Kulit

9 Penyebab Muncul Bentol Bening dan Kulit Gatal Berair

dr. Arina Heidyana, 30 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kulit bentol berair bening disertai gatal bisa jadi tanda penyakit. Apa saja penyebab gatal berair? Ini penyebab gatal berair yang menyebar.

9 Penyebab Muncul Bentol Bening dan Kulit Gatal Berair

Pernahkah kamu mendapati gatal pada telapak tangan atau bagian lain dengan bentol kecil berisi cairan berwarna bening (bisa berubah warna jadi menguning)? Kadang kalau digaruk, bintik bening tersebut pecah dan jadi makin sakit dan gatal. Jika iya, perlukah khawatir?

Gatal pada kulit biasa juga diikuti dengan munculnya bintik berair yang bening. Benjolan gatal berair ini disebut dengan vesikel dan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Vesikel biasanya muncul di permukaan kulit ketika cairan terperangkap di bawah epidermis, yaitu lapisan atas kulit.

Ketika lapisan kulit luar rusak atau bermasalah, tubuh akan mengirim darah untuk menyembuhkan dan melindungi area tersebut. Proses ini adalah pembentukan bantalan pelindung yang terdiri dari serum darah.

Nah, bantalan pelindung inilah yang terlihat sebagai bintik gatal berair. Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan kulit gatal berair dan menyebar. Kamu tidak perlu ragu untuk berkonsultasi ke dokter bila mengalaminya, ya! Berikut penjelasannya.

1. Eksim

Ilustrasi Seorang Wanita Terkena Eksim

Eksim adalah salah satu kondisi peradangan yang menyebabkan kulit bentol berair bening. Penyakit kulit ini umumnya terjadi pada anak-anak, tapi bisa juga muncul pada orang dewasa.

Ada banyak jenis eksim, beberapa di antaranya menyebabkan gatal berair. Misalnya, eksim dishidrotik yang yang ditandai dengan munculnya sejumlah lenting kecil di tangan, kaki, dan daerah lipatan. Pada beberapa kasus, lenting juga bisa terjadi pada telapak kaki. 

2. Dermatitis Kontak Alergi

Penyakit kulit yang satu ini terjadi ketika tubuh mengalami reaksi alergi setelah terpapar oleh zat alergi (alergen), seperti makanan, debu, serbuk bunga, bulu kucing, dan alergen lainnya.

Saat terpapar, tubuh akan melepaskan bahan kimia inflamasi yang membuat kulit terasa gatal dan timbul bintik berair.

3. Dermatitis Kontak Iritan

Dermatitis kontak iritan adalah reaksi peradangan yang terjadi ketika kulit menyentuh bahan kimia atau zat yang bersifat iritatif, seperti semprotan merica, pemutih, hand sanitizer, cairan dalam baterai, deterjen, minyak tanah, dan sabun pembersih lainnya.

Gejalanya dapat berupa gatal dan ruam. Pengobatan utama dari dermatitis kontak adalah dengan menghindari paparan dari bahan kimia yang menyebabkan alergi.

Artikel lainnya: Pantat Sering Gatal dan Timbul Ruam Merah? Mungkin Ini Penyebabnya

4. Varicella

Varicella merupakan istilah medis dari cacar air. Cacar air merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus Varicella

Gejala khasnya yaitu timbul bintik gatal berair dan menyebar di badan, lengan, telapak tangan, hingga kaki. Gejala lainnya berupa demam, sakit kepala, lemas, dan tidak nafsu makan.

5. Herpes Zoster

Ilustrasi Seseorang Terkena Herpes Zoster

Penyebab kulit gatal berair berikutnya adalah herpes zoster. Ini adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh reaktivasi virus yang sama yang menyebabkan cacar air.

Gejala dari herpes zoster adalah muncul bintik gatal berair di kulit, nyeri, ada sensasi seperti terbakar, sampai nyeri pada badan. Saat bintik berair pecah, cairan di dalamnya dapat menularkan virus ke orang lain.

6. Herpes Simplex

Herpes simplex (herpes genital) adalah salah satu penyakit infeksi menular seksual. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV). 

Gejala biasanya dimulai dengan sensasi kesemutan atau terbakar. Tak lama kemudian, bintik berair herpes akan mulai berkembang dan meletus menjadi bisul yang menyakitkan.

Cairan dalam vesikel herpes dapat menularkan virus ke orang lain saat berhubungan seks atau berhubungan intim.

Artikel lainnya: Deretan Masalah Kulit yang Sering Muncul di Musim Hujan

7. Gigitan Serangga

Penyebab sederhana seperti gigitan serangga juga bisa menimbulkan gatal berair di kulit. Gigitan serangga seperti nyamuk, kutu, atau tungau adalah yang paling sering menyebabkannya. 

Gejala yang ditimbulkan dari gigitan serangga biasanya bisa menghilang dengan sendirinya. Namun, jika penyebabnya tungau, diperlukan obat khusus untuk menyembuhkannya.

8. Impetigo

Impetigo adalah infeksi bakteri yang memengaruhi lapisan atas kulit. Penyebabnya adalah oleh bakteri Streptococcus atau Staphylococcus

Gejala awalnya berubah bintik gatal berair yang sering muncul di wajah atau anggota badan. Vesikel yang pecah akan meninggalkan kerak kecoklatan seperti warna madu.

9. Pemfigoid Bulosa

Pemfigoid bulosa adalah penyakit kulit akibat autoimun yang menyebabkan penderitanya mengalami gatal dan timbul bentol berair. Keluhan tersebut paling sering muncul di lengan, perut, paha, dan kaki.

Itulah beberapa penyebab kulit gatal berair yang perlu kamu ketahui. Kemunculan bintik bening berisi air yang terasa gatal memang sangat mengganggu. 

Untuk mengatasinya, periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dan pengobatan yang sesuai.

Kamu bisa tanya dokter online lewat KlikDokter untuk bertanya seputar cara mengatasi kondisi ini. Dapatkan juga info seputar penyakit kulit lainnya dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

penyakit kulitGatal

Konsultasi Dokter Terkait