HomeInfo SehatGigi MulutTiba-tiba Gigi Terasa Ngilu, Apa Penyebabnya?
Gigi Mulut

Tiba-tiba Gigi Terasa Ngilu, Apa Penyebabnya?

drg. Wiena Manggala Putri, 07 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Gigi terasa ngilu tiba-tiba bisa disebabkan banyak hal. Kenapa gigi ngilu? Simak beberapa penyebab gigi ngilu tiba-tiba yang harus diketahui di sini!

Tiba-tiba Gigi Terasa Ngilu, Apa Penyebabnya?

Bagi penderita gigi sensitif, makan atau minum pada suhu tertentu dapat menyebabkan rasa ketidaknyamanan atau ngilu pada gigi. 

Gigi sensitif dapat digambarkan sebagai sensasi singkat yang disebabkan oleh rangsangan; seperti panas, dingin, dan asam, terhadap lapisan dentin yang terpapar.

Ketika lapisan dentin kehilangan pelindungnya, rasa ngilu dapat muncul tiba-tiba. Biasanya kondisi ini hanya sementara dan dapat segera diatasi oleh dokter gigi. 

Ada beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab gigi ngilu dan sensitif. Sebagian besar di antaranya melibatkan hilangnya lapisan enamel gigi yang melindungi dentin. Beberapa penyebab gigi ngilu tiba-tiba di antaranya:

1. Penurunan Gusi

Gusi adalah jaringan berwarna merah muda yang menutupi tulang dan mengelilingi akar gigi. Fungsinya untuk membantu melindungi ujung saraf gigi. 

Seiring bertambahnya usia, jaringan gusi sering mulai mengalami penurunan (resesi gusi). Resesi ini membuat akar gigi terekspos. 

Akibatnya, Anda lebih rentan terhadap rasa ngilu, penyakit gusi, dan infeksi gigi. Jika gigi tiba-tiba terasa lebih sensitif dibanding sebelumnya, resesi gusi bisa menjadi salah satu penyebabnya.

2. Lapisan Enamel Terkikis

Adanya hipersensitivitas dentin menyebabkan rasa tidak nyaman ketika makan atau minum. 

Kepekaan semacam ini dapat disebabkan oleh seringnya mengonsumsi makanan yang sangat asam atau menyikat gigi terlalu keras. Akibatnya, enamel yang melapisi dan melindungi gigi terkikis sedikit demi sedikit. 

Hal ini tentu dapat menyebabkan rasa sakit yang tajam dan menusuk. Kondisi tersebut terjadi terutama saat mengonsumsi makanan atau minuman dingin, dan menggigit makanan.

3. Gigi Berlubang

Gigi berlubang juga bisa menjadi alasan kenapa gigi ngilu tiba-tiba. Pada tahap awal, kerusakan ini bisa saja hanya sebatas lapisan email gigi tanpa diketahui selama beberapa waktu.

Namun, setelah pembusukan mulai berkembang menjadi infeksi, Anda mungkin mulai mengalami rasa ngilu pada gigi.

4. Infeksi Gusi

Penyakit gusi atau penyakit periodontal dapat menyerang lebih dari 47 persen orang dewasa di atas usia 30 tahun. Pada tahap awal, penyakit ini disebut gingivitis.

Beberapa orang bahkan mungkin tidak mengetahui mereka telah menderita kondisi ini. Munculnya kondisi gigi dan gusi yang sensitif tersebut bisa menjadi tanda adanya penyakit gusi.

5. Gigi atau Mahkota Retak

Kondisi mahkota gigi yang retak dapat menimbulkan rasa ngilu dan sensitivitas di gigi. Penyebabnya bisa karena trauma terjatuh, sering mengonsumsi makanan keras, hingga kebiasaan menggigit es batu. 

Meskipun gigi yang retak hanya sedikit atau bahkan tak kasat mata, rasa sakit tetap dapat muncul terutama saat makan atau minum.

Artikel Lainnya: Penting, Ini Tanda dan Gejala Gigi Sensitif

6. Tambalan Gigi Aus

Seiring bertambahnya usia, tambalan dapat melemah, retak, atau bocor di sekitar tepinya. 

Akhirnya bakteri mudah menumpuk di celah-celah kecil ini. Kondisi ini menyebabkan penumpukan asam dan kerusakan email. 

Pastikan untuk menemui dokter gigi jika Anda mendapati tambalan yang rusak atau gigi tiba-tiba ngilu. 

7. Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur

Menggunakan obat kumur terlalu sering juga bisa menyebabkan gigi terasa ngilu terus-menerus. 

Ini disebabkan karena beberapa produk obat kumur yang dijual bebas mengandung alkohol dan bahan kimia lain yang dapat membuat gigi lebih sensitif. 

Untuk mengatasinya, ganti obat kumur dengan produk bebas alkohol. Batasi penggunaannya sekali sehari. 

Jika gigi masih terasa ngilu, segera periksakan ke dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

8. Sering Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Bersifat Asam

Terlalu banyak menikmati makanan dan minuman yang kaya asam seperti kopi, jus, dan minuman bersoda dapat mengikis lapisan luar gigi. 

Kondisi tersebut dapat menyebabkan lapisan lunak yang ada di bawahnya terekspos. Akhirnya, timbullah rasa ngilu di gigi. 

9. Pemutih Gigi dan Pasta Gigi Tertentu

Memiliki gigi putih dan senyum cerah adalah impian semua orang. Maka, tak sedikit dari mereka yang menggunakan pasta gigi khusus pemutih atau melakukan perawatan memutihkan gigi (bleaching).

Salah satu efek samping bleaching yang sering muncul adalah gigi akan terasa lebih sensitif. Hal ini disebabkan oleh kandungan peroksida di dalamnya yang dapat menyebabkan gigi tiba-tiba ngilu. 

Artikel Lainnya: 10 Fakta Unik Gigi yang Perlu Anda Ketahui

10. Pascaperawatan Gigi

Beberapa prosedur perawatan gigi seperti pencabutan atau pembersihan karang gigi (scalling) juga dapat membuat gigi lebih sensitif setelahnya. 

Namun, Anda tak perlu khawatir. Biasanya kondisi ini bersifat sementara. Pastikan melakukan perawatan tersebut dengan dokter gigi.

Jika gejala ngilu di gigi tidak hilang dalam beberapa waktu, segera lakukan pemeriksaan kembali dengan dokter gigi untuk perawatan lebih lanjut. 

Itulah beberapa penyebab gigi ngilu tiba-tiba. Kondisi tersebut dapat diatasi bila penyebabnya diketahui pasti. 

Oleh karena itu, bila gigi tiba-tiba ngilu, segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Konsultasi awal bisa lebih cepat dan mudah lewat LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

Referensi:

Healthline. Diakses 2022. Why Are My Teeth So Sensitive?

WebMD. Diakses 2022. What Causes Sensitive Teeth?

Everyday Health. Diakses 2022. 10 Biggest Causes of Tooth Sensitivity.

Gigi NgiluGigi dan MulutGigi Sensitif

Konsultasi Dokter Terkait