Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Benarkah Berhubungan Seks Bisa Mengatasi Beser?

Manfaat seks bagi kesehatan sangat beragam! Salah satunya adalah untuk menguatkan otot kandung kemih sehingga bisa mengatasi beser.

Selain memuaskan gairah, seks punya banyak manfaat bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Nah, salah satunya adalah mengatasi beser atau sulit menahan kencing.

Sering bolak-balik ke kamar kecil karena sulit menahan kencing istilah medisnya adalah inkontinensia urine. Gangguan pada kandung kemih ini sering terjadi, terutama di kalangan wanita, yaitu sebanyak 15-25 persen.

Kondisi inkontinensia urine kebanyakan dipicu oleh stres, misalnya kontribusi dari pekerjaan, kehidupan sosial, finansial, keluarga, kehidupan seksual, dan lain sebagainya.

Dampak Inkontinensia Urine terhadap Aktivitas Seks

Pada wanita, bisa terjadi buang air kecil secara tiba-tiba saat berhubungan seks. Kondisi ini dikenal sebagai koitus inkontinensia atau coital incontinence.

Selain itu, bisa juga menyebabkan buang air kecil saat malam hari terkait urgensi (baca: kebelet) dan takut mengompol.

Ketakutan terhadap dan inkontinensia urine (ditambah bila ada keluhan bau tak sedap pada vagina) saat berhubungan seks dikaitkan dengan menurunnya tingkat kepercayaan diri wanita.

Pada populasi lansia, inkontinensia urine juga berdampak buruk pada seksualitas. Pertama berhubungan dengan penetrasi, dan kedua berkaitan dengan orgasme.

Dampaknya pada penetrasi berkaitan dengan beser yang dipicu oleh stres. Ini kemungkinan berhubungan dengan disfungsi intrinsik otot sfingter.

Artikel lainnya: Kenali 8 Penyebab Anda Sering Beser

1 dari 3 halaman

Bisakah Seks Menjadi Solusi untuk Mengatasi Beser?

Pada dasarnya, berhubungan seksual secara rutin dapat membantu mengatasi masalah inkontinensia urine atau beser ini. Ini karena secara teori seks yang rutin bisa membantu mengencangkan kekuatan otot bawah panggul.

Saat berhubungan seks, hampir semua otot di tubuh mengalami kontraksi, terutama otot dasar dan kandung kemih.

Pada wanita, ketika mengalami orgasme, rahim, vagina, otot dasar panggul, dan anus berkontraksi dan mengencang selama kurang lebih 20 detik.

Nah, makin sering hubungan seks dilakukan, maka bisa dikatakan makin sering pula otot kandung kemih dilatih.

Itulah yang menjadi alasan kenapa berhubungan seks bisa membantu mengatasi masalah beser, terutama pada wanita.

Artikel lainnya: Apa Beda Beser Akibat Diabetes dan Kebanyakan Minum?

Cara Lain untuk Mengatasi Beser

Selain dengan seks secara rutin, ada juga cara lain untuk memperkuat otot kandung kemih demi menghilangkan keluhan beser, yaitu:

1. Senam Kegel

Anda disarankan untuk melakukan latihan ini secara rutin sebanyak 10 kali pada pagi hari, dan 10 kali pada malam hari, setiap hari selama 5-15 minggu.

Frekuensi tersebut dipercaya akan menunjukkan hasil yang signifikan pada kekuatan otot kandung kemih. Khususnya, dalam mengatasi rasa bolak-balik ingin buang air kecil.

2. Mengelola Stres dengan Baik

Stres dianggap sebagai salah satu penyebab kelemahan fungsional anggota gerak tubuh, terutama persarafan dan otot.

Kekuatan otot kandung kemih yang lemah hingga kesulitan untuk menahan buang air kecil dikaitkan dengan kondisi psikis yang mengalami gangguan.

3. Batasi Konsumsi Minuman yang Bersifat Diuretik

Minuman dikatakan bersifat diuretik karena dapat menyebabkan buang air kecil lebih sering. Misalnya, minuman bersoda, kopi, dan alkohol.

Kurangi dan batasi konsumsi jenis minuman tersebut agar penampungan air di kandung kemih akan bertambah. Ini berdampak pada aktivitas kerja otot kandung kemih.

4. Menjaga Berat Badan

Jagalah pola makan tetap sehat supaya agar berat badan tetap di kisaran ideal. Pasalnya, beberapa penelitian menyebut semakin berat bobot seseorang, maka akan makin besar pula tekanan yang dihasilkan. Ini dapat menciptakan tekanan besar pada kandung kemih yang akhirnya memengaruhi kekuatan ototnya.

Artikel lainnya: 5 Manfaat Seks untuk Kesehatan

2 dari 3 halaman

Manfaat Seks Lainnya

Tak hanya bisa membantu mengatasi beser, manfaat seks dengan pasangan yang bisa didapat antara lain.

  • Menjaga Daya Tahan Tubuh

Ada penelitian yang menunjukan bahwa orang-orang yang melakukan hubungan seks sebanyak 1-2 kali setiap minggunya akan punya daya tahan tubuh yang lebih besar ketimbang orang-orang yang melakukannya kurang dari itu.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah studi menyebut bahwa hubungan seks bisa membantu menurunkan tekanan darah dan tingkat stres pada pasangan suami istri.

  • Bakar Kalori

Meski tidak sebesar dibanding lari di atas treadmill, tetapi jumlah kalori yang terbakar saat berhubungan seks tetap lebih banyak ketimbang hanya duduk menonton TV atau membaca buku.

Jumlah kalori yang dibakar saat melakukan seks adalah 5 kalori setiap menitnya.

  • Tidur Lebih Nyenyak

Orgasme sebagai klimaks hubungan seks membuat tubuh melepaskan hormon prolaktin yang bisa bikin tubuh relaks. Hormon ini turut berperan untuk tidur yang lebih nyenyak.

  • Risiko Penyakit Jantung Menurun

Karena bisa menurunkan tekanan darah, risiko penyakit jantung pun menurun.

Selain itu, seks juga mampu menjaga kadar hormon estrogen dan testosteron tetap stabil. Dua hormon tersebut berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan jantung.

Sebuah studi menyebutkan bahwa seorang pria yang melakukan hubungan seksual setidaknya dua kali seminggu memiliki risiko penyakit jantung setengah lebih rendah daripada mereka yang jarang melakukannya.

  • Turunkan Risiko Kanker Prostat

Studi dalam Journal of the American Medical Association menemukan bahwa pria yang ejakulasi setidaknya 21 kali dalam sebulan memiliki kemungkinan lebih rendah terkena kanker prostat di kemudian hari.

Meski penyebab kanker tak hanya satu faktor, tetapi dengan melakukan seks rutin, setidaknya pria sudah terhindar dari salah satu faktor risikonya.

Itulah penjelasan tentang cara mengatasi atau menghilangkan beser dengan berhubungan seks secara rutin. Bila masih penasaran tentang penanganan beser atau inkontinensia urine, tanyakan langsung ke tim dokter KlikDokter lewat fitur LiveChat baik di website maupun di aplikasi.

(RN/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar