Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Setelah Sakit, Ini Waktu yang Tepat untuk Kembali Ngantor

Setelah Sakit, Ini Waktu yang Tepat untuk Kembali Ngantor

Usai pulih dari sakit, bolehkah langsung masuk kerja? Agar tak salah langkah, Ini lho waktu yang tepat agar Anda bisa segera ngantor.

Cuaca yang tak menentu, daya tahan tubuh turun, kerap membuat Anda jatuh sakit dan memerlukan istirahat di rumah untuk sementara waktu. Setelah kondisi sehat, Anda tentu ingin segera kembali ngantor lagi kan?

Pertanyaannya, kapan waktu yang paling pas untuk kembali bekerja dan bagaimana agar kita cepat pulih supaya bisa kembali bekerja?

Waktu yang Tepat Bekerja Kembali setelah Rehat dari Sakit

Jawaban dari pertanyaan di atas sebenarnya bergantung pada dua hal, yakni, jenis penyakit yang Anda alami dan jenis pekerjaan Anda. Dari banyaknya macam penyakit, setidaknya dua penyakit inilah yang paling banyak menyerang pekerja hingga tak bisa bekerja.

1. Influenza

Pada penyakit infeksi, seperti common cold akibat infeksi virus, radang tenggorokan akibat virus maupun bakteri, sebaiknya Anda tetap istirahat di rumah terutama dalam beberapa hari pertama penyakit tersebut terjadi.

Sebagai contoh, untuk kondisi flu (influenza) masa penularannya adalah dalam lima hari pertama terinfeksi. Karena itu, sebaiknya dalam rentang waktu tersebut, Anda beristirahat di rumah.

Selain itu, panduan lain adalah bila suhu tubuh Anda masih tinggi (demam), sebaiknya Anda tetap tinggal di rumah. Demam menandakan infeksi masih berlangsung dan kemungkinan besar Anda dapat menularkan ke rekan kerja lainnya.

Selain itu, dalam kondisi demam, tubuh memerlukan istirahat sebagai salah satu hal penyokong untuk melawan penyakit. Jadi, bila Anda mengalami penyakit di atas, Anda boleh kembali bekerja lagi setidaknya setelah sudah bebas demam dan sudah lewat dari masa penularan.

2. Gangguan Pencernaan

Sementara itu, bila Anda mengalami gangguan pencernaan seperti buang air besar cair (diare) atau muntah, Anda harus memperhatikan apakah masih mengalami gejala gangguan pencernaan tersebut dan komplikasinya.

Bila Anda mengalami tanda kekurangan cairan, seperti badan lemas, buang air kecil sedikit, kaki dan tangan teraba dingin, sebaiknya tunda dulu hasrat untuk bekerja dan beristirahat di rumah.

Perbanyak asupan cairan untuk mengganti cairan yang hilang akibat muntah dan diare. Anda bisa dikatakan sehat jika feses yang dikeluarkan dan muntah sudah berkurang serta tidak mengalami dehidrasi lagi.

Bila Anda bingung menentukan kapan waktu paling ideal untuk kembali bekerja, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Supaya dokter bisa menentukan diagnosis penyakit Anda.

Biasanya, dokter akan mengobservasi apakah Anda layak untuk bekerja dengan mempertimbangkan jenis penyakit dan pekerjaan Anda, serta berapa lama waktu istirahat yang Anda perlukan untuk pulih dari kondisi tersebut. Setelah itu, barulah dokter dapat menuliskan surat keterangan untuk menjelaskan kondisi Anda.

Artikel Lainnya: 5 Tips Bangkitkan Semangat di Kantor Usai Liburan

Cara Cepat Pulih agar Segera Kembali Bekerja

Mungkin Anda bosan mendengar nasihat bahwa melakukan pola hidup sehat amat penting. Namun, memang begitulah faktanya. Jika ingin mempunyai tubuh senantiasa sehat, menjalani gaya hidup sehat adalah kuncinya.

Rutin menerapkan kebiasaan yang menyehatkan bukan hanya menghindari Anda dari berbagai penyakit, tetapi juga membuat Anda lebih cepat pulih dan bugar kembali setelah sakit.

Apa saja sih kebiasaan baik tersebut yang bisa mempercepat pemulihan supaya bisa bekerja kembali? Ini beberapa di antaranya:

  • Rutin Mencuci Tangan

Banyak yang menyepelekan hal ini, padahal nyatanya cuci tangan adalah langkah yang sangat efektif untuk mencegah berbagai penyakit. Karena itu, biasakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20 detik.

Cucilah tangan setelah menggunakan toilet, menyentuh hewan peliharaan dan sebelum makan, serta saat tangan tampak kotor. Bila di sekitar Anda tidak tersedia sabun dan air mengalir, Anda boleh menggunakan cairan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

  • Makan Makanan Bergizi Lengkap

Kondisi badan sehat amat didukung oleh asupan makanan yang bergizi. Makanan merupakan salah satu modal utama untuk menjaga kebugaran tubuh Anda.

Saat sedang sakit, konsumsilah makanan yang mengandung protein seperti daging, ikan, ayam, tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Protein dapat menjadi sumber energi dan berperan sebagai zat pembangun untuk memulihkan tubuh Anda pasca sakit.

Selain itu, perkaya juga dengan lemak yang sehat, yakni lemak tak jenuh seperti omega-3 dan omega-6 yang dapat Anda peroleh dari kacang-kacangan dan ikan.

Artikel Lainnya: Tips Semangat Kembali Ngantor Usai Libur Lebaran

  • Perbanyak Buah dan Sayur

Selain mengonsumsi protein dan lemak yang baik, perbanyak porsi buah dan sayur dalam menu harian Anda. Para pakar menyarankan setiap orang mengonsumsi setidaknya tiga porsi sayur dan buah setiap harinya.

Sayur dan buah mengandung mikronutrien seperti vitamin dan mineral yang berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan berbagai proses metabolisme lainnya dalam tubuh Anda.

Selain itu, kandungan serat dalam sayur dan buah juga baik untuk kesehatan pencernaan Anda.

  • Istirahat yang Cukup

Saat sedang sakit dan baru pulih, Anda perlu istirahat untuk memulihkan kondisi badan. Karena itu, urungkan niat begadang dan manfaatkan waktu untuk beristirahat.

Anda juga bisa menerapkan kebiasaan sleep hygiene untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

  • Minum Air Putih

Terakhir namun tak kalah penting adalah minum air putih setiap hari dalam jumlah cukup. Komponen terbesar dari tubuh manusia adalah air, karena itu Anda perlu minum air putih setidaknya 2 liter per hari.

Dengan minum air putih cukup, Anda akan terhindar dari dehidrasi (kekurangan cairan) dan tubuh akan lebih cepat fit kembali.

Untuk menentukan waktu yang ideal kembali ke kantor pasca sakit rupanya bukan perkara sederhana. Bila diperlukan, Anda boleh berkonsultasi ke dokter untuk memastikan apakah Anda sudah dalam kondisi sehat dan siap untuk bekerja.

Sementara itu, pastikan Anda terus menjaga kondisi badan tetap sehat setiap hari demi mencegah terserang berbagai penyakit. Konsultasikan penyakit Anda melalui fitur Chat di aplikasi KlikDokter.

(RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar