Sukses

Kiat Jitu Memilih Makanan dan Minuman Sehat di Warteg

Warteg masih menjadi tempat makan favorit karena murah dan banyak menunya. Agar tetap sehat, simak tips makan makanan di warteg berikut ini.

Terkadang tidak semua orang punya waktu untuk menyiapkan bekal atau memasak makanan sehat untuk dibawa ke kantor. Maka dari itu, beberapa orang kadang memilih makan siang di warteg yang terkenal murah, banyak menu, dan yang pasti kenyang, dong.

Makan di warteg sebenarnya boleh-boleh saja. Bahkan, tempat makan yang dikenal dari akronim “Warung Tegal”, ini suka menjadi pilihan para vegan (sebutan vegetarian) karena menyediakan berbagai macam sayuran. Jadi, bisa dikatakan kalau makan di warteg itu cukup sehat, ya?

Namun, jangan sampai kecele. Alih-alih mau makan sehat dan murah, yang ada malah mengambil lauk yang penuh lemak dan kolesterol. Ini bisa membuat arti makan di warteg jadi double, lho!

Memang, sih, biaya makan di warteg itu tergolong murah. Tapi, kalau sering makan makanan warteg yang tidak sehat, apa biaya rawat di rumah sakit nanti jadi tidak mahal?

Untuk itu, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk tetap bisa makan sehat di warteg atau bahkan di kantin prasmanan kantor. Simak baik-baik uraian di bawah ini, ya!

Artikel Lainnya: 10 Makanan Sehat ini Tidak Boleh Anda Makan Berlebihan

Tips Makan di Warteg Tetap Sehat dan Juga Kenyang

Sebelum masuk lebih jauh ke tips memilih makanan yang sehat saat lunch atau dinner di warteg, Anda harus tahu dulu asupan apa yang dibutuhkan tubuh sehari-hari.

Makanan sehat yang dibutuhkan tubuh secara garis besar dari sayuran, buah, biji-bijian, susu, dan juga lauk daging hewan. Setiap jenis makanan memberikan nutrisi yang berbeda. Itu sebabnya kita perlu makan lauk yang beragam.

  1. Pilih Sayur Berkuah Sebagai Lauk Utama

Saat pertama menunjuk lauk di kaca etalase warteg, pastikan itu adalah sayuran. Ya, sayuran adalah lauk yang tinggi kadar serat dan sangat baik untuk pencernaan.

Sayuran yang sering ada di warteg. seper misalnya sayur bayam, sayur buncis, sayur sop, sayur asem, dan juga tumis tahu tauge. Pastikan salah satunya adalah lauk makan siang Anda, ya.

Di samping bikin kenyang sayuran juga dapat membantu memperlancar pencernaan kita. Tidak lupa, makan pakai sayur di warteg biasanya lebih murah, lho.

Artikel Lainnya: 11 Makanan Sehat dan Bergizi yang Disukai Anak

  1. Konsumsi Ikan Sebagai Pengganti Daging

Siapa yang bisa tahan dengan warna emas kecoklatan pada ayam goreng warteg? Umumnya orang-orang akan sulit untuk tidak memilih ayam goreng atau ayam bakar saat makan siang. Sebetulnya, boleh-boleh saja makan ayam goreng warteg, namun disarankan pilih lauk ikan.

Mengapa? Selain kaya akan protein, ikan juga memiliki peranan penting dalam meningkatkan pertumbuhan otak dan tulang, mencegah penyakit jantung serta mengurangi resiko alzheimer dan depresi.

Fungsi lainnya yaitu menormalkan tekanan darah, ritme jantung, menurunkan kadar lemak dalam darah serta membantu mengurangi inflamasi dalam tubuh. Secara tidak langsung manfaat ini bisa bikin aktivitas tubuh Anda jadi lebih sehat.

  1. Hindari Makan Gorengan

Makanan yang digoreng biasanya memiliki jumlah kalori yang lebih banyak daripada jenis lauk yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus. Maka untuk bisa mewujudkan makan makanan sehat di warteg, jangan makan gorengan.

Hal ini juga berguna untuk menghindari kelebihan kalori dan asupan minyak yang Anda tidak tahu sehat atau tidaknya jika dikonsumsi tubuh. 

Artikel Lainnya: Panduan Makan Sehat untuk Ibu Hamil

  1. Hindari Santan

Sama halnya dengan makanan gorengan, makanan berlauk santan seperti gulai atau sayur singkong rasanya sangat menggugah selera makan siang. Sayangnya, makanan bersantan memiliki jumlah lemak jenuh yang cukup tinggi.

Ini begitu baik efeknya untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung. Kembali lagi, pilihlah makanan yang dikukus dan direbus, seperti sop ataupun tumis sayuran, agar manfaat sehat dan “hidup murah” bisa didapat.

  1. Minumnya Air Putih atau Teh Tawar Hangat

Siang hari yang terik memang bisa membuat Anda berkata “ Bu, es teh manis satu ya!”, di warteg langganan. Untuk hidup lebih sehat, ada baiknya hentikan kebiasaan minum es teh manis atau minuman es lain di warteg.

Minuman-minuman tersebut umumnya mengandung banyak pemanis yang bisa meningkatkan risiko diabetes. Selain itu, air yang memiliki rasa tidak selalu bisa melegakan rasa haus secara maksimal.

Maka dari itu, disarankan pilih air putih atau teh tawar hangat. Selain murah, bahkan beberapa warteg ada yang men-charge gratis,  kedua jenis minuman ini memiliki efek yang baik untuk pencernaan.

Teh tawar umumnya berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah. Lalu air putih hangat juga berguna mencerna lemak-lemak yang kita makan serta mengeluarkan racun di dalam pencernaan. Bila bosan dengan teh dan air, bisa diganti dengan jus buah tanpa gula.

Seperti layaknya sayuran, buah-buahan juga memiliki kadar serat yang baik yang diperlukan oleh tubuh. Agar bervariasi kita dapat mencampur 2 jenis buah untuk mendapatkan rasa yang berbeda. Ingat, yang tanpa gula, ya.

Nah, kini Anda tidak perlu khawatir lagi tentang apa makan di warteg sehat atau tidak. Terlepas dari kebersihannya, Anda bisa memilih lauk warteg seperti yang telah dijelaskan di atas tadi.

Untuk tahu asupan makan siang sehat apa saja yang bisa Anda konsumsi, jangan ragu ajukan pertanyaan pada dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar