Sukses

Menggoreng dengan Air Fryer, Benarkah Lebih Sehat?

Ada opsi lain dalam memasak, yaitu dengan menggunakan air fryer. Namun, apakah cara ini menjadi yang lebih sehat?

Metode memasak semakin berkembang untuk memenuhi gaya hidup. Salah satu yang tengah populer adalah air fryer. Alat masak yang sedang tren ini katanya dapat menurunkan kandungan minyak dalam makanan.

Para ilmuwan menyimpulkan, asupan lemak jenuh yang berlebihan berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, yang bisa memicu penumpukan plak pada pembuluh darah jantung.

Pembatasan asupan lemak jenuh tentunya harus dilakukan untuk kesehatan Anda. Namun, apakah hal ini bisa dicapai dengan metode memasak pakai air fryer?

 

 

1 dari 3 halaman

Manfaat Menggoreng dengan Air Fryer

Makanan yang digoreng cenderung mengandung lebih banyak lemak dibanding makanan yang dimasak dengan cara lain.

Bayangkan saja, misalnya ketika menggoreng ayam, seluruh potongan ayam masuk ke dalam minyak panas agar dagingnya menjadi lebih matang dan renyah.

Artikel Lainnya: Antara Merebus dan Mengukus, Mana Cara Memasak yang Lebih Baik?

Faktanya, 100 gram dada ayam goreng mengandung 13,2 gram lemak. Sementara itu, dada ayam yang dipanggang di oven memiliki kandungan lemak hanya 0,39 gram.

Sayangnya, banyak orang lebih suka rasa dan tekstur ayam goreng dibanding ayam panggang.

Lalu, apa sebenarnya manfaat menggoreng dengan air fryer?

1. Lebih Sedikit Minyak

Manfaat air fryer yang utama adalah penggunaan minyak yang lebih sedikit. Jadi, ketika Anda menggoreng dengan alat ini, minyak yang dibutuhkan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan penggorengan pada umumnya.

Air fryer bekerja dengan mengedarkan udara panas di sekitar makanan untuk menciptakan kerenyahan yang serupa dengan makanan yang diproses secara digoreng.

Meski kerenyahan makanan sama, alat ini tidak menggunakan minyak yang banyak, melainkan udara panas yang mengandung tetesan minyak halus untuk mengeluarkan kelembapan dari makanan.

Dengan hanya menggunakan satu sendok makan minyak goreng, Anda sudah bisa menghasilkan masakan yang sama seperti makanan yang digoreng. Kandungan lemak dan kalorinya pun lebih kecil.

2. Kerenyahan yang Sama

Meski hampir tidak menggunakan minyak tambahan, hasil makanan yang ‘digoreng’ dengan air fryer dapat memberikan sensasi renyah. Hasilnya serupa dengan makanan yang digoreng dengan minyak di wajan.

3. Tidak Mengubah Rasa

Sering kali, pemilihan minyak akan memengaruhi rasa makanan yang digoreng. Misalnya masakan yang digoreng menggunakan minyak zaitun akan berbeda hasilnya dengan masakan yang digoreng menggunakan minyak sayur, minyak sawit, atau minyak lainnya.

Berbeda halnya dengan menggoreng dengan air fryer. Meski cara masaknya beda, menggoreng menggunakan alat ini tidak akan mengubah rasa alami dari makanan.

Artikel Lainnya: 5 Cara Masak yang Menyebabkan Makanan Anda Berbahaya

2 dari 3 halaman

Adakah Risiko dan Bahaya dari Penggunaan Air Fryer?

Sangat bagus bila Anda mulai berusaha mengurangi asupan minyak dalam makanan sehari-hari. Namun, pola makan sehat tidak hanya bergantung pada penurunan asupan minyak jenuh.

Memasak dengan air fryer memang dapat mengurangi asupan minyak jenuh. Namun, pola makan yang sehat secara umum tetap menjadi kunci, terlepas dari metode memasak yang digunakan.

Pemenuhan gizi yang seimbang memerlukan banyak komponen lain. Contohnya karbohidrat kompleks, makanan tinggi serat seperti sayur dan buah, serta kurangi makanan yang diawetkan.

Berikut adalah beberapa kekurangan air fryer yang sebaiknya Anda perhatikan:

  • Tetap Ada Senyawa Kimia

Meski mengurangi asupan lemak jenuh, tidak berarti bahaya air fryer Anda kesampingkan.

Perlu diketahui, makanan yang dimasak dengan metode air fryer masih dapat memproduksi senyawa akrilamida, hidrokarbon aromatik polisiklik, dan amina heterosiklik yang dapat dihasilkan dari semua makanan berbahan daging yang dipanaskan.

Berbagai senyawa ini berhubungan dengan penyakit kanker. Namun, jumlah senyawa yang diproduksi dengan metode masak air fryer lebih rendah bila dibandingkan dengan metode menggoreng biasa.

Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hubungan air fryer dengan berbagai senyawa karsinogenik.

  • Bukan Berarti Pasti Sehat

Para ahli umumnya merekomendasikan bahwa seseorang harus membatasi asupan makanan gorengan secara keseluruhan.

Ingat, metode masak memakai air fryer bukan berarti pola makan menjadi lebih sehat.

Demikian penjelasan tentang manfaat dan kelemahan air fryer. Tertarik masak dengan metode ini? Jangan lupakan komposisi diet dan pola makan Anda harus kaya akan buah dan sayuran. Dengan konsisten menerapkannya, berbagai penyakit terkait pola makan dapat dihindari.

Informasi menarik lainnya seputar pola makan sehat bisa Anda dapatkan dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar