Kesehatan Umum

Menghilangkan Bekas Luka Bakar dengan Bawang Merah, Amankah?

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 15 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Selain buat masakan jadi sedap, katanya manfaat bawang merah juga bisa untuk menghilangkan bekas luka bakar. Apakah cara ini aman digunakan?

Menghilangkan Bekas Luka Bakar dengan Bawang Merah, Amankah?

Bawang merah adalah bumbu wajib di setiap menu masakan Indonesia. Selain membuat masakan enak, bawang merah juga punya segudang manfaat untuk kesehatan.

Berbagai khasiat bawang merah untuk kesehatan, di antaranya meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol diabetes, meringankan penyakit lambung, dan juga menurunkan risiko terkena kanker.

Bagi Anda yang memiliki alergi, bawang merah juga bisa digunakan untuk mengatasinya. Ini karena rempah tersebut memiliki kandungan antibakteri dan antivirus sehingga dapat membantu mengobati sejumlah alergi dan infeksi pada kulit.

Selain itu, kabarnya bawang merah bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi luka bakar. Benarkah Anda bisa menghilangkan bekas luka dengan bawang merah? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Manfaat Bawang Merah untuk Luka Bakar

Begitu banyak manfaat bawang merah untuk kesehatan, termasuk untuk kulit. Lalu, bagaimana dengan manfaat bawang merah untuk mengatasi luka bakar?

Bawang merah dikatakan bermanfaat untuk atasi bekas luka bakar, karena memiliki sifat antibakteri, mampu mencegah kerusakan sel, dan meningkatkan aktivitas fibrinolitik yang baik dalam mengobati luka.

Hal ini dibuktikan dalam beberapa penelitian yang menguji manfaat bawang merah terhadap tikus dengan kondisi luka bakar ringan.

Penelitian pertama dilakukan oleh ahli dari Bali pada tahun 2017. Pada penelitian ini, ekstrak etanol bawang merah diuji pada tikus wistar yang memiliki kondisi luka bakar ringan.

Hasilnya, bawang merah ditemukan dapat menyembuhkan luka bakar ringan derajat II pada tikus wistar yang terpapar panas. Perawatan dengan ekstrak bawang merah ini dilakukan selama 10 hari dan mampu mengecilkan luas luka bakar secara perlahan.

Artikel Lainnya: Mitos Seputar Penanganan Luka Bakar Ringan

Kedua, penelitian dilakukan pada tahun 2016 dan hasilnya pun serupa. Pada penelitian ini, digunakan seekor tikus yang mengalami infeksi pada luka bakarnya dan diberikan ekstrak bawang merah oles.

Dari hasil penelitian tersebut ditemukan, ekstrak bawang merah yang digunakan memang mampu menyembuhkan luka bakar ringan pada tikus tersebut.

Para peneliti juga berpendapat bahwa kandungan flavonoid, sulfur, dan selenium dari bawang merah adalah zat yang penting untuk menyembuhkan luka bakar.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar dengan Bawang Merah

Memang terdapat beberapa penelitian yang menyatakan bahwa ekstrak bawang merah dapat menyembuhkan luka bakar. Kendati demikian, penelitian tersebut baru sebatas pada hewan.

Terkait manfaat bawang merah untuk mengatasi luka bakar pada manusia, masih memerlukan penelitian lanjutan. Pasalnya, sampai saat ini belum diketahui pasti efektivitas bawang merah terhadap luka bakar pada manusia.

Jadi, jangan mengandalkan bawang merah untuk menghilangkan bekas luka bakar. Perlu Anda ingat, perawatan luka bakar bergantung pada derajat dan ukuran luka. Karenanya, hindari mengoleskan luka bakar dengan bahan tertentu tanpa konsultasi dengan dokter.

Itulah penjelasan seputar bawang merah yang dikabarkan bisa mengatasi luka bakar. Meskipun bawang merah terbukti dapat mengatasi luka bakar dalam berbagai penelitian terhadap hewan, penelitian dengan hasil serupa terhadap manusia masih dibutuhkan.

Ingat juga bahwa penanganan pertama pada luka bakar penting. Caranya, alirkan air dingin pada kulit yang terbakar selama kurang lebih 5 menit. Kemudian oleskan salep antibiotik tipis-tipis pada luka. Setelahnya, tutup dengan kain kasa steril anti lengket untuk melindungi area tersebut dari infeksi dan membantu pemulihan luka.

Untuk konsultasi cepat dan praktis, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lewat fitur Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

[WA]

bawang merahLuka Bakar

Konsultasi Dokter Terkait