Relationship

Bukan Cuma Sayang, Ini Manfaat Bergandengan Tangan untuk Kesehatan

dr. Dyah Novita Anggraini, 15 Feb 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bergandengan tangan menjadi salah satu cara mengungkapkan kasih sayang dengan pasangan. Ternyata, ekspresi ini juga bermanfaat untuk kesehatan, lho.

Bukan Cuma Sayang, Ini Manfaat Bergandengan Tangan untuk Kesehatan

Bergandengan tangan dengan orang terdekat seperti pasangan atau keluarga mungkin dianggap hal sepele yang biasa dilakukan sehari-hari untuk menunjukkan rasa sayang. Namun, tahukah Anda? Banyak sekali manfaat dari berpegangan tangan dengan orang terdekat untuk kesehatan!

Ada penelitian yang dilakukan di Universitas Haifa di Amerika Serikat kepada 22 pasangan heteroseksual dengan interval usia 23-32 tahun yang telah menjalin hubungan kurang lebih satu tahun.

Penelitian ini dilakukan dengan tiga skenario, yaitu pasangan dipisah ruangan, pasangan bersama-sama di satu ruangan namun tidak ada kontak fisik, dan pasangan yang bersama di suatu ruangan dengan berpegangan tangan.

Dengan masing-masing skenario, dilakukan pemeriksaan aktivitas otak menggunakan alat Electroencephalography (EEG). Berikut hasil penelitian yang didapatkan.

  1. Percobaan pertama dilakukan dengan memberikan rasa panas kepada tangan pasangan wanita. Hasil yang didapatkan yaitu rasa panas sedikit berkurang pada pasangan yang berada di dalam satu ruangan.

Sedangkan, panas pada pasangan yang berpegangan tangan menunjukkan rasa nyerinya jauh lebih berkurang.

  1. Berpegangan tangan dapat meningkatkan rasa empati satu sama lain. Karena, terjadi sinkronisasi gelombang otak antar pasangan.
  1. Bergandengan tangan dapat membuat sinkron pernapasan antar pasangan. Sebab, detak jantung antar pasangan menjadi sama.

Artikel Lainnya: 4 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Usai Berhubungan Seks

Manfaat Bergandengan Tangan bagi Kesehatan

Selain memberi rasa nyaman, berpegangan tangan sebagai ungkapan rasa sayang dengan orang terdekat juga menciptakan beberapa manfaat lain untuk kesehatan bagi tubuh, yaitu: 

  1. Mengurangi Gangguan Kecemasan 

Bergandengan tangan dapat membantu mengurangi produksi hormon kortisol, yaitu hormon penyebab stres. 

Ketika menggandeng tangan orang yang kita kasihi, gangguan kecemasan yang ada akan berkurang karena terdapat rasa aman, nyaman, dan tenang. 

  1. Mengurangi Rasa Nyeri 

Rasa nyeri dapat berkurang saat Anda berpegangan tangan. Hal ini berkaitan dengan produksi hormon serotonin yang memberikan rasa nyaman. 

Selain itu, orang yang sedang merasa sakit dapat terbantu dalam mengurangi sensasi rasa nyerinya. Selain itu, rasa nyeri itu dapat “terbagi” ketika orang tersebut bergandengan tangan dengan orang yang dicintai.

Artikel Lainnya: Badan Pegal Usai Hubungan Seks, Cek 5 Penyebabnya

  1. Menyehatkan Jantung

Berpegangan tangan dapat menjaga jantung tetap sehat lho! Dengan melakukan sikap tersebut, tekanan darah dapat selalu terjaga dalam nilai normal dan kecepatan detak jantung dapat terkendali. 

  1. Meningkatkan Imunitas di Dalam Tubuh

Dampak berkurangnya hormon stres saat bergandengan tangan juga dapat membuat daya tahan tubuh meningkat. Dengan begitu, gangguan kesehatan dapat dikurangi.

  1. Mengurangi Risiko Gangguan Stres 

Saat stres terjadi, kadar hormon kortisol di dalam tubuh meningkat. Hal ini dapat dicegah dengan cara berpegangan tangan. Saat bergandengan tangan, terjadi produksi hormon serotonin yang berfungsi menghambat hormon stres.

Artikel Lainnya: Kenali Tanda-Tanda Anda Terjebak dalam Hubungan Toksik

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur 

Bergandengan tangan dapat membuat pikiran menjadi relaks. Efeknya cukup mengagumkan, bisa membuat tidur menjadi lebih cepat dan pulas. 

Lalu, tidur sambil berpegangan tangan dengan pasangan ternyata dapat membantu tidur Anda menjadi lebih berkualitas. 

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak 

Tahukah Anda? Berpegangan tangan dapat mengaktifkan area di dalam otak yang membantu menurunkan kadar produksi hormon stres di dalam tubuh.

Otak dapat bekerja lebih optimal saat tubuh dalam keadaan tenang dan akan memproduksi hormon endorfin yang mampu meningkatkan fungsi otak. Sangat bermanfaat, bukan?

Nah, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari berpegangan tangan untuk kesehatan. Selain itu, kualitas hubungan dengan orang terdekat juga akan semakin erat. Ingin tahu tips menarik tentang hidup sehat lainnya? Yuk langsung download aplikasi KlikDokter!

(FR/AYU)

HubunganStres

Konsultasi Dokter Terkait