Gigi Mulut

Ini yang Harus Dilakukan Setelah Melepas Kawat Gigi

drg. Callista Argentina, 31 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Setelah perawatan behel dilepas, Anda perlu melakukan beberapa hal untuk mempertahankan posisi gigi agar tidak berubah. Yuk, perhatikan cara-caranya berikut ini!

Ini yang Harus Dilakukan Setelah Melepas Kawat Gigi

Lepas behel atau kawat gigi menjadi suatu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh penggunanya. Sebab, itu tandanya perawatan telah selesai.

Pemakaian behel merupakan salah satu perawatan ortodontik untuk memperbaiki kondisi gigi yang tidak rapi menjadi selaras dalam satu lengkung rahang.

Bagi Anda yang selesai menggunakan kawat gigi, bukan berarti perawatan gigi usai begitu saja. Jika kondisi gigi tidak dijaga dengan baik, maka gigi dapat berpindah posisi dan jadi tidak rapi lagi.

Oleh karena itu, diperlukan perawatan lanjutan agar hasil yang diperoleh dapat dipertahankan. 

Berikut adalah beberapa perawatan setelah lepas behel yang perlu Anda perhatikan dengan baik: 

1. Menggunakan Retainer Gigi

Gigi memiliki kecenderungan alami untuk bergerak kembali ke posisi semula atau yang biasa disebut relapse. Risiko kemungkinan terbesar gigi tersebut untuk bergerak muncul dalam beberapa minggu hingga bulan pertama setelah kawat gigi dilepas. 

Menurut American Association of Orthodontists, dokter gigi akan membuatkan alat retainer yang dapat mempertahankan posisi lengkung gigi setelah behel dilepas.

Ada beberapa jenis retainer dari dokter sesuai dengan kondisi gigi. Fase perawatan "retensi" ini sangat penting untuk menjaga stabilitas jangka panjang hasil perawatan. 

Pastikan untuk selalu membersihkan retainer dengan sikat gigi yang lembut setelah menggunakannya.

Artikel lainnya: Dampak Negatif Kawat Gigi yang Perlu Anda Tahu

2. Hindari Makanan Tertentu

Setelah lepas behel, gigi akan terasa lebih sensitif untuk sementara waktu. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan atau minuman yang dapat menimbulkan sensitivitas di gigi

Makanan yang dimaksud adalah makanan dengan suhu yang terlalu dingin atau panas, terasa asam dan keras, misalnya:

  • Jus lemon
  • Popcorn
  • Jenis goreng-gorengan
  • Es krim
  • Minuman dingin
  • Dan lainnya

3. Hindari Memutihkan Gigi

Memiliki gigi rapi dan putih bak mutiara adalah impian semua orang. Namun, pada beberapa pasien ortodontik, setelah behel dilepas akan terlihat bintik-bintik kecil dan  perubahan warna tidak merata pada permukaan gigi mereka. 

Ini terjadi karena bracket dan peralatan ortodontik lainnya menutupi bagian-bagian tertentu dari masing-masing gigi. 

Selain itu, bisa karena sisa makanan yang menempel membuat warna gigi menjadi tidak merata ataupun karena sudah terbentuknya karies gigi.

Untuk mengatasinya, biasanya perlu prosedur pemutihan gigi atau bleaching gigi. 

Namun, sebaiknya tunda dulu pemutihan gigi sekitar 1-2 bulan setelah lepas behel. Sebab, gigi akan makin sensitif ketika terkena produk pemutih dan dapat memicu ketidaknyamanan serta ngilu.

4. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Setelah melepas kawat gigi, penting untuk menjadwalkan kembali pemeriksaan dan pembersihan gigi. Biasanya dokter akan menjadwalkan enam bulan setelah behel dilepas. 

Hal ini berguna untuk memastikan tidak ada masalah mulut yang berkembang selama perawatan ortodontik berlangsung.

Fungsi lainnya yaitu untuk menyingkirkan penumpukan karang gigi yang mungkin terjadi saat kawat digunakan. Karena, kawat gigi dapat membuat plak dan sisa makanan menempel di antara lekukan kecil yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

Artikel lainnya: Untuk Pemula, Ini Tips Merawat Gigi dengan Behel

5. Rutin Membersihkan Gigi

Membersihkan gigi secara rutin adalah langkah yang tepat untuk mempertahankan gigi agar tetap bersih dan sehat. Sikat gigi setidaknya dua kali sehari selama dua menit dengan bulu sikat yang lembut.

Gantilah sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali atau ketika bulu sudah terlihat rusak. Gunakan pula pasta gigi yang mengandung fluoride agar gigi tetap kuat dan terhindar dari lubang. Sikatlah gigi secara lembut dan benar agar tidak melukai jaringan lunak mulut lainnya.

Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela gigi atau yang biasa disebut flossing. Gunakan benang khusus gigi untuk menghilangkan plak dan sisa partikel makanan di sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi.

Berkumur dengan obat kumur juga boleh dilakukan, tetapi hanya untuk sesekali saja. Jika gigi Anda memerlukan perlindungan lebih dari sekadar menyikat gigi dan flossing, bicarakan dengan dokter gigi tentang pilihan obat kumur yang tepat. 

Karena salah memilih obat kumur dan salah cara penggunaannya, bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Menjaga asupan makanan penting dilakukan setelah lepas behel. Makan banyak sayur dan buah yang berserat serta berair dapat membuat gigi lebih sehat dan kuat. 

Sebab, kandungan serat di dalam sayur dan buah dapat membantu menggosok permukaan gigi agar menjadi lebih bersih dan bebas dari penumpukan plak gigi.

Batasi makanan yang mengandung gula tinggi atau minuman yang dapat meninggalkan noda di permukaan gigi, seperti teh atau kopi. 

Bila Anda ingin tetap mengonsumsinya, jangan lupa untuk membilas gigi dengan air putih setelahnya. Ini berguna untuk mencegah agar noda tidak menempel dan menjaga agar gigi tetap putih.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda perhatikan setelah behel dilepas. Lakukanlah dengan konsisten agar mendapatkan gigi yang tetap rapi dan sehat, serta senyum yang indah. 

Baca artikel lainnya mengenai kesehatan gigi dan mulut di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat 24 jam.

[RS]

behelKawat gigi

Konsultasi Dokter Terkait