Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Lagi Cari Jodoh? Ini Tanda Kamu Tak Cocok Main Aplikasi Kencan Online

Lagi Cari Jodoh? Ini Tanda Kamu Tak Cocok Main Aplikasi Kencan Online

Tertarik keberhasilan teman yang langsung punya pacar dari aplikasi kencan online? Sah-sah saja, sih. Tapi, yakin nggak kalau kamu cocok main aplikasi itu?

Aplikasi kencan online, seperti Tinder, Tantan, Bumble, OkCupid, memang tengah disukai kaum muda. Ini karena  aplikasi tersebut memiliki banyak sekali opsi calon pasangan tanpa harus berinteraksi secara langsung alias lebih simpel prosesnya!

Hal itu dibenarkan pula oleh Zarra Dwi Monica, M.Psi, Psikolog dari KlikDokter. Menurutnya, aplikasi kencan online memang mempermudah seseorang untuk mendapat pilihan pasangan dengan lebih cepat.

“Ini karena orang banyak yang sibuk bekerja, jadi mereka sering mengandalkan aplikasi ini,” kata Zarra.

Namun, tidak semua orang cocok, lho, untuk main aplikasi kencan. Pasalnya, ada beberapa karakter yang menunjukan cocok atau tidaknya diri Anda untuk mencari tambatan hati tipe lewat online. Apa saja ciri-ciri orang yang tidak cocok main aplikasi kencan online?

Tanda Anda Tidak Cocok Main Aplikasi Kencan Online

Di tengah banyaknya orang yang menggunakan aplikasi dating, ada juga yang tidak cocok. Untuk menentukan apakah Anda orang yang tidak cocok bermain aplikasi kencan online, Zarra akan menjelaskan ciri-cirinya lewat uraian di bawah ini.

  1. Tidak Mengutamakan Fisik dan Butuh Waktu Lama dalam PDKT

Seperti yang sempat disinggung di atas, aplikasi ini sangat berhubungan dengan kecepatan waktu. Biasanya, orang yang butuh waktu lama untuk suka seseorang merasa tak nyaman saat bermain aplikasi dating.

Mereka ini tipikal yang tidak bisa langsung tertarik hanya dengan tampilan fisik semata. Mereka lebih tertarik pada kepribadian dan cara bersikap sehari-hari.

Padahal, tahu sendiri, kan, kalau di aplikasi kencan online pemilihan “kandidat” sangat bergantung dari foto yang ditampilkan?

Apabila Anda tipikal orang yang mesti berteman lama dulu untuk menyukai seseorang, jangan heran kalau tidak pernah berhasil dapat gebetan lewat aplikasi dating.

Artikel Lainnya: Kiat Aman Cari Pasangan Lewat Online Dating

  1. Mudah Baper dan Menganggap Segala Sesuatunya Serius

Sudah jadi rahasia umum bahwa orang-orang yang bermain aplikasi kencan online, tidak hanya mendekati satu orang saja. Oleh karena itu, orang yang mudah terbawa perasaan (baper) disarankan untuk tidak bermain aplikasi ini, deh.

“Pujian atau rayuan pasti nggak hanya diberikan pada Anda seorang. Orang yang mudah baper akan langsung menganggap si dia yang memberi pujian itu hendak menjalin hubungan serius dengannya. Alhasil, Anda pun langsung berharap banyak untuk dijadikan kekasih, bahkan sampai berharap jadi pasangan hidup,” tutur Zarra.

Ingat, terlalu berharap bisa menimbulkan rasa kecewa yang besar juga. Maka dari itu, hindari rasa baper berlebih atau atur ekspektasi Anda saat mau aplikasi kencan online serendah mungkin.

  1. Tidak Memiliki Pengetahuan Seksualitas yang Cukup

Zarra mengatakan orang yang tidak memiliki banyak pengetahuan tentang hal berbau seksual, sebaiknya berhati-hati bila ingin mencari pasangan di aplikasi dating.

Pasalnya, banyak pula orang yang hanya mencari “mangsa” di aplikasi tersebut. Kalau terlalu polos, bisa-bisa Anda menjadi korban pelecehan seksual, baik secara langsung maupun virtual. 

Artikel Lainnya: Depresi, Ancaman di Balik Kencan Online

  1. Punya Tingkat Percaya Diri yang Kurang

Jika sedari awal Anda sudah tidak pede (percaya diri) pada penampilan sendiri, sebaiknya nanti-nanti dulu cari pacar lewat aplikasi online.

Ini karena aplikasi kencan online ini mirip dengan kompetisi kecantikan. Makin menarik foto yang ditampilkan, semakin banyak pula orang yang mau “swipe ke kanan”.

Begitu pula sebaliknya, apabila foto Anda dianggap tidak menarik, maka dipastikan bakal sulit mendapatkan orang yang mau match. Ujung-ujungnya, itu akan membuat Anda jadi semakin tidak percaya diri.

Bahkan, ada orang yang menganggap dirinya tidak pantas dapat kekasih gara-gara tidak ada yang mau match dengan dirinya di aplikasi kencan.

  1. Punya Kenangan Buruk dengan Orang di Media Sosial

Dulu pernah berkenalan dengan seseorang di media sosial. Lalu, berujung pada peristiwa yang tidak mengenakkan? Sebaiknya, urungkan dulu niatan untuk mencari jodoh di aplikasi dating.

Pasalnya, hal ini bisa mengembalikan rasa trauma walaupun orang yang dijumpai di aplikasi dating sebenarnya orang baik, ya.

Jika rasa trauma belum benar-benar sembuh, nantinya saat Anda cenderung tidak menikmati dan dipenuhi rasa curiga berlebih saat berinteraksi.

Artikel Lainnya: Awas, Kecanduan Media Sosial Bisa Picu Gangguan Jiwa!

  1. Tidak Pandai Berbasa-basi

Namanya orang baru kenal, pasti butuh obrolan-obrolan standar mengenai asal-usul dan semacamnya.

Buat orang yang malas berbasa-basi, apalagi jarang memegang handphone, itu akan menghambat momen perkenalan dan mendapatkan pasangan yang diinginkan. Maka, bisa dipastikan Anda kurang cocok main aplikasi kencan ini.

  1. Sudah Punya Pasangan Hidup

Ya, pada dasarnya, aplikasi dating online ini ditujukan bagi mereka yang masih single dan mencari tambatan hati.

Mungkin bagi orang yang sudah memiliki suami atau istri, bermain aplikasi kencan online hanya sebagai bahan bercandaan atau sedikit bersenang-senang.

Namun hati-hati, rumah tangga bisa berantakan kalau sampai Anda melewati batas, apalagi ketahuan pasangan resmi!

Mungkin suami atau istri Anda tidak punya akun aplikasi dating. Tapi, bisa saja kan ada teman atau saudara yang bermain dan memergoki bahwa Anda masih mencari yang lain?

Artikel Lainnya: Cegah Catfishing, Ini Cara agar Tak Baper dan Tertipu di Dunia Maya

1 dari 2 halaman

Tips Main Aplikasi Dating

Sementara itu, bagi Anda yang cocok dan memang suka bermain aplikasi kencan online, Zarra punya beberapa tips yang bisa dilakukan agar tidak jadi bumerang di kemudian hari. Berikut tips pentingnya:

  • Tetaplah berkontak dengan realita. Jangan sampai dunia Anda hanya disita oleh aplikasi tersebut. Siapa tahu, pasangan sejati Anda ternyata adalah orang di sekitar?
  • Tahu kapan harus berhenti memainkannya. Ketika sudah punya pasangan hidup, lebih baik “pensiun” saja dari masa pencarian lewat aplikasi apa pun.
  • Tanya pendapat yang lain. Saat dekat dengan seseorang, jangan lupa untuk tanyakan pendapat orang lain. Jika yang Anda dekati adalah wanita, maka tak ada salahnya minta sudut pandang dari teman wanita.

Kalau yang didekati adalah pria, cari sudut pandang lain dari teman pria. Tujuannya, agar ada penilaian objektif dan Anda tidak terlalu dibutakan penampilan semata.

  • Jangan gampang diajak bertemu. Butuh waktu untuk sampai ke tahap ini. Jika memang ingin bertemu, pilih lokasi yang ramai dan tidak terlalu jauh dari lokasi tempat tinggal Anda.
  • Jangan mau berbagai identitas terlalu banyak. Apabila ada orang yang meminta untuk dikirimkan alamat, foto atau video dengan pakaian terbuka apalagi telanjang, jangan pernah mengirimkannya. Tak perlu berkomunikasi lagi dengan orang itu.

Sudah tahu, kan, ciri-ciri orang yang tak cocok bermain aplikasi kencan online? Intinya, tetap waspada saat main aplikasi online, karena Anda tidak tahu benar siapa orang yang berinteraksi dengan Anda. apabila  masih ada pertanyaan terkait hubungan ataupun masalah psikologis lainnya, bisa Anda konsultasikan kepada psikolog kami melalui fitur Live Chat yang bisa diunduh di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

1 Komentar