleh sebentar saja memegang bayi atau bahkan tidak diperbolehkan sama sekali.

Berbeda dengan gentle cesarean, Anda dan pasangan dapat terlibat dalam proses persalinan dengan cara melihat langsung proses persalinan. Lalu, tidak ada kain penutup di dada ibu, melainkan diganti oleh plastik bening yang steril. Sehingga, ibu dapat melihat dan merasakan persalinan caesar seperti persalinan normal.

  1. Waktu Persalinan

Pada metode gentle cesarean, waktu persalinan yang dilakukan tidak terburu-buru dan cenderung lebih lama dibanding operasi caesar biasa. Bahkan, bisa dibilang waktu yang diperlukan hampir menyamai waktu melahirkan secara pervaginam.

Setelah kepala bayi lahir dan tubuh bayi masih di dalam rahim, bayi dapat mulai melakukan pernapasan dari hidung. Pada kondisi ini, dokter akan membiarkan posisi ini berlangsung selama beberapa saat.

Menurut tulisan jurnal “The natural caesarean: a woman-centred technique”, posisi ini sama halnya dengan bayi lahir melalui persalinan normal, di mana memungkinkan terjadinya kompresi pada dada bayi untuk membantu mengeluarkan cairan di paru-paru.

Artikel lainnya: Sedot Lemak Saat Operasi Caesar, Bolehkah?

  1. Kontak dengan Bayi

Dalam proses gentle cesarean, Anda dapat segera melakukan kontak langsung skin to skin dengan bayi sesaat setelah lahir, dengan dibalut handuk hangat dan melakukan inisiasi menyusui dini (IMD).

Semakin cepat melakukan kontak skin to skin, risiko bayi mengalami transient tachypnea of the newborn (TTN) pasca kelahiran akan menurun.

  1. Faktor Penunjang Kenyamanan

Karena bertujuan memberikan rasa nyaman dan tenang selama proses persalinan, proses gentle cesarean membolehkan Anda memutar lagu favorit di ruang operasi. Menarik bukan?

Selain itu, pemasangan alat-alat medis seperti monitor EKG maupun jalur IV dapat dipastikan tidak akan mengganggu proses Anda melihat persalinan, skin to skin, dan IMD.

2 dari 3 halaman

Jadi, Lebih Baik yang Mana?

Keduanya sama-sama baik, tergantung pada kondisi masing-masing. Kalau memang terjadi kegawatdaruratan dalam persalinan, tentu biasanya operasi caesar menjadi pilihan.

Namun, bila memang ingin melakukan persalinan secara caesar, pertimbangkanlah untuk mencoba gentle cesarean.

Meski penggunaan obat bius dapat membantu menghilangkan rasa nyeri selama operasi, namun tentu ada rasa tak nyaman apabila melihat perut operasi secara langsung. Terlebih bagi Anda yang takut akan peralatan medis atau melihat darah.

Setiap proses melahirkan tentu membutuhkan persiapan mental. Persiapkanlah mental Anda dengan baik agar tidak kaget selama proses persalinan berlangsung.

Persalinan gentle cesarean menawarkan sensasi persalinan yang lebih nyaman. Meski demikian, tidak semua dokter dan rumah sakit melakukan metode ini. Jadi, penting untuk berdiskusi lebih lanjut pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan mengenai prosedur persalinan ini.

Jadi, apa Anda tertarik untuk memakai metode gentle cesarean untuk persalinan nanti? Konsultasikan keinginan dan kondisi kehamilan Anda dengan dokter obgyn kami lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter!

(FR/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar