Sukses

Ini yang Harus Dilakukan setelah Melepas Kawat Gigi

Setelah perawatan behel dilepas, Anda perlu melakukan beberapa hal di bawah ini untuk mempertahankan posisi gigi agar tidak berubah.

Lepas behel atau kawat gigi menjadi suatu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh penggunanya. Sebab, itu tandanya perawatan telah selesai.

Pemakaian behel merupakan salah satu perawatan ortodontik untuk memperbaiki kondisi gigi yang tidak rapi menjadi selaras dalam satu lengkung rahang.

Namun, bagi Anda yang selesai menggunakan kawat gigi, bukan berarti perawatan gigi usai begitu saja. Jika kondisi gigi tidak dijaga dengan baik, maka gigi dapat berpindah posisi dan jadi tidak rapi lagi.

Oleh karena itu, diperlukan perawatan lanjutan agar hasil yang diperoleh dapat dipertahankan.

Artikel lainnya: Merapikan Gigi Dengan Invisalign atau Kawat Gigi, Ini Bedanya!

Perawatan Penting setelah Melepas Kawat Gigi 

Untuk menjaga agar gigi tetap rapi, bersih, dan selaras, diperlukan perawatan lanjutan setelah selesai menggunakan behel, di antaranya:

  1. Menggunakan Retainer

Gigi memiliki kecenderungan alami untuk bergerak kembali ke posisi semula atau yang biasa disebut relaps. Risiko kemungkinan terbesar gigi tersebut untuk bergerak muncul dalam beberapa minggu hingga bulan pertama setelah kawat gigi dilepas.

Menurut American Association of Orthodontists, dokter gigi akan membuatkan alat retainer yang menjadi satu langkah penting untuk mempertahankan posisi lengkung gigi setelah perawatan ortodontik berakhir.

Ada beberapa jenis retainer dari dokter sesuai dengan kondisi gigi. Fase perawatan "retensi" ini sangat penting untuk menjaga stabilitas jangka panjang hasil perawatan. Pastikan untuk selalu membersihkan retainer dengan sikat gigi yang lembut setelah menggunakannya.

  1. Hindari Makanan Tertentu

Setelah behel dilepas, gigi akan terasa lebih sensitif untuk sementara waktu. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan atau minuman yang dapat menimbulkan sensitivitas di gigi, seperti suhu yang terlalu dingin atau panas, dan rasa asam.

  1. Hindari Memutihkan Gigi

Memiliki gigi putih bak mutiara adalah impian semua orang. Namun, pada beberapa pasien ortodontik akan terlihat bintik-bintik kecil perubahan warna pada permukaan gigi mereka.

Hal tersebut seringkali muncul setelah kawat gigi dilepas. Ini terjadi karena bracket dan peralatan ortodontik lainnya menutupi bagian-bagian tertentu dari masing-masing gigi. Selain itu, sisa makanan yang menempel membuat warna gigi menjadi tidak merata.

Pemutihan gigi perlu dipertimbangkan untuk mengatasinya. Namun, sebaiknya hindari dulu 1-2 bulan setelah alat dilepas. Sebab, gigi akan makin sensitif ketika produk pemutih dioleskan pada gigi sehingga dapat memicu ketidaknyamanan.

Artikel lainnya: Bahaya Melakukan Perawatan Gigi di Tukang Gigi

  1. Pemeriksaan Rutin

Setelah melepas kawat gigi, penting untuk menjadwalkan kembali pemeriksaan dan pembersihan gigi. Hal ini berguna untuk memastikan tidak ada masalah mulut yang berkembang selama perawatan ortodontik berlangsung.

Fungsi lainnya yaitu untuk menyingkirkan penumpukkan karang gigi yang mungkin terjadi saat kawat digunakan. Karena, kawat gigi dapat membuat plak dan sisa makanan menempel di antara lekukan kecil yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

  1. Rutin Membersihkan Gigi

 

Membersihkan gigi secara rutin adalah langkah yang tepat untuk mempertahankan gigi agar tetap bersih dan sehat. Sikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan bulu sikat yang lembut.

Gantilah sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali atau ketika bulu sudah terlihat rusak. Gunakan pula pasta gigi yang mengandung fluoride agar gigi tetap kuat dan terhindar dari lubang. Sikatlah gigi secara lembut dan benar agar tidak melukai jaringan lunak mulut lainnya.

Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela gigi atau yang biasa disebut flossing. Gunakan benang khusus untuk menghilangkan plak dan sisa partikel makanan yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi.

Boleh saja untuk berkumur dengan obat kumur. Tetapi, kalau gigi Anda memerlukan sedikit perlindungan lebih dari sekadar menyikat gigi dan flossing, bicarakan dengan dokter gigi tentang pilihan obat kumur yang tepat.

Artikel lainnya: Cara Tepat Atasi Kawat Gigi Longgar

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Selain membersihkan gigi secara rutin, menjaga asupan makanan juga perlu dilakukan. Makan banyak sayur dan buah dapat membuat gigi lebih sehat dan kuat.

Batasi pula makanan yang mengandung gula tinggi atau minuman yang dapat meninggalkan noda di permukaan gigi, seperti teh atau kopi.

Bila Anda ingin tetap mengonsumsinya, jangan lupa untuk membilas gigi setelahnya. Ini berguna untuk mencegah agar noda tidak menempel dan menjaga agar gigi tetap putih.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan setelah lepas behel. Lakukanlah dengan konsisten agar mendapatkan gigi yang rapi dan sehat, serta senyum yang indah. Bila ingin konsultasi dengan mudah dan cepat bersama dokter gigi, pakai fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter!

(FR/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar