Sukses

Penyebab Munculnya Bintik Bening Saat Kulit Gatal-Gatal

Kulit bentol berair bening disertai gatal bisa jadi tanda penyakit. Apa saja penyebab gatal berair? Ini penyebab gatal berair yang menyebar.

Pernahkah Anda mendapati gatal pada telapak tangan atau bagian lain dengan bentol kecil berisi cairan berwarna bening (bisa berubah warna jadi menguning)? Kadang kalau digaruk, bintik bening tersebut pecah dan jadi makin sakit dan gatal. Jika iya, perlukah khawatir?

Gatal pada kulit biasa juga diikuti dengan munculnya bintik berair yang bening. Benjolan gatal berair ini disebut dengan vesikel dan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Vesikel biasanya muncul di permukaan kulit ketika cairan terperangkap di bawah epidermis, yaitu lapisan atas kulit.

Ketika lapisan kulit luar rusak atau bermasalah, tubuh akan mengirim darah untuk menyembuhkan dan melindungi area tersebut. Proses ini adalah pembentukan bantalan pelindung yang terdiri dari serum darah.

Nah, bantalan pelindung inilah yang terlihat sebagai bintik gatal berair. Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan kulit gatal berair dan menyebar. Berikut penjelasannya.

Artikel lainnya: Mengapa Kulit Semakin Terasa Gatal Saat Digaruk?

1 dari 10 halaman

1. Eksim

Eksim adalah salah satu kondisi peradangan yang menyebabkan kulit bentol berair bening. Penyakit kulit ini umumnya terjadi pada anak-anak, tapi bisa juga muncul pada orang dewasa.

Ada banyak jenis eksim, beberapa di antaranya menyebabkan gatal berair. Misalnya, eksim dishidrotik yang yang ditandai dengan munculnya sejumlah lenting kecil di tangan, kaki, dan daerah lipatan. Pada beberapa kasus, lenting juga bisa terjadi pada telapak kaki. 

2 dari 10 halaman

2. Dermatitis Kontak Alergi

Penyakit kulit yang satu ini terjadi ketika tubuh mengalami reaksi alergi setelah terpapar oleh zat alergi (alergen), seperti makanan, debu, serbuk bunga, bulu kucing, dan alergen lainnya.

Saat terpapar, tubuh akan melepaskan bahan kimia inflamasi yang membuat kulit terasa gatal dan timbul bintik berair.

3 dari 10 halaman

3. Dermatitis Kontak Iritan

Dermatitis kontak iritan adalah reaksi peradangan yang terjadi ketika kulit menyentuh bahan kimia atau zat yang bersifat iritatif, seperti semprotan merica, pemutih, hand sanitizer, cairan dalam baterai, deterjen, minyak tanah, dan sabun pembersih lainnya.

Gejalanya dapat berupa gatal dan ruam. Pengobatan utama dari dermatitis kontak adalah dengan menghindari paparan dari bahan kimia yang menyebabkan alergi.

Artikel lainnya: Pantat Sering Gatal dan Timbul Ruam Merah? Mungkin Ini Penyebabnya

4 dari 10 halaman

4. Varicella

Varicella merupakan istilah medis dari cacar air. Cacar air merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus Varicella

Gejala khasnya yaitu timbul bintik gatal berair dan menyebar di badan, lengan, telapak tangan, hingga kaki. Gejala lainnya berupa demam, sakit kepala, lemas, dan tidak nafsu makan.

5 dari 10 halaman

5. Herpes Zoster

Penyebab kulit gatal berair berikutnya adalah herpes zoster. Ini adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh reaktivasi virus yang sama yang menyebabkan cacar air.

Gejala dari herpes zoster adalah muncul bintik gatal berair di kulit, nyeri, ada sensasi seperti terbakar, sampai nyeri pada badan. Saat bintik berair pecah, cairan di dalamnya dapat menularkan virus ke orang lain.

6 dari 10 halaman

6. Herpes Simplex

Herpes simplex (herpes genital) adalah salah satu penyakit infeksi menular seksual. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV). 

Gejala biasanya dimulai dengan sensasi kesemutan atau terbakar. Tak lama kemudian, bintik berair herpes akan mulai berkembang dan meletus menjadi bisul yang menyakitkan.

Cairan dalam vesikel herpes dapat menularkan virus ke orang lain saat berhubungan seks atau berhubungan intim.

Artikel lainnya: Deretan Masalah Kulit yang Sering Muncul di Musim Hujan

7 dari 10 halaman

7. Gigitan Serangga

Penyebab sederhana seperti gigitan serangga juga bisa menimbulkan gatal berair di kulit. Gigitan serangga seperti nyamuk, kutu, atau tungau adalah yang paling sering menyebabkannya. 

Gejala yang ditimbulkan dari gigitan serangga biasanya bisa menghilang dengan sendirinya. Namun, jika penyebabnya tungau, diperlukan obat khusus untuk menyembuhkannya.

8 dari 10 halaman

8. Impetigo

Impetigo adalah infeksi bakteri yang memengaruhi lapisan atas kulit. Penyebabnya adalah oleh bakteri Streptococcus atau Staphylococcus

Gejala awalnya berubah bintik gatal berair yang sering muncul di wajah atau anggota badan. Vesikel yang pecah akan meninggalkan kerak kecoklatan seperti warna madu.

9 dari 10 halaman

9. Pemfigoid Bulosa

Pemfigoid bulosa adalah penyakit kulit akibat autoimun yang menyebabkan penderitanya mengalami gatal dan timbul bentol berair. Keluhan tersebut paling sering muncul di lengan, perut, paha, dan kaki.

Itulah beberapa penyebab kulit gatal berair yang perlu Anda ketahui. Kemunculan bintik bening berisi air yang terasa gatal memang sangat mengganggu. 

Untuk mengatasinya, periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dan pengobatan yang sesuai. Dapatkan info seputar penyakit kulit lainnya dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

Referensi:

Helathline. Diakses 2022. Understanding and Treating Water Blisters

Verywellhelth. Diakses 2022. Understanding and Treating Water Blisters

Medical News Today. Diakses 2002. What causes itchy bumps filled with clear liquid?

7 Komentar