Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Viral Video Lucinta Luna Mengerang, Benarkah Itu Bagian dari Depresi?

Viral Video Lucinta Luna Mengerang, Benarkah Itu Bagian dari Depresi?

Viral sebuah video memperlihatkan selebritas Lucinta Luna sedang mengerang. Benarkah ekspresi yang terlihat salah satu bagian dan gejala depresi?

Belum lama ini jagat media sosial dihebohkan dengan video Lucinta Luna yang mengerang diduga karena alami depresi. Video itu dibagikan oleh sang pengacara, Milano Lubis. Tapi, benarkah itu salah satu gejala depresi?

Seperti diberitakan sebelumnya, selebritas Lucinta Luna belum lama ini ditangkap pihak kepolisian karena ketahuan menyalahgunakan obat tramadol dan riklona. Kedua obat itu termasuk dalam golongan psikotropika. 

Lucinta mengaku menggunakan obat itu untuk menangkal depresi yang dideritanya beberapa waktu terakhir. Bahkan, demi menguatkan alibi kliennya itu sedang depresi, sang pengacara mengunggah sebuah video.

Dalam video tersebut, Lucinta Luna terlihat sedang mengerang dan berteriak seperti sedang ‘kerasukan’. Sang kekasih, Abash, terlihat berusaha menenangkan sosok kontroversial itu.

Video tersebut viral, bahkan sampai dikirim ulang oleh beberapa akun gosip di media sosial. Belakangan diketahui, video itu diambil ketika Lucinta Luna sedang liburan di Yogyakarta pada November tahun lalu.

Milano menunjukkan video itu salah satu untuk membuktikan kalau kliennya memang sedang depresi hingga membutuhkan obat, seperti tramadol dan riklona.

Artikel lainnya: Hal yang Tidak Boleh Dikatakan pada Orang Depresi

1 dari 3 halaman

Benarkah Mengerang Gejala Depresi?

Cukup sulit menerka apakah benar Lucinta Luna benar mengalami depresi hanya lewat sebuah video sedang mengerang. Hal ini diakui oleh Ikhsan Bela Persada, M.Psi., psikolog dari KlikDokter.

Akan tetapi, Ikhsan membenarkan ada jenis depresi dengan gejala demikian, yakni depresi agitasi. Dilansir dari Healthline, depresi agitasi adalah jenis depresi yang melibatkan gejala-gejala seperti gelisah dan marah.

Berbeda dengan depresi pada umumnya yang murung dan lesu, penderita depresi agitasi justru sebaliknya. Selain marah dan cemas berlebihan, penderita depresi jenis ini juga bisa mengalami gejala psikomotorik. Misalnya, menggigiti kuku jari, bergerak terus-menerus, hingga berteriak atau banyak bicara.

Hanya saja, menurut Ikhsan, untuk memastikan hal itu perlu pemeriksaan lebih lanjut langsung dari ahli seperti dokter, psikolog, atau psikiater. Diagnosis tidak bisa dibuat hanya berdasarkan video pendek.

Itu karena bisa saja Lucinta Luna mengalami bipolar, punya gangguan kepribadian, atau hanya sedang mencari perhatian.

Bagi orang yang dalam kondisi depresi berat, memang perlu melakukan pemeriksaan kepada ahlinya, dalam hal ini psikiater. Dalam kasus tertentu, bahkan pemberian obat-obatan dapat diperlukan.

Artikel lainnya: 9 Gejala Depresi yang Tidak Biasa

2 dari 3 halaman

Gejala Depresi

Benar atau tidaknya Lucinta Luna mengalami depresi yang ditandai dengan mengerang seperti orang kesurupan, masih belum jelas. Akan tetapi, menurut Ikhsan, ada beberapa gejala dan ciri depresi, yakni:

  • Suasana hatinya mudah naik turun atau murung.
  • Kehilangan ketertarikan atau kesenangan pada dunia dunia nyata.
  • Mood depresi bisa setiap hari. Ini perasaan seperti hampa, terus dalam keadaan sedih.
  • Tidak minat dengan aktivitas sosial.
  • Penurunan berat badan.
  • Peningkatan nafsu makan.
  • Insomnia atau bahkan terlalu banyak tidur.
  • Perasaan selalu lelah, badan loyo.
  • Tidak ada energi, sakit kepala.
  • Ada perasaan tidak berguna, perasaan bersalah yang besar.
  • Sulit berkonsentrasi, tidak berpikir positif.
  • Ada pikiran untuk bunuh diri.

Itu adalah gejala depresi yang paling umum terjadi. Tapi satu hal yang perlu diketahui adalah penggunaan obat untuk depresi tidak boleh sembarangan. Harus berdasarkan resep dan anjuran dokter atau psikiater.

Jadi, apakah mengerang yang terlihat dari video Lucinta Luna adalah salah satu gejala depresi? Hal itu belum dapat dipastikan. Semua harus melewati pemeriksaan langsung dan saksama dari ahli. Cari tahu info mengenai depresi dan kesehatan mental lainnya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar