Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tak Cuma Bagus untuk Tubuh, Ini Manfaat Gandum untuk Kecantikan

Tak Cuma Bagus untuk Tubuh, Ini Manfaat Gandum untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan, ternyata ada juga manfaat gandum untuk kecantikan. Anda belum mengetahuinya? Yuk, cari tahu di artikel ini!

Gandum merupakan salah satu makanan yang banyak dipilih sebagai menu sarapan. Kandungan nutrisinya yang sehat dan beragam, serta penyajiannya yang cepat membuat makanan ini menjadi favorit. Tak heran, banyak penelitian membuktikan manfaat gandum sangat baik untuk kesehatan, termasuk kecantikan.

Gandum, Biji-bijian Kaya Manfaat

Gandum termasuk ke dalam kelompok biji-bijian dari tanaman serelia. Biji gandum sendiri, terutama yang utuh, kaya akan vitamin B (B1, B2, niasin, dan asam folat) serta mineral (zat besi, magnesium, dan selenium). Tak hanya itu, gandum utuh juga kaya akan serat, baik serat larut maupun tidak larut.

Manfaat rumput gandum pun banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain diolah menjadi tepung roti, kue, dan pastry. Selain itu, gandum juga sering digunakan sebagai pakan ternak serta difermentasi untuk menghasilkan alkohol.

Karena kandungan seratnya yang tinggi, gandum sering dimanfaatkan pelaku diet untuk menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan. Karena punya indeks glikemik yang lebih rendah, gandum juga banyak dikonsumsi untuk mengontrol kadar gula darah.

Hal lainnya yang tak kalah penting, mengonsumsi gandum dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat larut di dalam gandum utuh dapat membantu menurunkan kolesterol “jahat” di dalam tubuh, yaitu LDL dan trigliserida. Anda pun lebih terjaga dari risiko penyakit jantung dan stroke.

Artikel lainnya: 4 Alasan Roti Gandum Baik untuk Diet Anda

1 dari 2 halaman

Manfaat Gandum untuk Kecantikan

Tak hanya bagus dikonsumsi, manfaat gandum nyatanya juga bisa “diaplikasikan” untuk kecantikan. Berikut adalah manfaat gandum untuk kecantikan yang bisa Anda dapatkan:

  1. Mencerahkan Kulit

Banyak produk kecantikan yang menggunakan gandum sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit. Kandungan gandum yang memiliki vitamin dan mineral mampu mengeluarkan kotoran yang mengendap di wajah dan tubuh.

Kandungan ini juga sekaligus bisa mengangkat sel-sel kulit mati sehingga mencerahkan kulit. Anda bisa menggunakan gandum sebagai masker atau lulur untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Artikel lainnya: Manfaat Gandum Utuh untuk Kesehatan Anak

  1. Melembapkan Kulit

Salah satu kandungan gandum, yaitu beta-glucan, dapat menjaga kulit terhidrasi dengan membentuk lapisan tipis pada permukaan yang menahan air di kulit.

Selain menggunakan produk di pasaran yang mengandung gandum, Anda juga bisa mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaat gandum yang satu ini. Mengonsumsi oatmeal atau roti gandum bisa menjadi pilihan.

  1. Sebagai Pembersih Wajah Alami

Saponin, salah satu senyawa dalam gandum, bermanfaat sebagai pembersih wajah. Zat ini dapat menghilangkan kotoran dan menyerap minyak berlebih dari pori-pori tanpa menyebabkan iritasi.

  1. Sebagai Pengobatan untuk Jerawat

Kandungan zinc dari gandum dapat mengatasi peradangan akibat jerawat dan melawan bakteri penyebab jerawat.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gandum juga dapat mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan menyerap minyak berlebih. Hal-hal tersebut adalah pencetus utama timbulnya jerawat.

Artikel lainnya: Ini Perbedaan Oat, Muesli, dan Granola

  1. Mengatasi Kulit Gatal dan Kering

Gatal dapat disebabkan oleh tingkat pH kulit tinggi dan secara langsung membuat kulit menjadi kering. Kandungan gandum yang memiliki pH lembut dapat menormalkan pH kulit Anda.

Gandum juga dapat membantu mendinginkan kulit yang meradang yang mungkin disebabkan oleh infeksi atau ruam serta mengatasi kulit kering.

  1. Mengurangi Gejala dari Cacar Air

Cacar air akan menimbulkan bintik berair yang sangat gatal hampir di seluruh tubuh penderita. Sejak zaman dulu, gandum digunakan untuk mengatasi rasa gatal tersebut.

Selain itu, kandungan SLS (Sodium Lauryl Sulphate) dapat melindungi kulit dari iritasi akibat cacar air.

  1. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Kandungan antioksidan yang tinggi, salah satunya adalah flovanoid, dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Hal ini secara langsung dapat menurunkan risiko terkena kanker kulit.

Kandungan antioksidan ini akan lebih maksimal didapatkan apabila Anda mengonsumsi biji-bijian ini.

  1. Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe

Seperti yang telah dijelaskan, kandungan gandum dapat mengatasi gatal, mencegah minyak, dan kotoran berlebih yang dapat menyebabkan ketombe.

Kandungan asam lemak omega 3 pada gandum juga dapat membantu rambut yang rusak serta memperkuat folikel rambut dan mencegah kerontokan.

Sekarang Anda tahu banyak sekali manfaat gandum untuk tubuh. Selain untuk kesehatan secara umum, gandum juga baik untuk menunjang kecantikan, baik untuk kulit atau rambut. Intip lagi manfaat gandum lainnya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar