Sukses

Manfaat Madu dan Royal Jelly untuk Kesehatan Gigi

Madu dan royal jelly adalah produk alami dari lebah yang memiliki banyak manfaat sehat. Tidak hanya untuk tubuh, tapi juga untuk kesehatan gigi Anda.

Apakah Anda pernah mengonsumsi madu dan royal jelly? Kedua jenis bahan alami itu telah terbukti mengandung beragam manfaat kesehatan, lho. Tidak hanya untuk tubuh, tapi juga untuk kesehatan gigi dan mulut Anda.

Manfaat madu dan royal jelly untuk kesehatan gigi dan mulut sudah diakui oleh berbagai penelitian. Anda pun dapat menggunakan kedua jenis bahan alami tersebut sebagai terapi pendukung untuk menyembuhkan sakit gigi.

Manfaat Madu untuk Kesehatan Gigi

Madu alami yang sering Anda konsumsi mengandung 82,4% karbohidrat, 38,5% fruktosa, 31% glukosa, 12,9% jenis gula lainnya, 17,1% air dan 0,5% campuran dari protein, mineral, vitamin dan fenol.

Berkat adanya zat-zat tersebut, madu bisa memberikan beragam manfaat berikut untuk kesehatan gigi dan mulut Anda.

  • Mengatasi Periodontitis

Periodontitis adalah penyakit yang terjadi akibat adanya radang gusi yang tidak dirawat. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri yang merusak gusi dan jaringan pendukung gigi di sekitarnya.

Nah, madu dapat merangsang pembentukan sel-sel yang baru sehingga dapat memperbaiki gusi yang rusak akibat bakteri atau pun radikal bebas. Karena itu, madu dapat dijadikan sebagai terapi pendukung untuk mengatasi peridontitis.

  • Menyembuhkan Sariawan

Luka pada mulut atau sariawan bisa terjadi akibat stres, mengonsumsi makanan panas atau asam, cedera, dan lainnya. Kondisi ini tentu bisa bikin kondisi mulut terasa tidak nyaman, apalagi saat makan atau minum.

Untungnya, madu dapat menjadi pengobatan alami dari sariawan. Sebab, madu dapat berperan sebagai lapisan penutup luka sehingga terhindar dari risiko infeksi lanjutan.

Selain itu, madu juga untuk melindungi sariawan dari kontak langsung terhadap kuman yang terdapat di dalam rongga mulut.

Artikel Lainnya: Manfaat Propolis di Pasta Gigi yang Perlu Anda Tahu

  • Mengatasi Infeksi Jamur di Mulut

Candida albicans, candida glabrata, dan candida tropicalis adalah beberapa jenis jamur yang sering menyebabkan infeksi pada selaput lapisan permukaan rongga mulut.

Untuk mengobatinya, Anda bisa mengandalkan madu. Faktanya, madu yang 100% alami dapat menghambat pertumbuhan candida albicans. Sedangkan madu yang dilarutkan 50% dapat menghambat pertumbuhan candida.

Lalu, madu yang dilarutkan 10% dapat menghambat pertumbuhan candida pseudotropicalis.

  • Menjaga Kesehatan Mulut Pengguna Behel Gigi

Selama memakai behel gigi, pasien diharuskan untuk menjaga kebersihan gigi dengan saksama. Jika tidak, bakteri bisa menumpuk di sekitar behel dan menyebabkan gigi berlubang atau radang gusi.

Keluhan-keluhan tersebut bisa dihindari pengguna behel gigi dengan rutin mengonsumsi madu.

Ini karena madu dapat menghambat pembentukan plak gigi dan menjaga supaya tidak terjadi radang gusi selama perawatan behel gigi.

  • Menyembuhkan Luka Akibat Cabut Gigi

Madu memiliki sifat yang dapat menyembuhkan luka di seluruh tubuh, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka bekas cabut gigi.

  • Obat Kumur Alami

Madu dapat bertindak sebagai larutan kumur alami, yang dapat mempertahankan sel agar tidak rusak.

Selain itu, bahan alami ini juga memiliki antibakteri dan anti-radang sehingga dapat membantu meredakan peradangan di dalam tubuh.

Manfaat madu yang satu ini paling dibutuhkan oleh penderita penyakit stomatitis, yaitu peradangan pada jaringan permukaan rongga mulut dan bibir.

Artikel Lainnya: Ini Khasiat Hebat Madu untuk Mengatasi Sariawan

1 dari 2 halaman

Manfaat Royal Jelly untuk Kesehatan Gigi

Royal jelly merupakan produk sekresi dari kelenjar lebah yang tampak seperti serabut kenyal berwarna putih. Terdiri atas 50–60% air, 18% protein, 15% karbohidrat, 3–6% lemak, serta 1,5% mineral dan vitamin.

Royal jelly memiliki kandungan royalactin, yang diketahui bisa membuat ratu lebah hidup lebih lama dibanding lebah lainnya.

Nah, untuk manusia, mengonsumsi royal jelly secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan memberikan manfaat sebagai berikut ini.

  • Menjaga Kebersihan Gigi

Pada gigi yang lepas akibat kecelakaan, penanganan yang terbaik adalah dengan menanam gigi kembali pada ‘lubangnya’. Namun, proses ini biasanya tidak bisa langsung dilakukan karena gigi yang sudah jatuh akan kotor dan penuh kuman.

Untuk menyiasatinya, gigi perlu disimpan dalam larutan royal jelly. Ini dilakukan untuk mempertahankan sel-sel gigi agar dapat tetap hidup. Sehingga, jika ditanamkan kembali oleh dokter, gigi bisa menguat dan digunakan secara normal.

Artikel Lainnya: Benarkah Madu Rentan Picu Kerusakan Gigi?

  • Regenerasi Sel-sel Gigi

Bersama dengan propolis dan kalsium hidroksida, royal jelly dapat memberikan sifat antinyeri, antiradang, merangsang sel gigi yang baru.

Bahan alami ini juga membantu proses regenerasi sel-sel gigi, sehingga dapat menyembuhkan peradangan yang timbul akibat gigi berlubang.

  • Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Pada peradangan di gusi dan sekitar gigi, royal jelly terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri di gusi. Ini membuat bahan alami tersebut mampu menekan risiko terjadinya penyakit periodontitis.

  • ‘Antibiotik’ Alami

Royal jelly memiliki kandungan protein, yang berfungsi sebagai ‘antibiotik’ alami. Oleh karena itu, bahan alami yang berasal dari lebah ini bisa membantu membasmi bakteri dan jamur.

  • Mengatasi Peradangan di Mulut

Royal jelly memiliki sifat antibakteri yang hampir sama dengan larutan Chlorhexidine. Hal ini telah dibuktikan dalam European Journal of Interdisciplinary Studies.

Chlorhexidine biasanya digunakan untuk mengobati peradangan di rongga mulut. Oleh karena itu, royal jelly diduga memiliki manfaat yang kurang lebih sama dengan itu.

Sekarang Anda sudah tahu manfaat madu dan royal jelly untuk kesehatan gigi dan mulut. Apakah Anda tertarik untuk membuktikan sendiri segala manfaat tersebut? Tetap ingat untuk memerhatikan porsi agar tidak berlebihan, ya!

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai kesehatan gigi dan mulut, tak perlu sungkan untuk menanyakan langsung pada dokter dari KlikDokter lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter, ya!

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar